Intip Contoh Script Berikut Agar Telesales Berhasil!

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Kamis, 12 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Script telesales adalah naskah yang digunakan oleh penjual atau telemarketer saat melakukan panggilan jualan melalui telepon"

Script telesales adalah naskah yang digunakan oleh penjual atau telemarketer saat melakukan panggilan jualan melalui telepon. Script ini mengandung beberapa elemen seperti tujuan panggilan, pertanyaan yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan teknik persuasi yang digunakan untuk menyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Script juga mencakup teknik menangani keberatan pelanggan dan menutup penjualan.

Mengapa Seorang Salesperson Membutuhkan Script?

Seorang salesperson dapat membutuhkan script karena beberapa alasan, diantaranya:

  1. Membantu menyusun pesan yang efektif: Script dapat membantu salesperson untuk menyusun pesan yang efektif dan menjelaskan produk atau layanan dengan baik.
  2. Menjaga fokus: Script dapat membantu salesperson untuk tetap fokus dan menghindari diganggu oleh pikiran yang tidak perlu.
  3. Menangani pertanyaan umum: Script dapat memberikan jawaban yang cepat dan tepat untuk pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan.
  4. Memperlancar interaksi: Script dapat membantu salesperson untuk memperlancar interaksi dengan pelanggan dengan memberikan struktur yang jelas.
  5. Meningkatkan kinerja: Script yang baik dapat meningkatkan kinerja salesperson dengan menyediakan panduan yang efektif untuk mencapai tujuan penjualan.

Baca Juga: Manfaat Call Center Bagi Perusahaan

Apa Saja Elemen dalam Script Telesales?

Beberapa elemen yang biasanya ada dalam script telesales adalah:

  1. Pembukaan atau pendahuluan yang menyapa dan menyampaikan tujuan panggilan.
  2. Identifikasi dan presentasi diri, termasuk nama perusahaan dan posisi yang dipegang oleh sales.
  3. Penjelasan produk atau layanan yang dijual, termasuk manfaat dan keunggulannya.
  4. Pertanyaan tentang kebutuhan atau masalah yang dihadapi calon pelanggan, untuk mengetahui cara menawarkan solusi yang tepat.
  5. Penawaran yang dibuat dengan cara yang persuasif, termasuk penjelasan tentang harga, promosi, dan periode pembayaran.
  6. Penyelesaian atau penutupan, yang meliputi konfirmasi pemesanan dan jadwal follow-up.
  7. Pertanyaan tentang kepuasan pelanggan dan apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan.
  8. Penutup yang sopan dan profesional untuk mengakhiri panggilan dengan baik

Baca Juga: 8 Kemampuan dan Keterampilan yang Wajib Dimiliki Telesales

Contoh Script Telesales

Contoh script telesales yang mungkin dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut.

Pembukaan:

"Halo, ini [nama sales] dari [nama perusahaan]. Saya menelepon untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan kami yang baru saja diluncurkan. Apakah saat ini Anda sedang dalam posisi yang tepat untuk mendengar tentang ini?"

Identifikasi dan presentasi diri:

"Sebelum kita melanjutkan, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Saya bekerja sebagai [posisi] di [nama perusahaan] dan kami bergerak dalam bidang [bidang usaha]."

Penjelasan produk atau layanan:

"Kami baru saja meluncurkan produk baru yang disebut [nama produk]. Ini adalah [keterangan singkat tentang produk] dan kami yakin bahwa ini akan sangat berguna bagi Anda karena [manfaat produk]."

Pertanyaan tentang kebutuhan:

"Sebelum kami melanjutkan, apakah Anda saat ini sedang mengalami masalah [masalah yang diharapkan produk dapat mengatasi]? Kami ingin memastikan bahwa kami memberikan solusi yang tepat untuk Anda."

Penawaran:

"Berdasarkan pembicaraan kita tadi, kami ingin menawarkan [nama produk] kepada Anda dengan harga [harga produk] dan kami juga menawarkan diskon [jumlah diskon] jika Anda memesan sekarang. Kami juga memiliki pilihan pembayaran yang fleksibel untuk memudahkan Anda."

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Software Call Center

Penyelesaian atau penutup:

"Apakah Anda tertarik untuk memesan [nama produk] sekarang atau apakah Anda ingin kami follow-up lagi nanti? Kami akan senang sekali jika Anda dapat mengambil keputusan hari ini dan kami akan mengirimkan detail pembayaran dan pengiriman kepada Anda."

Pertanyaan tentang kepuasan pelanggan:

"Apakah ada sesuatu yang dapat kami bantu sebelum kami menutup panggilan ini? Atau apakah Anda memiliki masukan tentang layanan yang kami berikan hari ini?"

Penutup:

"Terima kasih telah memberikan waktu Anda untuk berbicara dengan saya hari ini. Kami menghargai dukungan Anda dan kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda lagi di masa depan. Selamat siang!"

Ingin Memajukan Bisnis Anda dengan Dukungan Telesales Profesional?

Tertarik memiliki tim telesales untuk memajukan penjualan produk dan jasa dari perusahaan Anda. Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat. Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 12 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera.

 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami