Pengertian dan Fungsi Command Center

Command Center Provider,Ripple10 | Kamis, 28 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.

Command Center (terkadang disebut sebagai ruang kendali terpusat) adalah konsep penting yang harus dipahami untuk fasilitas yang menggunakan pengaturan audio-visual dalam berbagai segmentasi, dan ini sangat penting untuk fasilitas perusahaan yang memerlukan kontrol terintegrasi untuk beberapa pengaturan audio-visual.

Walaupun bentuk ini bervariasi dari satu fasilitas dan pengaturan ke fasilitas berikutnya, persamaannya adalah tujuan yang konsisten: Command Center bertindak sebagai pusat untuk berbagai aktivitas peralatan audio-visual dari suatu fasilitas.

Dengan Command Center yang dibangun dan dipelihara dengan baik, tim audio-video dapat dengan mudah mengawasi pengaturan yang terhubung, berbagi sumber daya terintegrasi, dan memberikan kontrol yang dibutuhkan tim untuk menyelesaikan pekerjaan mereka secara efisien.

Baik itu untuk konser besar, keamanan, atau kebutuhan perusahaan lainnya, memiliki Command Center untuk memantau aktivitas dan peralatan sangatlah penting. Berikut ini adalah pengertian singkat tentang apa itu Command Center dan mengapa hal tersebut sangat penting untuk setiap fasilitas yang menggunakan pengaturan audio-video.

Apa Itu Command Center?

Secara umum, Command Center dapat diartikan sebagai tempat atau lokasi untuk memberikan perintah, koordinasi, dan pengambilan keputusan yang cepat dalam mendukung atau menanggapi peristiwa-peristiwa penting. Dari sisi perusahaan, Command Center merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan perusahaan dalam menjalankan Crisis Management atau Business Continuity Management.

Command Center adalah suatu lokasi yang lengkap dengan infrastruktur yang diperlukan, dimana seorang direktur atau pengambil keputusan bersama-sama dengan tim, untuk melakukan rapat, mengambil keputusan, mengelola, memantau dan mengendalikan semua tindakan yang diperlukan dalam menanggapi krisis yang dihadapi perusahaan, antara lain termasuk keadaan darurat. tindakan tanggap, rencana tindakan perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaan, dan langkah penyediaan informasi publik.

Melihat pentingnya fungsi Command Center saat ini, banyak pemerintah daerah, baik kota maupun kabupaten, telah membangun Command Center untuk mendukung operasional pemerintah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan Command Center juga dijadikan sebagai salah satu ikon penerapan Smart City di suatu daerah.

Benefit dari Command Center

Command Center saat ini telah berevolusi dari ruang perang menjadi antarmuka digital, yang menyediakan aksesibilitas terpusat, pemantauan, dan kontrol atas proses organisasi, proses atau tujuan bisnis tertentu. Command Center membantu perusahaan atau organisasi untuk mempertahankan kendali jarak jauh atas proses atau bisnis secara keseluruhan untuk memastikan bahwa itu berfungsi seperti yang dirancang dan tidak membiarkan kesalahan atau masalah terus berkembang sampai meledak di luar proporsi.

Umum untuk setiap Command Center adalah hubungan terpusat dengan tiga kegiatan umum:

  • Input/komunikasi masuk
  • Proses/laporan situasi
  • Keluaran/keputusan perintah/laporan kemajuan relatif terhadap sasaran yang ditetapkan.

Kontrol terpadu atas sumber terintegrasi yang ditawarkan oleh Command Center membantunya memenuhi tujuan umum atau konsistennya.

Jenis Command Center

Ada beberapa jenis Command Center yang dapat diimplementasikan dengan baik. Hal ini pastinya untuk memberdayakan dan mengintegrasikan antara satu sama lain.

#1 Civil Management

Terus-menerus memantau lingkungan dan mengawasi manajemen pusat dan kontrol fungsi operasional sipil. Memastikan keselamatan orang dan operasi yang tepat dari layanan pemerintah yang penting sambil menyesuaikan layanan yang diperlukan dan memastikan pergerakan konstan yang tepat.

#2 Emergency Management

Jika terjadi krisis, mengarahkan orang, sumber daya, dan informasi, dan mengendalikan kejadian dan peristiwa untuk mencegah krisis/darurat dan meminimalkan/menghindari dampak jika terjadi insiden. Bertindak sebagai fasilitas komando dan kontrol pusat yang bertugas mengelola keadaan darurat dan bencana pada tingkat strategis selama peristiwa kritis sambil memastikan kelangsungan operasi. Hal ini juga berfungsi sebagai pendukung untuk aset lapangan dengan mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengembangkan keputusan strategis yang melindungi kehidupan dan properti dengan menyebarkan informasi ke instansi terkait.

#3 Security Operations Center

Biasanya, Command Center akan dilengkapi dengan teknologi pemrosesan data untuk memantau dan mengontrol berbagai fungsi termasuk alarm, pintu, dan penghalang masuk, sambil membangun pengawasan atas sistem informasi penting dan titik akhir seperti database, server, domain, aplikasi web, dan jaringan. Berfungsi sebagai pusat komunikasi bagi personel keamanan termasuk petugas penegak hukum, bea cukai bandara, dan berbagai lembaga lainnya 24/7/365.

#4 Tactical Operation Center

Ini adalah Command Center untuk penegakan hukum dan aplikasi militer. Terdiri dari beberapa platform terintegrasi yang menggabungkan jaringan komunikasi data, video, dan suara yang dirancang untuk lingkungan taktis untuk memberikan informasi kesadaran situasional kepada komandan dan timnya, pusat memandu anggota di lapangan dan memberikan dukungan taktis selama misi di mana mereka melacak kemajuan operasional dan memelihara komunikasi aktif dengan personel di lapangan.

#5 Network Management

Menawarkan pengawasan terpusat dan pemeliharaan komputer, telekomunikasi, atau jaringan satelit, sebagai responden utama untuk pemecahan masalah perangkat lunak, distribusi perangkat lunak, pembaruan router, dan manajemen domain dalam koordinasi dengan jaringan afiliasi.Pusat ini juga memecahkan masalah Serangan DDoS, pemadaman listrik, kegagalan jaringan, dan sistem perutean klien. Mereka melacak masalah/kegagalan ke asalnya dan menyelesaikannya tanpa penundaan, memastikan jaringan yang andal.

#6 Business Application Management

Menjaga aplikasi penting untuk layanan pelanggan dan proses bisnis tersedia dan terus bekerja sesuai desain.

#7 Data Management

Data penting disimpan di pusat data dan ruang komputer besar dikelola dan diawasi secara terpusat. Pusat komando yang efisien tersebut dirancang untuk mengontrol dan memantau operasi kritis secara terpusat serta memastikan kinerja operasi harian dalam berbagai keadaan 24/7/365. Dicirikan sebagai lingkungan kerja intensif yang membutuhkan koordinasi personel dan proses yang kompleks, mereka menawarkan berbagai konfigurasi yang diperlukan untuk mengumpulkan, menganalisis data, dan melakukan tugas terkait.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Command Center adalah sistem komando terpusat yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengolah dan mengontrol sesuai dengan keinginan. Hal ini bisa menjadi salah satu kesempatan juga agar perusahaan lebih produktif dan efisien dalam bekerja. Command Center Provider dari Ivosights dapat menjadi solusi Anda untuk menjembatani pelanggan dengan perusahan. Hal ini pastinya akan membantu perusahaan Anda bekerja dengan dinamis dan terintegrasi antara satu sama lain. Ingin mengetahui lebih lanjut? Klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.