Kategori yang Ada pada Telemarketing, Apa Saja?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 22 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Telemarketing dalam praktiknya memiliki beberapa kategori. Simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini"

Telemarketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Strategi yang satu ini memiliki beberapa hal dalam prktiknya yang harus ditaati agar tidak mengganggu pelanggan. Beberapa di antaranya adalah melihat waktu-waktu tertentu untuk mempromosikan barang serta melihat daftar pelanggan yang harus ditelepon. Telemarketing menjadi salah satu cara ampuh perushahaan untuk mendapat pelanggan setia baru bagi suatu produk ataupun layanan jasa. Aktivitas ini dilangsungkan untuk menjangkau banyak pelanggan lewat panggilan telepon agar lebih praktis dan mudah untuk melakukan interaksi yang dekat dengan pelanggan. Selain itu, telemarketing juga digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh kemungkinan positif dari pelanggan yang berupa pembelian secara langsung.

Kegunaan Telemarketing bagi Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa kegunaan telemarketing bagi perusahaan yang telah kami rangkum dengan seksama. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Meningkatkan Penjualan

Dalam dunia pemasaran, sudah semestinya untuk melakukan peningkatan penjualan terahdap suatu produk ataupun layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Ada banyak cara dalam meningkatkan penjualan seperti melakukan pembuatan iklan, memperkerjakan brand ambassador, hingga melakukan telemarketing lewat panggilan telepon.

Meningkatkan penjualan dalam melakukan layanan telemarketing diharapkan untuk menjangkau pelanggan-pelanggan tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan mereka. Peningkatan penjualan juga harus menjadi dampak positif dari penawaran produk atau layanan jasa lewat panggilan telepon oleh agen call center yang ditugaskan untuk ini.

Baca Juga: Telemarketing: Tugas dan Tanggung Jawab

  • Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Selain berguna untuk melakukan penawaran lewat panggilan telepon, petugas telemarketing juga melakukan riset data yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi pelanggan dan menyortir nomor dan data-data beberapa pelanggan untuk menjadikan target yang tepat dalam usaha mempromosikan barang atau layanan jasa.

Biasanya, agen telemarketing akan diberikan nomor atau data-data pelanggan seperti usia, nomor telepon, dan pekerjaan yang berfungsi untuk melihat preferensi pembelian yang sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan. Tanpa pengumpulan informasi, agen telemarketing tidak akan mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan produk yang sedang dipasarkan.

  • Melakukan Follow-up dengan Pelanggan

Salah satu kegunaan telemarketing bagi perusahaan adalah untuk melakukan follow-up terhadap pelanggan yang memiliki sinyal positif untuk melakuka pembelian barang. Kegiatan follow-up ini juga memperbesar kemungkinan bagi perusahaan untuk melakukan penutupan penjualan karena melakukan interaksi kembali dengan calon pelanggan.

  • Mengembangkan Brand Awareness

Brand awareness suatu perusahaan adalah hal yang harus dijaga agar mendapatkan kepercayaan pelanggan dan masyarakat. Adanya kesadaran merek membuat kemungkinan besar suatu produk menjadi banyak digunakan dan mendapat penjualan tertinggi karena masyarakat sudah mengetahui tentang produk tersebut seperti logo, warna, hingga slogan dari suatu brand.

Adanya kegiatan telemarketing ini juga bisa membuat kesadaran mereka tentang suatu perusahaan terjamin di mata msayrakat. Dengan menggunakan bahasa yang sopan dan penjelasan rinci tentang suatu produk, agen telemarketing akan membuat kesadaran merek di kalangan masyarakat menjadi positif dan akan semakin mengenal produk yang sedang ditawarkan.

Baca Juga: Telemarketing Inbound: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

Kategori yang Ada pada Telemarketing

Berikut ini adalah beberapa kategori yang ada pada telemarketing yang perlu kamu ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Inbound Marketing

Jika kamu melihat sebuah konten menarik terhadap suatu produk atau tentang layanan jasa, mungkin kamu sedang melihat kategori telemarketing yang berupa inbound marketing. Teknik yang satu ini digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumen dengan cara yang halus sehhingga pelanggan sendirilah yang akan mendatangi marketer.

Cara yang satu ini juga sanagt menekan biaya perusahaan sehingga tidak memerlukan pengeluaran uang yang banyak hanya untuk membuat iklan yang menarik. Selain itu, inbound marketing juga lebih menarik jika dibandingkan dengan cara pemasaran lainnya karena pelanggan biasanya lebih banyak menghabiskan waktu mereka di media sosial dibandingkan dengan menonton televisi.

  • Sales

Salah satu istilah yang sangat familiar di kalangan masyarakat tentang orang yang melakukan pemasaran adalah sales. Pegawai perusahaan yang satu ini ditujukan untuk melakukan pemasaran kepada pelanggan dengan cara menawarkan produk atau layanan jasa secara langung maupun tidak langsung.

Kategori telemarketing yang satu ini masih sering kita jumpai. Sales juga memiliki beberapa unsur yang membelakangi performa yang mereka jalani beberapa di antaranya adalah area penjualan, produk atau layanan jasa yang dijual oleh perusahaan, dan target pelanggan.

  • Lead Generation

Minat pelanggan adalah hal yang melatarbelakangi adanya pemasaran suatu produk ataupun layanan jasa. Minat pelanggan selalu didasari oleh ketertarikan mereka terhadap suatu produk ataupun kemampuan agen telemarketing dalam menjual barang atau layanan jasa kepada mereka. Untuk melakukannya, terdapat istilah lead generation yang mengarah ke dalam kategori telemarketing.

Lead generation adalah proses yang tepat untuk mendapatkan minat pelanggan yang potensial untuk masa yang akan datang. Proses dalam mendapatkan minat pelanggan beberapa di antaranya adalah dengan meriset terlebih dahulu latar belakang singkat tentang pelanggan tersebut untuk melihat berapa banyak kemungkinan pelanggan tersebut membeli produk atau layanan jasa perusahaan

  • Outbound Marketing

Kategori terakhir yang ada pada bagian telemarketing adalah outbound marketing. Kategori pemasaran yang satu ini pasti sudah sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti email promosi, SMS yang menawarkan sebuah produk, hingga panggilan telepon yang menawari bermacam-macam. Singkatnya, oubound marketing adalah kegiatan pemasaran yang berfokus kepada marketer.

Itulah beberapa penjelasan tentang kegunaan dan kategori telemarketing yang telah kamu jelaskan secara singkat. Ingin menambah pengalaman terhadap konsumen untuk penjualan? Ivosights memiliki apa yang kamu butuhkan! Jangan ragu untuk menelepon call center kami untuk meningkatkan kualitas penjualan dan interaksi bisnismu dengan pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami