Tips Telemarketing untuk Pemula

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Dalam teknik pemasaran telemarketing, pandai berbicara saja tidaklah cukup. Masih ada banyak tips untuk menjadi telemarketing yang andal untuk pemula, salah satunya adalah evaluasi."

Telemarketing adalah salah satu metode pemasaran yang melibatkan komunikasi melalui telepon untuk mempromosikan produk atau layanan kepada calon pelanggan. Bagi karyawan pemula yang baru memasuki dunia telemarketing, ada beberapa tips yang dapat membantu mereka meningkatkan keterampilan dan keberhasilan dalam menjalankan tugas mereka. Karena menjadi seorang telemarketing tidak hanya berbekal dengan pengetahuan produk dan keterampilan berbicara saja.

Apa Itu Telemarketing?

Telemarketing adalah proses pemasaran yang melibatkan interaksi dengan calon pelanggan melalui telepon. Tujuan utama telemarketing adalah untuk mempromosikan produk atau layanan, menghasilkan peluang penjualan, atau menjual langsung kepada pelanggan. Karyawan telemarketing bertanggung jawab untuk menghubungi calon pelanggan, menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan, menanggapi pertanyaan, serta melakukan upaya penjualan.

Tugas-tugas utama seorang karyawan telemarketing meliputi

  • Menghubungi calon pelanggan melalui telepon.
  • Memperkenalkan produk atau layanan kepada calon pelanggan.
  • Menjelaskan manfaat dan fitur produk atau layanan.
  • Membangun hubungan dengan calon pelanggan.
  • Menjawab pertanyaan dan mengatasi keberatan calon pelanggan.
  • Mencapai target penjualan yang ditetapkan.
  • Merekam data penjualan dan melaporkan hasilnya.

Baca juga: Telemarketing dan Perannya

Jenis-jenis Telemarketing

Telemarketing tidak hanya sekedar menelepon pelanggan dan menawarkannya begitu saja. Terdapat beberapa jenis telemarketing yang umum digunakan dalam industri, antara lain.

  • Outbound Telemarketing

Jenis telemarketing ini melibatkan agen yang lebih aktif menghubungi calon pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan. Agen melakukan panggilan keluar dan aktif mencari pelanggan potensial.

Contoh: Seorang karyawan telemarketing yang menelepon calon pelanggan untuk menawarkan langganan internet dengan kecepatan tinggi.

  • Inbound Telemarketing

Dalam jenis telemarketing ini, agen menerima panggilan dari calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Agen memberikan informasi tambahan, menjawab pertanyaan, dan mengarahkan calon pelanggan ke langkah selanjutnya dalam proses pembelian.

Contoh: Seorang agen telemarketing yang menerima panggilan dari pelanggan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang paket liburan.

  • B2B (Business-to-Business) Telemarketing

Telemarketing jenis ini ditujukan untuk menjual produk atau layanan kepada bisnis atau perusahaan. Agen telemarketing berinteraksi dengan pemilik bisnis, manajer, atau pengambil keputusan dalam perusahaan.

Contoh: Seorang agen telemarketing yang menghubungi perusahaan untuk menawarkan solusi perangkat lunak keuangan.

  • B2C (Business-to-Consumer) Telemarketing

Jenis telemarketing ini ditujukan untuk menjual produk atau layanan kepada konsumen individu. Agen telemarketing berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

Contoh: Seorang agen telemarketing yang menelepon calon pelanggan untuk menawarkan paket langganan televisi kabel.

Tips Telemarketing untuk Pemula

Bagi karyawan pemula yang baru memulai karir dalam telemarketing, pasti memiliki banyak pertanyaan dan kebingungan terkait pekerjaannya, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mereka mencapai keberhasilan.

  • Persiapkan Skrip Pembicaraan

Sebelum melakukan panggilan, persiapkan skrip yang terstruktur dengan baik. Skrip tersebut harus mencakup perkenalan, penjelasan produk atau layanan, serta pertanyaan yang umum diajukan oleh calon pelanggan. Praktikkan skrip tersebut agar terasa alami dan tidak terdengar seperti membaca.

  • Kenali Produk atau Layanan dengan Baik

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Kenali fitur, manfaat, dan nilai tambah yang dapat ditawarkan kepada calon pelanggan. Dengan pengetahuan yang kuat, Anda akan lebih percaya diri dalam menjelaskan kepada calon pelanggan.

Baca juga: Kategori yang Ada pada Telemarketing, Apa Saja?

  • Dengarkan dengan Aktif

Saat berinteraksi dengan calon pelanggan, dengarkan dengan aktif. Berikan perhatian penuh terhadap pertanyaan, keberatan, atau kebutuhan yang disampaikan oleh calon pelanggan. Dengan mendengarkan secara aktif, Anda dapat memberikan respon yang lebih baik dan menyesuaikan pendekatan penjualan Anda.

  • Jadilah Ramah dan Profesional

Jadilah ramah, sopan, dan profesional dalam setiap interaksi dengan calon pelanggan. Buatlah hubungan yang positif dan berusaha membangun kepercayaan. Ingatlah bahwa sikap dan perilaku Anda dapat memengaruhi kesan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Kuasai Teknik Penjualan

Pelajari teknik-teknik penjualan yang efektif, seperti mengajukan pertanyaan terbuka, mengidentifikasi kebutuhan calon pelanggan, dan menawarkan solusi yang relevan. Pelajari juga cara mengatasi keberatan atau penolakan dari calon pelanggan dengan cara yang profesional dan meyakinkan.

  • Evaluasi dan Tingkatkan Diri

Setelah setiap panggilan, luangkan waktu untuk mengevaluasi performa Anda. Tinjau apa yang berhasil dan yang perlu ditingkatkan. Belajar dari pengalaman dan teruslah mengembangkan keterampilan Anda dalam telemarketing.

  • Tetapkan Target yang Realistis

Tetapkan target penjualan yang realistis dan terukur. Buat rencana kerja yang terstruktur dan atur jadwal untuk mencapai target tersebut. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat mengerahkan upaya Anda dengan lebih efektif.

  • Berikan Layanan Pelanggan yang Baik

Jangan hanya berfokus pada penjualan, tetapi juga berikan layanan pelanggan yang baik. Tanggapi pertanyaan, masukan, atau keluhan pelanggan dengan cepat dan efisien. Dengan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan, Anda dapat membangun hubungan jangka panjang.

  • Belajar dari Rekan Kerja yang Berpengalaman

Ajukan pertanyaan dan pelajari dari rekan kerja yang memiliki pengalaman dalam telemarketing. Mereka mungkin memiliki tips dan wawasan berharga yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan keterampilan Anda.

Gunakan Alat yang Mendukung

Dengan mengikuti tips-telemarketing ini, karyawan pemula dapat meningkatkan keterampilan mereka dan mencapai keberhasilan dalam pekerjaan telemarketing. Namun, untuk mencapai pengoptimalan pelayanan pelanggan, selain dengan tips-tips di atas, para agen telemarketing juga harus dibekali dengan alat telemarketing yang andal.

Salah satu alat telemarketing yang andal adalah Sociomile. Ivosights sebagai perusahaan customer engagement memiliki alat pendukung telemarketing untuk Anda bernama Sociomile. Sociomile memiliki berbagai macam kemampuan untuk mempermudah kegiatan komunikasi bisnis Anda. Seperti integrasi 13 kanal digital dalam satu dashboard, penyediaan report lengkap, hingga dilengkapi dengan chatbot berbasis AI. Semua ini dapat memudahkan agen telemarketing Anda dalam bertugas. Hubungi Ivosights sekarang dan dapatkan segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami