Cara Kerja Voicebot dalam Aplikasi Ticketing Online

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 11 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Voicebot adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi atau sistem melalui suara atau bahasa yang diproses oleh mesin"

Di era serba digital ini, teknologi semakin berkembang pesat, termasuk dalam hal pelayanan pelanggan. Salah satu teknologi yang digunakan dalam pelayanan pelanggan adalah voicebot. Voicebot adalah teknologi suara otomatis yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk menjawab pertanyaan dan permintaan pelanggan. Dalam aplikasi ticketing online, voicebot dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan mudah. Berikut cara kerja voicebot dalam aplikasi ticketing online

Apa Itu Voicebot?

Voicebot adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi atau sistem melalui suara atau bahasa yang diproses oleh mesin. Voicebot menggunakan teknologi pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP) serta menggunakan respon suara interaktif (interactive voice response/IVR) untuk memahami permintaan pengguna dan memberikan respons yang sesuai.

Manfaat dari penggunaan voicebot antara lain adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya layanan pelanggan, meningkatkan kualitas layanan, dan memberikan pengalaman interaktif yang lebih baik bagi pengguna. Voicebot juga dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan karena memberikan layanan yang lebih cepat, responsif, dan personalisasi.

Bagi aplikasi ticketing online, teknologi voicebot memungkinan penggunanya untuk berinteraksi dengan sistem yang bertujuan untuk mempermudah melakukan pembelian tiket, mengubah jadwal perjalanan, mencari informasi mengenai jadwal event atau transportasi, memperoleh informasi mengenai rute perjalanan, serta permasalahan dalam aplikasi. Selain itu, teknologi NLP dan IVR berguna untuk memahami permintaan dan pertanyaan pengguna, dan memberikan respons yang sesuai secara cepat dan efektif. Hal ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan layanan yang lebih responsif dan personalisasi, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Voicebot, Fitur Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Komunikasi

Bagaimana Cara Kerja Voicebot?

  • Menangkap masukan suara dari pengguna

Voicebot memiliki teknologi pengenalan suara otomatis (ASR) yang membuat bot berfokus menyaring suara yang penting, sehingga suara tidak penting dapat terfiltrasi. Hal ini akan membantu teknologi menangkap bahasa dan aksen dari lisan pelanggan. Sehingga tujuan pengguna dalam menghubungi voicebot dapat dimengerti dengan baik. Teknologi ini juga dapat memecah input vokal pengguna menjadi kelompok informasi yang lebih mudah untuk diproses sehingga gampang dimengerti

  • Menghapus suara latar belakang

Agar suara pengguna dapat terfokuskan, suara-suara lain yang berpotensi mengganggu panggilan seperti suara klakson mobil dapat disaring dengan baik. Voicebot menggunakan jaringan saraf yang berfungsi mirip dengan otak manusia, sehingga AI mampu membedakan antara pesan aktual dan kebisingan yang terjadi di latar belakang  panggilan. Suara-suara yang dapat mengganggu berjalannya panggilan pun dapat teratasi.

  • Memproses informasi dan menemukan respon yang relevan

Voicebot dikendalikan oleh AI yang mampu mengkategorikan data untuk disederhanakan. Teknologi ini menggunakan model pemrosesan bahasa alami yang terlatih dan mampu memahami bahasa secara alami untuk mengidentifikasi makna dibalik pesan berdasarkan penggunanya. Bot pun pada akhirnya dapat memproses informasi dan memberikan respon yang logis dan relevan.

  • Mengolah data menggunakan teknis sintaksis dan semantik

Sistem analisis semantik membantu bot mengenali konteks tersembunyi dibalik kalimat yang pengguna katakan. Untuk mempermudah pengenalan tersebut maka bot ini menggunakan metode sintesis untuk meneliti dan mendukung pesan menggunakan aturan tata bahasa.

  • Membuat kesimpulan jawaban

Setelah memproses suara pelanggan dan memahaminya lebih lanjut, voicebot akan mulai menjangkau untuk memproses jawaban potensial dari pertanyaan pelanggan. Teknologi ini akan mengevaluasi dan memfilter opsi respon sehingga menemukan jawaban paling akurat untuk permasalahan pelanggan

  • Mengirim tanggapan kembali kepada pengguna

Setelah membuat jawaban bagi pelanggan, selanjutnya voicebot akan mengubah jawaban menjadi format audio menggunakan sistem text-to-speech. Hal ini akan membantu voicebot dalam mengambil percakapan masa mendatang melalui pelanggan sebelumnya.

Mengapa Voicebot Diperlukan untuk Aplikasi Ticketing Online?

Voicebot sangat diperlukan untuk aplikasi ticketing online karena dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan efisien. Beberapa alasan mengapa voicebot diperlukan untuk aplikasi ticketing online adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan efisiensi

Dengan voicebot, pengguna tidak perlu mengetik pesan atau memilih opsi secara manual di aplikasi ticketing. Mereka dapat dengan mudah memberikan instruksi melalui suara dan voicebot akan memproses permintaan tersebut secara otomatis

  • Mempercepat waktu tanggapan

Dalam beberapa kasus, waktu tanggapan dalam aplikasi ticketing online dapat memakan waktu yang lama. Dengan voicebot, pengguna dapat segera mendapatkan tanggapan dan solusi yang tepat tanpa harus menunggu terlalu lama.

  • Memberikan pengalaman yang lebih personal

Voicebot dapat menyediakan interaksi suara yang lebih personal dengan pengguna, memberikan pengalaman yang lebih manusiawi dan ramah.

Baca Juga: Gunakan Voicebot untuk Mempermudah Mahasiswa Memperoleh Informasi

  • Meningkatkan keamanan

Voicebot dapat membantu menghindari penipuan dan tindakan tidak sah dengan memverifikasi identitas pengguna melalui suara mereka.

  • Menghemat biaya:

Voicebot dapat membantu menghemat biaya dengan mengurangi kebutuhan untuk staf customer service secara langsung, serta meningkatkan efisiensi dalam menangani permintaan pelanggan.

Gunakan Voicebot dari Ivosights untuk Pengalaman Terbaik!

Itulah cara kerja voicebot dalam aplikasi ticketing online yang dapat membantu efisiensi layanan tiket bisnis Anda secara efisien. Jika Anda masih ragu untuk menggunakan voicebot, Anda dapat menghubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan voicebot terbaik di Indonesia. Ivosights telah berdiri sejak 2016 dan menjadi perusahaan yang mengedepankan layanan pelanggan melalui solusi satu atap terbaik. Bisnis dan usaha Anda akan terbantu termasuk pelayanan tiket secara online. Segara hubungi call center Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami