Optimalisasi Riset Pemasaran dengan Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Bukan hanya mengidentifikasi dan menilai bagaimana elemen pemasaran yang ada, tapi riset pemasaran digunakan untuk meneliti kondisi jasa atau produk"

Riset pemasaran merupakan sebuah proses yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan sebagai landasan aktivitas pemasaran. Setiap perusahaan atau bisnis memiliki tujuan yang berbeda-beda, mulai dari mengidentifikasi dan menilai bagaimana perubahan elemen pemasaran, yang berdampak pada perilaku pelanggan.

Bukan hanya mengidentifikasi dan menilai bagaimana elemen pemasaran yang ada, tetapi riset pemasaran digunakan untuk meneliti kondisi jasa atau produk. Lebih lengkap manfaat dari riset pemasaran, simak dibawah ini beberapa manfaat riset pemasaran:

Mengidentifikasi Peluang Pasar

Ingin tahu seberapa besar perusahaan atau bisnia Anda sukses? Cara yang satu inilah sangat penting. Dengan mengidentifikasi peluang pasar perusahaan atau bisnis, Anda akan mengukur seberapa besar kemungkinan sukses di pasar tersebut. Setelah mengetahui peluang pasar, perusahaan atau bisnis anda akan membuat strategi bisnis dan pemasaran yang lebih matang dan berkualitas.

Memberikan Informasi Kepada Calon Pelanggan

Manfaat riset pemasaran ini akan membuat perusahaan atau bisnis Anda mendapatkan informasi mengenai calon pelanggan pada usaha kalian. Setelah mengetahui siapa saja yang nantinya akan menjadi calom pelanggan Anda sehingga Anda tahu bagaimana cara berkomunikasi yang tepat dengan mereka. Terjadi interaksi dengan pelanggan akan membuat Anda mengetahuo apa saja yang dibutuhkan dan yang belum didapatkan pelanggan dari produk lainnya.

Meminimalkan Resiko pada Bisnis

Riset pasar ini membuat perusahaan atau bisnis Anda menemukan informasi terkait produk atau usaha yang Anda miliki. Nantinya Anda akan mengetahui apakah memang belum ada produk yang seperti Anda jual sehingga anda akan memilih pindah tempat atau mengganti produk yang dijual sehingga tidak ada resiko yang berat.

Mengidentifikasi Brand Awareness

Pada riset pemasaran ini Anda akan mengukur seberapa besar reputasi dan pengaruh yang dimiliki. Apakah perusahaan atau bisnia Anda ini termasuk ke dalam kategori pesaing yang ditakuti atau malah sebaliknya. Dengan riset pemasaran ini anda dapat membangun pandangan kepada para pesaing dan pelanggan.

Memprediksi Perubahan Pasar

Semakin rutin riset pemasaran dilakukan, maka semakin tahu pula Anda mengenai data-data mengenai pasar, konsumen, dan semua yang berkaitan dengan pemasaran yang tepat. Melalui data-data yang di dapatkan maka semakin tepat Anda memprediksi perubahaan yang akan terjadi di pasar sehinga Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran yang lebih baik.

Sebelum melakukan riset tersebut perusahaan akan mempersiapakan berbagai hal agar risetnya akurat dan relevan yang terjadi di lapangan. Berbagai metode pemasaran banyak dilakukan seperti kuesioner, survei, wawancara, FGD, dan observasi.

Untuk mempermudah dan mengoptimalkan riset pemasaran, Anda bisa mengoptimalkannya dengan telesurvey. Telesurvey atau survei dengan telepon adalah survei yang proses penelitiannya dilakukan melalui lewat telepon.

Dengan telesurvey ini perusahaan atau bisnis Anda akan mendapatkan hasil survei yang akurat karena dalam telesurvey ini agen akan melakukan survei dengan melakukan perbincangan secara interaktif dengan dilengkapi data-data direktori yang telah diperoleh sesuai dengan kebutuhan survei itu sendiri. Telesurvey dapat menjangkau calon pelanggan atau pelanggan secara tepat karena dengan telesurvey ini agen akan menghubungi mereka satu persatu walaupun dengan provider yang berbeda.

Itulah beberapa manfaat riset pemasaran yang wajib diketahui ketika anda memiliki sebuah bisnis atau perusahaan. Untuk mengoptimalkannya Anda bisa menggunakan jasa telesurvey lho!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami