Gunakan Voicebot untuk Mempermudah Mahasiswa Memperoleh Informasi

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 18 April 2023
Ket: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Mahasiswa seringkali merasakan kesulitan mencari informasi serta mengurus berkas kampusnya karena kendala dalam meraih informasi. Voicebot dapat membantu!"

Kampus atau universitas merupakan salah satu instansi yang berjalan dalam bidang pendidikan yang cukup besar. Terdapat banyak sekali stakeholder di dalamnya, antara lain dekan, rektor, dosen, mahasiswa, dan staff pada divisi lainnya. Hal ini mendeskripsikan bahwa terdapat berbagai macam struktur yang banyak di dalam sebuah universitas, yang mana hal tersebut diakibatkan dengan banyaknya jumlah mahasiswa juga. Dekan serta rektor sebagai unsur tertinggi yang berperan sebagai pemimpin pada sebuah universitas seringkali memberikan himbauan atau informasi penting terhadap semua stakeholder pada universitas. Sering ditemukan kasus bahwa mahasiswa bingung untuk mengetahui informasi atau mengurus berkas yang diperlukan olehnya. Hal tersebut sangat menyulitkan untuk semua pihak, karena kurang efektif dan tidak tersistematis dengan dalam penyampaian informasi. Maka dari itu universitas dapat menggunakan sebuah platform di mana terdapat fitur voicebot yang dapat digunakan setiap stakeholder di dalamnya.

Apa Itu Voicebot?

Voicebot merupakan program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui suara, seperti layanan pengenalan suara atau asisten virtual. Voicebot ini biasanya menggunakan teknologi pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami, dan sintesis suara untuk memungkinkan pengguna berbicara dan berkomunikasi dengan sistem melalui suara. Contoh penggunaan voicebot termasuk asisten virtual seperti layanan perbankan otomatis, atau sistem pemesanan makanan melalui telepon. Voicebot dapat membantu memudahkan interaksi pengguna dengan sistem dengan cara yang lebih alami dan intuitif.

Baca Juga: Voicebot, Fitur Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Komunikasi

Keunggulan Kampus Apabila Menggunakan Voicebot

Memanfaatkan dan menggunakan sebuah teknologi merupakan sebuah hal yang dapat menghasilkan keunggulan dan kepuasan lebih dibandingkan tidak menggunakan teknologi. Setiap aktivitas yang menggunakan teknologi pastinya sangat terbantu hampir 100% dari pekerjaan yang biasa dilakukan. Maka dari itu dengan menggunakan voicebot, suatu kampus dapat merasakan bagaimana keunggulannya.

  • Efisiensi

Voicebot dapat membantu meningkatkan efisiensi kampus dengan mengotomatisasi tugas-tugas seperti jadwal kuliah, penjadwalan pertemuan, dan pengecekan informasi akademik. Hal ini dapat membantu staf kampus dan mahasiswa menghemat waktu dan tenaga.

  • Aksesibilitas

Voicebot dapat membantu meningkatkan aksesibilitas informasi kampus bagi mahasiswa dengan disabilitas atau kesulitan membaca. Dengan menggunakan voicebot, informasi kampus dapat diakses dengan lebih mudah dan lebih inklusif.

  • Keterlibatan Mahasiswa

Voicebot dapat membantu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memberikan informasi dan layanan yang cepat dan mudah diakses. Hal ini dapat membantu mengurangi hambatan komunikasi antara mahasiswa dan staf kampus, sehingga mahasiswa merasa lebih terlibat dalam kehidupan kampus.

  • Inovasi

Penggunaan voicebot untuk kampus juga dapat membantu meningkatkan inovasi dan teknologi kampus. Dengan mengadopsi teknologi baru seperti voicebot, kampus dapat mengembangkan sistem dan layanan yang lebih modern dan efektif.

  • Kost-efektif

Penggunaan voicebot juga dapat membantu kampus menghemat biaya dan sumber daya. Dibandingkan dengan tenaga kerja manusia, voicebot dapat memberikan layanan yang lebih cepat, lebih efisien, dan lebih murah dalam jangka panjang

Fitur-Fitur yang Dapat Didapatkan Mahasiswa Apabila Menggunakan Voicebot

  • Informasi Akademik

Mahasiswa dapat mengakses informasi akademik seperti jadwal kuliah, daftar mata kuliah, daftar dosen, dan informasi tentang tugas dan ujian.

  • Perpustakaan

Voicebot dapat membantu mahasiswa mencari buku atau jurnal di perpustakaan kampus dan memberikan informasi tentang ketersediaan buku dan prosedur peminjaman.

  • Pendaftaran

Mahasiswa dapat mendaftar untuk kuliah atau seminar melalui voicebot, dan mendapatkan informasi tentang prosedur pendaftaran dan jadwal kuliah.

  • Informasi Kampus

Voicebot dapat memberikan informasi tentang acara kampus, tempat parkir, kantin, dan lokasi kampus.

  • Asisten belajar

Voicebot dapat membantu mahasiswa dalam belajar dengan memberikan saran tentang cara belajar yang efektif, memberikan latihan soal, dan menjawab pertanyaan tentang materi pelajaran.

  • Informasi Keuangan

Mahasiswa dapat mengakses informasi tentang biaya kuliah, tagihan, dan beasiswa melalui voicebot.

Baca Juga: Yuk, Intip Cara Kerja Voicebot

  • Bimbingan Akademik

Voicebot dapat membantu mahasiswa dalam bimbingan akademik dengan memberikan informasi tentang konselor akademik dan prosedur konseling.

  • Penelitian

Mahasiswa dapat mengakses informasi tentang program penelitian dan proyek penelitian di kampus melalui voicebot.

Dapatkan Platform Voicebot untuk Kampus di Ivosights!

Kampus akan terasa lebih nyaman dan terstruktur apabila didukung dengan teknologi yang memadai. Teknologi yang ada juga dapat membantu setiap stakeholder pada universitas untuk melakukan pekerjaannya masing-masing. Anda bisa mendapatkan platform penyedia voicebot di Ivosights, dengan konsultasikan kepada tim kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami