End to End Process: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - BPO contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - BPO contact center. Shutterstock.

"End to end proses artinya sebuah proses yang menggunakan sistem atau layanan dari awal hingga hasil untuk memenuhi semua kebutuhan perusahaan"

End to end adalah sebuah proses yang menggunakan sistem atau layanan dari awal hingga akhir, yang memberikan sebuah fungsional secara lengkap, tanpa perlu menggunakan pihak ketiga. Istilah pihak ketiga ini sering mengacu kepada vendor yang dapt melakukan proyek dari awal hingga akhir. Dengan proses ini, semua kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda dapat terpenuhi.

Apabila Anda menggunakan pihak ketiga, itu sama saja dengan Anda membuang-buang waktu karena pasti membutuhkan proses yang lama sehingga bantuan yang diperlukan akan diperoleh secara lambat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan jasa proses end to end yang akan memudahkan proses operasional menjadi lebih efisien. Kinerja yang dilakukan pun optimal karena melibatkan pihak yang sedikit serta dapat meminimalisir kesalahan.

Selain itu, dengan menggunakan jasa end to end proses membuat Anda akan menghemat waktu dan biaya, karena biasanya akan disediakan semua keperluan yang dibutuhkan, baik perangkat keras, lunak, tenaga kerja, materi tulis, sampai dengan prosedurnya.

Produk end to end adalah item yang mengelola proses pengembangan penuh produk baru dari awal pengembangan hingga akhir pengiriman ke pelanggan. Proses end to end mengacu pada rentang waktu kegiatan dari awal sampai akhir untuk memberikan hasil yang maksimal.

End to End dalam Teknologi Informasi

Solusi end to end menawarkan sistem komperhensif yang mengimbangi kebutuhan infrastruktur bisnis, dan tuntutan perubahan pada sektor IT. Solusi end to end ini mencakup banyak hal, mulai dari antarmuka dengan klien hingga penyimpanan data perusahaan.

Perusahaan jasa end to end proses ini akan menyediakan segalanya termasuk monitor dan koneksi jaringan. Dalam e-commerce pemasaran end to end akan terjadi ketika suatu perusahaan jasa pelayanan end to end menyediakan layanan ke perusahaan lain yang mengelola penjualan, pelacakan pesanan hingga pengiriman produk.

Manfaat End to End Process

Melihat pengertian dan produk end to end Anda akan melihat banyaknya manfaat apabila Anda menerapkan proses end to end ini. Berikut ini beberapa manfaat dari end to end process:

  • Meningkatkan Efektivitas

Manfaat pertama yang Anda dapatkan ketika menerapkan end to end process bagi bisnis, yaitu meningkatkan efektivitas dan produktivitas usaha. Mengapa? End to end process ini merupakan proses operasional yang dilakukan dari awal hingga akhir menggunakan sistem yang sudah terintegrasi. Sistem inilah yang membuat proses operasional ini memudahkan dan mempercepat sebuah pekerjaan.

Meningkatkanya efektivitas operasional ini membuat suatu usaha menjadi lebih baik lagi, serta menghemat waktu dan tenaga. Anda pun dapat meminimalisasi pengeluaran operasional karena dengan end to end process ini Anda akan dilakukan dengan praktis tanpa bantuan pihak ketiga.

  • Mengurangi Tingkat Kesalahan

Manfaat selanjutnya dari end to end ini bagi bisnis, ialah bisa mengurangi tingkat kesalahan sampai ketingkat sekecil mungkin. Meminimalisasi kesalahan ini merupakan bentuk dari canggihnya sebuah sistem end to end. Semakin canggihnya sistem end to end, maka semakin terintegrasi pula dengan baik sehingga operasional bisnis kamu bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Pihak yang terlibat dalam end to end process ini bisa dikatakan tidak terlalu banyak sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan yang dilakukan apabila melibatkan pihak yang banyak dimana akan membuat prosesnya memberikan hasil yang lebih optimal. End to end process ini juga nyatanya bermanfaat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Serta end to end process ini dapat mengurangi risiko ketidakakuratkan sebuah data.

  • Operasional yang Mudah

End to end yang terdiri dari sistem ini pun dapat mendapatkan dan mengumpulkan informasi dari alur kerja sehari-hari dalam bisnis Anda sehingga menciptakan lokasi yang aman dan terpusat untuk data usaha Anda. Penggunakan end to end process dalam bisnis Anda juga dapat membantu Anda dalam mengoperasikan usaha secara lebih mudah. Dikarenakan sistem end to end akan merampingkan seluruh proses operasional bisnis Anda yang membuat bisnis bisa beroperasi dengan seefektif mungkin. Informasi terperinci dari semua aspek bisnis ini juga yang nantinya akan membantu kamu dalam menyelidiki efisiensi dan mengetahui apa saja perubahaan potensial yang mungkin Anda perlu lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha Anda.

  • Meningkatnya Hasil Usaha

Manfaat yang keempat dari end to end process ini ialah bisa membantu binis Anda mengalami keningkatkan dalam penghasilan. Mengapa? Apabila opersioanl bisnis Anda berjalan secara teratur dan lancar dengan minimal kesalahan yang dimilikinya, maka produktivitas usaha Anda mengalami peningkatan. Semakin produktifnya usaha Anda maka semakin banyak jumlah pelanggan yang dapat ditangani. Hal ini yang bisa membuat perusahaan Anda dinilai lebih unggul dibanding pesaing miliki.

  • Menciptakan Transparasi Operasional

Bukan hanya kelancaran operasional yang dimiliki, tetapi dengan end to end process ini membuat operasional bisnis Anda akan terlihat lebih transparan. Hal ini dikarenakan hanya ada satu agen yang bertanggung jawab atas end to end process dari awal hingga akhir. End to end process juga mendapat dukungan inisiatif startegis untuk sebuah usaha. Termasuk pertumbuhan pendapatan, retensi pelanggan, hingga pengurangan biaya.

Dengan segala manfaat end to end process yang diberikan ini, apakah anda tertarik menerapkannya dalam bisnis Anda? Jika Anda tertarik Anda bisa langsung mengujungi halaman resmi Ivosights, karena teknologi yang diberikan Ivosights sangat beragam serta kemudahan yang nantinya akan diberikan kepada Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami