Keunggulan Menggunakan Telesurvey: Survei Berbasis Telepon

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Keunggulan pada telesurvey ialah biaya relatif murah, waktu yang digunakan sangat cepat, agen pun bisa menilai bagaimana seorang pelanggan dari caranya menjawab"

Berpanas-panasan dan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain ketika melakukan survei sudah sangat ketinggalan zaman bukan? Belum lagi biaya yang dikeluarkan sangat banyak dan waktu yang digunakan juga sangat lama.

Oleh karena itu, ada baiknya mengunakan telesurvey atau survei berbasis telepon. Mengapa? Karena keunggulan pada telesurvey ialah biaya relatif murah dan waktu yang digunakan sangat cepat. Tak hanya itu, dengen telesurvey agen juga bisa menilai bagaimana seorang pelanggan dari intonasi dan caranya menjawab. Lalu apa aja ya keunggulan dari telesurvey ini? Berikut ini adalah keunggulan dari telesurvey:

#1 Menghemat Biaya

Keunggulan melakukan survei telepon terlihat berbeda ketika anda melakukan survei secara offline. Keunggulan ini bisa terlihat dari segi biaya yang dikeluarkan. Sudah bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan ketika melakukan survei offline, mulai biaya ongkis perjalanaan dan biaya fotokopi. Dengan menggunakan telesurvey tentunya akan mengirit pembiayaan yang akan dikeluarkan.

#2 Mempersingkat Waktu

Dengan telesurvey, perusahaan akan mendapatkan hasil survei secepat mungkin. Menggunakan telepon sebagai medianya membuat penyebaraan survei menjadi lebih cepat dan terstuktur sehingga tidak perlu lagi menunggu jawaban pelanggan berhari-hari seperti survei online, yaitu email, sosial media, dan lain-lain.

#3 Menghemat Tenaga

Bisa dibayangkan ketika melakukan survei offline berjalan kesana kemari menghampiri responden satu-persatu, tentu membuat tenaga terkurang belum lagi harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena itu, cukup memakai jasa yang menyediakan telesurvey maka tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga. Karena para agen telesurvey hanya akan berkutat di depan komputer atau telepon untuk menghubungi para pelanggan, terlebih pelanggan mempunyai data sehingga tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

#4 Data Diolah dengan Otomatis

Keunggulan lain dari telesurvei ialah para agen memiliki data lengkap para responden. Tidak perlu lagi yang namanya merekap satu persatu jawaban responden, tidak perlu lagi mencari data satu-persatu untuk mengetahui siapa saja para pelanggan.

Selain itu, dengan telesurvey dapat mempermudah dalam memperoleh data-data yang sudah di dapatkan. Setiap jawaban responden akan secara otomatis direkap, dan terekam oleh sistem, dan agen juga akan mencatat apabila diperlukan. Tentu saja hal ini akan membuat perusahaan mendapatkan data dengan cepat.

#5 Meningkatkan Kualitas

Ketika menggunakan telesurvey maka agent akan terhubung langsung dengan pelanggan. Dengan telesurvey perusahaan akan terbantuk dalam meningkatkan kualitas survei. Karena agen yang diperkejakan adalah seseorang yang sudah berpengalaman sehingga akan dipastikan bahwa responden akan menjawab pertanyaan dengan benar dan akan menafsirkan pertanyaan dengan baik dan benar. Serta dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi selama proses survei dilakukan.

#6 Mendapatkan Respon yang Baik

Siapa sangka, menggunakan telepon sebagai media dalam melakukan survei akan mendapatkan respon yang lebih baik ketimbang melakukan survei dengan media yang lain. Mengapa? Karena dengan melakukan panggilan pelanggan akan memberikan waktu luangnya untuk menjawab pertanyaan. Terlebih dalam melakukan survei ini agen dan pelanggan melakukan perbincangan langsung, inilah yang membuat pelanggan nyaman karena tidak perlu lagi membaca atau membutuhkan internet untuk mengisi survei.

#7 Lebih Dekat dengan Pelanggan

Telesurvey nyatanya memberikan kesan yang personal kepada pelanggan, lho! Berbincang secara langsung via telepon membuat kesan personal karena dengan melakukan perbincangan pelanggan merasakan kepedulian dan mendengarkan keluh kesah yang ingin mereka sampaikan mengenai produk atau jasa yang dimilikinya. Ini juga membuat pelanggan sangat terbuka dan merasa agent menanggapi tanggapan mereka yang ingin disampaikan.

Nah, itulah beberapa keunggulan menggunakan telesurvey. Mulai dari, menghemat biaya yang akan dikeluarkan, mendapatkan respon yang baik, dan lebih dekat dengan pelanggan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami