Telemarketing dan Perannya

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 23 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Setiap bagian pemasaran memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang telemarketing"

Selama bertahun-tahun, telemarketing telah menjadi salah satu teknik penjualan yang paling dapat diandalkan untuk menarik  calon pembeli. Ini karena telemarketing  membantu bisnis menemukan pelanggan potensial secara efisien. Telemarketing juga memiliki peran yang penting dalam efisiensi meningkatkan pengalaman dan interaksi dengan pelanggan. Teknik yang satu ini juga meningkatkan penjualan tanpa perlu melakukan interaksi secara langsung dengan pembeli. Apalagi teknik jangka panjang ini justru mampu meningkatkan penjualan, sehingga bisnis selalu membutuhkan posisi telemarketing. Selain itu, meskipun sedang berada di era digital, telemarketing mampu mempertahankan perannya untuk tetap berjaya dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Apakah kamu tertarik untuk membangun karir dengan pekerjaan ini? Yuk, simak peran telemarketing berikut untuk dipertimbangkan!

Apa itu Telemarketing

Telemarketing adalah strategi untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan melalui jarak jauh, yaitu melalui saluran telepon. Banyak yang menganggap telemarketing sebagai strategi penjualan langsung dan pribadi ke pasar sasaran perusahaan melalui percakapan dua arah. Strategi yang satu ini juga bisa diandalkan untuk melakukan interaksi dan pengalaman terhadap pelanggan.

Lebih lanjut, dalam aktivitas ini, pelanggan dapat meminta informasi tentang produk dan menerima jawaban secara langsung. Selain itu, pelanggan  dapat merasa lebih dekat dengan produk atau jasa perusahaan. Dengan demikian, pekerjaan telemarketing memainkan peran kunci dalam penjualan perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Telemarketing: Pengertian, Tujuan dan Peran

Peran Telemarketing untuk Perusahaan

Setelah mengetahui tentang penjelasan telemarketing, kami akan menjelaskan peran telemarketing untuk perusahaan. Berikut penjelasannya:

  • Brand Awareness Perusahaan

Tanpa disadari, salah satu manfaat telemarketing adalah membantu bisnis membangun brand awareness di masyarakat. Seperti yang kita ketahui, menjaga hubungan pelanggan membuat produk atau layanan tersebut diapresiasi dengan ulasan yang baik. Selain itu, brand awareness membuat perusahaan dapat lebih dikenal di kalangan publik sehingga membuat kemungkinan besar untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan adalah dengan menghubungi mereka melalui berbagai saluran media, salah satunya melalui telepon. Dari situ, pelanggan bisa memberikan rekomendasi produk kepada orang-orang yang mereka kenal. Brand awareness juga akan membuat perusahaan  mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam menjual produk atau layanan jasa.

  • Follow-up Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa suatu perusahaan melakukan pembelian. Banyak alasan mengapa hal ini terjadi, mulai dari keraguan nasabah, kepentingan finansial mereka atau faktor lainnya. Selain itu, sering terjadinya kasus di mana pelanggan tidak mau berurusan lagi dengan pegawai telemarketing perusahaan karena dianggap mengganggu menjadi masalah lainnya dalam hal ini.

Sebagai solusi, di sinilah pemasaran jarak jauh berperan. Kamu dapat berkomunikasi dengan pelanggan dengan meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan. Selain itu, ada banyak kemungkinan pelanggan memiliki keinginan untuk membeli produk saat pegawai telemarketing menawari mereka kembali setelah beberapa saat. Untuk itu, peran penting lainnya dari pegawai telemarketing adalah untuk melakukan follow-up kepada pelanggan.

  • Meningkatkan Penjualan

Meningkatnya penjualan adalah kegunaan utama untuk agen pemasaran. Tanpa peningkatan penjualan, perusahaan akan merasa rugi dan dampak negatif lainnya bisa membuat mereka bangkrut. Untuk itu, dibutuhkan beberapa agen perusahaan yang berfungsi untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah agen telemarketing. Peningkatan penjualan dalam bidang telemarketing tentu saja diarahkan dengan cara menelepon dari jarak jauh dengan pelanggan.

Biasanya, ada banyak pelanggan yang malas untuk bepergian ke pasar atau swalayan untuk membeli barang. Selain itu, ada banyak alasan mengapa mereka tidak berbelanja kebutuhan seperti tidak memiliki waktu karena sibuk di kantor. Inilah peluang besar bagi pegawai telemarketing untuk meningkatkan penjualan untuk mendapatkan pelanggan. 

  • Berinteraksi dengan Pelanggan

Interaksi antara perusahaan dan pelanggan membuat kepercayaan dan kenyamanan antar keduabelah pihak menjadi lebih erat. Selain itu, adanya interaksi yang bagus juga mampu menarik banyak pelanggan setia yang baru bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Itulah yang membuat fungsi agen telemarketing menjadi sangat penting karena mereka memiliki banyak interaksi yang dilakukan dengan pelanggan dalam sehari.

Untuk itu, agen telemarketing akan melakukan banyak panggilan telepon dan melakukan pemasaran dalam jarak jauh. Selain itu, pelanggan juga akan lebih leluasa untuk menyampaikan pendapat tentang suatu produk atau layanan jasa yang sedang ditawarkan oleh agen telemarketing.

Baca Juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

Skill yang Harus Dimiliki Agen Telemarketing

Berikut ini kami akan menjabarkan skill apa saja yang harus dimiliki oleh agen telemarketing. Simak penjelasannya berikut ini:

  • Listening

Salah satu jobdesk dari seorang agen telemarketing adalah untuk mendengarkan masukan atau perkataan dari pelanggan. Jika seorang agen telemarketing tidak memiliki kemampuan yang memadai dalam hal mendengarkan, itu tentu akan menjadi masalah karena hal utama dalam pekerjaan ini adalah mendengarkan pelanggan.

Untuk itu, dibutuhkan kemampuan mendengarkan yang baik bagi pegawai telemarketing agar mampu menarik pelanggan dan meningkatkan kepercayaan antar pelanggan sehingga perusahaan akan mendapat dampak baik tentang perlakuan yang mereka lakukan untuk pelanggan.

  • Komunikasi

Komunikasi adalah hal penting yang utama dalam melakukan pekerjaan telemarketing. Hal ini karena petugas perusahaan akan berurusan dengan banyak pelanggan dalam sehari sehingga dapat dipastikan untuk melakukan pembicaraan dengan pelanggan. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik bagi kamu yang ingin melanjutkan karir sebagai agen telemarketing.

  • Penyelesaian Masalah 

Seorang agen telemarketing harus memiliki keterampilan pemecahan masalah yang kuat untuk dapat menyelesaikan masalah pelanggan. Dengan cara ini secara tidak langsung kamu juga menjaga loyalitas pelanggan, agar tidak melemah.

Itulah penjelasan tentang apa itu telemarketing, perannya, serta, skill yang harus dimiliki oleh agen di bidang ini. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami