Voicebot, Fitur Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Komunikasi

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 03 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.

"Voicebot adalah fitur suara dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu komunikasi dengan merespon secara alami."

Kemajuan teknologi saat ini merupakan hal yang sering digunakan masyarakat. Dengan kemajuan ini, tentunya membuat kita ingin mendapatkan hal yang cepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhan dan juga menjawab pertanyaan mereka.

Hal ini pula yang membuat para pengguna internet menginginkan suatu fitur yang mudah dan cepat. Maka dari itu, muncul sebuah fitur yang dinamakan Voicebot. Voicebot merupakan fitur suara yang memiliki kecerdasan buatan yang tentunya dapat mempermudah kebutuhan banyak orang.

Pengertian Voicebot

Voicebot adalah fitur suara dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu komunikasi seperti Sistem Suara Interaktif (IVR) dengan merespon secara alami. Penelepon tidak perlu menggunakan cara lama seperti menekan tombol perintah pada Keypad yang berdasarkan IVR. Pelanggan berbicara langsung dengan IVR dalam simulasi panggilan yang tersistem secara sederhana dengan operator langsung.

Voicebot bekerja dengan cara menggunakan respon yang terekam biasa berupa teks ucapan untuk menjawab pertanyaan para pelanggan. Voicebot juga memiliki tugas seperti membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respon yang efektif menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kapasitas dan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Voicebot dapat Anda jumpai di platform kesayangan Anda seperti Google Assistant, Siri, Cortana, Amazon Poly, IBM Watson, dan lain-lain.

Manfaat Voicebot

Fitur Voicebot ini tentunya memiliki manfaat, lho.  Hal ini tentunya membuat perusahaan terus melakukan Upgrade agar fitur bisa digunakan oleh banyak orang tanpa adanya kendala yang merepotkan. Perusahaan terus meningkatkan Voicebot ini agar keakuratannya terus menigkat. Dengan ditingkatkannya akuratannya tentu membuat pelanggan bisa menjalani lebih muda untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Voicebot memiliki teknologi  seperti Speech to tech (SST)  dan Text tp Speech (TTS). Kegunaan Voicebot ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan Voice Assistant, Outbound Reminder, News Reading, IOT Voice Technology, dan juga Voice e-Book.

Voicebot juga memiliki manfaat lain, lho. Apa saja?

#1 Real Time

Voicebot akan bekerja dengan prosesnya melalui ucapan pelanggan ketika berbicara melalui telepon. Voicebot juga siap dengan tanggapan dan respon isntan segera setelah pelanggan berhenti bicara yang jelas ini juga mempercepat dan mengurangi jeda yang terlalu lama.

#2 Efisiensi

Voicebot akan memberikan respon yang sesuai dengan apa yang dikatakan pelanggan. Pelanggan akan merasa puas karena suaranya didengar oleh Voicebot. Dengan menggunakan Voicebot, kebutuhan pelanggan seperti pengingat, transaksi, janji temu, yang biasa dilakukan dengan interaksi manusia biasa, tidak diperlukan. Hal ini tentunya mempermudah serta meningkatkan efisiensi dari segi proses dan keuangan.

#3 Meningkatkan Operasional

Voicebot dapat membantu Customer Service  meningkatkan operasional dengan menangani banyak pelanggan dan beroperasi tanpa bats. Voicebot juga dapat membantu bisnis berhemat dengan tetap meningkatkan layanan pelanggan perusahaan dan mampu menangani seluruh pertanyaan pelanggan.

#4 24 jam

Voicebot akan membantu pelanggan secara cepat dalam merespon dan juga tersedia selama 24 jam. Dengan menggunakan Voicebot, perusahaan akan terbantu dalam melayani pelanggan secara responsif.

#5 Integrasi Data

Dengan adanya Voicebot, perusahaan akan mendapat informasi dengan mudah dan dapat diintegrasikan dengan semua database sistem yang dimiliki perusahaan sehinggan Customer Journey masing-masing pelanggan dapat terlihat. Hal tersebut bisa digunakan perusahaan untuk memantau tren dan data terkait kebutuhan para pelanggan agar perusahaan bisa menyediakan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

Dalam beberapa kebutuhan, Voicebot akan menjadi hal yang besar dalam melayani pelanggan karena fungsi dan kegunaannya yang dinilai mudah, responsif, dan personalisasi. Maka dari itu, Voicebot akan menjadi alat dengan dukungan layanan pelanggan yang banyak diminati oleh perusahaan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami