5 Skill yang Harus Dimiliki Oleh Customer Support

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 09 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer support. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer support. Shutterstock

"Customer support, profesi yang menyediakan layanan pelanggan guna melancarkan bisnis perusahaan. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki customer support!"

Setiap profesi pekerjaan di suatu perusahaan memiliki tingkat kesulitannya tersendiri dalam menjalani pekerjaan tersebut. Untuk mencapai level di mana pekerjaan yang kita tekuni menjadi terasa sangat mudah, perlu banyak jam terbang dan peningkatan terhadap skill yang dimiliki agar semakin mahir. Tak terkecuali dengan pekerjaan sebagai customer support. Pekerjaan ini seringkali dianggap remeh karena dinilai hanya berbicara dengan pelanggan saja. Padahal, ada banyak sekali skill dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang customer support untuk meningkatkan taraf pelayanan pelanggan. Apa saja skill yang dibutuhkan oleh customer support dalam melaksanakan pekerjaannya? Simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Customer Support

Customer support adalah profesi yang menyediakan layanan dukungan pelanggan dalam melancarkan kegiatan bisnis perusahaan. Profesi customer support memiliki tanggung jawab untuk membantu pelanggan dalam mendapatkan layanan terbaik yang berkaitan dengan produk dan jasa yang perusahaan tawarkan. Misalnya mengenai keluhan terhadap produk, cara merawat produk, masalah dalam produk, dan lain-lain.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, customer support memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan terhadap pelanggan dengan memberi tahu penggunaan produk dan jasa dari perusahan secara tepat dan akurat. Hadirnya profesi ini turut membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan jasa yang meeka tawarkan. Customer support juga bertugas membantu pelanggan menangani masalah yang mereka alami terkait produk dan layanan perusahaan. Masalah ini biasanya dapat berupa komplain, pengembalian barang, pengembalian dana, dan pertanyaan atas masalah pada produk dan layanan.

Baca Juga: Keuntungan Customer Support Bagi Perusahaan

Skill yang Wajib Dimiliki Customer Support

  • Public speaking

Skill pertama yang wajib dimiliki oleh seorang customer support adalah public speaking. Pengertian dari public speaking adalah kemampuan komunikasi untuk menyampaikan suatu hal dihadapan pendengarnya. Customer support akan seringkali menghadapi konsumen setiap harinya dan diharuskan berkomunikasi dengan mereka baik secara langsung atau telepon. Mereka yang berprofesi di pekerjaan ini harus mampu menyampaikan informasi secara akurat serta memberikan jawaban yang dapat memuaskan pertanyaan pelanggan. Seorang customer support harus menjadi pendengar yang baik dan merespon kebutuhan pelanggan dengan benar dan tepat.

  • Problem solving

Skill kedua dari profesi ini yang harus kalian kuasai adalah problem solving. Seringkali dalam menjadi seorang customer support kita akan dihadapi dengan berbagai permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Kalian harus ahli dalam mengidentifikasi masalah yang pelanggan alami serta mencari solusi bagi mereka secara akurat dan cepat. Customer support juga harus memastikan bahwa masalah pelanggan telah terselesaikan dengan baik.

  • Product knowledge

Seorang customer support selain harus memiliki kemampuan problem solving dan public speaking yang baik, mereka juga harus mampu mempunyai keahlian product knowledge yang bagus. Dalam membantu memecahkan masalah pelanggan terhadap produk dan jasa perusahaan, customer support juga diwajibkan memahami produk dan jasa tersebut agar mereka dapat memberikan solusi yang tepat terhadap penyelesaian masalah produk tersebut. Skill ini juga akan mampu membuat Anda memberikan informasi secara rinci sehingga dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan lancar.

  • Persuasif

Dalam menghadapi pelanggan, seorang customer support tugasnya bukan hanya sekadar menjawab dan membantu pelanggan menyelesaikan masalah saja. Mereka juga harus mampu meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan mereka. Tidak semua pelanggan yang meminta bantuan customer support merasa senang karena mereka baru saja mengalami masalah terhadap produk yang perusahaan keluarkan. Sehingga seorang customer support juga harus mampu mengambil kembali keyakinan pelanggan untuk tetap percaya dan terus membeli produk dan jasa yang perusahaan jual.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

  • Pengambilan keputusan yang tepat

Agar pelanggan dapat merasa terpuaskan dengan pelayanan customer support, mereka yang bekerja di profesi ini harus mampu membuat keputusan penting dalam menyelesaikan permasalahan konsumen. Mereka wajib menganalisis masalah dengan bijak untuk dapat meraih keputusan yang terbaik bagi pelanggan. Keputusan ini dapat mempengaruhi citra perusahaan dan customer support akan menjadi yang bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan.

Contact Center untuk Mempermudah Pekerjaan Customer Support

Setelah memahami skill yang dibutuhkan oleh profesi customer support, apakah kalian tertarik untuk bekerja di profesi ini? Tidak ada yang instan apabila kita ingin mahir dalam suatu pekerjaan. Pelajari dan dalamilah skill tersebut agar nantinya kalian dapat menjadi seorang customer support yang bijak dalam melayani pelanggan.

Selain itu, untuk mempermudah kerja profesi ini, Ivosights hadir dengan menyediakan contact center yang mampu menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan konsumen secara maksimal. Contact center juga menyediakan agen yang telah terlatih sesuai dengan skill yang dibutuhkan oleh customer support. Terdapat pula fitur-fitur menarik yang mampu meningkatkan taraf pelayanan perusahaan menjadi lebih baik. Segera hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami