Kenali 8 Tantangan Penggunaan IP Telephony beserta Solusinya!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 22 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony sudah menjadi teknologi yang diandalkan untuk berkomunikasi, akan tetapi masih ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi saat menggunakannya!"

Saat ini, bisnis dan organisasi sudah memilih menggunakan IP Telephony atau Voice over Internet Protocol (VoIP) untuk  melakukan komunikasi suara atau video. Bukan hanya karena kepraktisan yang ditawarkan melainkan juga kemudahan melalui jaringan internet. Namun, seperti halnya teknologi lainnya, penggunaan IP Telephony juga memiliki tantangan-tantangan yang perlu diperhatikan. Contohnya saja tantangan dari segi keamanan jaringan, kualitas jaringan, dukungan layanan teknis, interoperabilitas perangkat, dan kepatuhan hukum dan regulasi. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang tantangan-tantangan ini dan bagaimana cara mengatasinya agar penggunaan IP Telephony dapat berjalan lancar dan efektif.

Apa itu IP Telephony?

IP Telephony atau Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi suara atau video melalui jaringan internet. Dalam IP Telephony, sinyal suara atau video dikirimkan dalam bentuk paket data melalui jaringan internet, yang berbeda dengan jaringan telepon tradisional yang menggunakan sirkuit suara langsung. Teknologi IP Telephony ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon, konferensi suara, atau video, dan pengiriman pesan teks melalui internet dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan jaringan telepon tradisional. Selain itu, IP Telephony juga memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dan dapat diakses dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga: Kenali Manfaat Integrasi Telephony

8 Tantangan Menggunakan IP Telephony

Nah, sama seperti teknologi terbaru pada umumnya, IP Telephony juga memiliki keuntungan dan juga kekurangan. Kekurangannya adalah masih terdapat tantangan yang harus diperhatikan pada saat menggunakan IP Telephony. Penggunaan IP Telephony memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi, di antaranya:

  • Ketergantungan pada Koneksi Internet

IP Telephony mengandalkan koneksi internet yang stabil dan berkualitas untuk berfungsi dengan baik. Jika koneksi internet terputus atau kualitasnya buruk, maka akan mempengaruhi kualitas suara, kestabilan panggilan, dan ketersediaan layanan.

  • Keamanan

IP Telephony juga membutuhkan perhatian khusus terhadap masalah keamanan, terutama terkait dengan serangan siber seperti hacking, phising, dan malware. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan tindakan pencegahan seperti mengenkripsi data, mengatur password yang kuat, serta melakukan monitoring dan pemantauan secara teratur.

  • Kompatibilitas

Beberapa perangkat IP Telephony mungkin tidak kompatibel dengan perangkat lunak atau perangkat keras lainnya yang digunakan oleh perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kompatibilitas yang menghambat kinerja sistem IP Telephony dan memerlukan biaya tambahan untuk memperbaikinya.

  • Jaringan Rumahan

Jika pengguna IP Telephony berada di rumah, jaringan rumah yang dimiliki tidak selalu stabil dan kuat. Ini dapat mempengaruhi kualitas suara dan kestabilan panggilan yang dilakukan.

  • Pengaturan QoS

QoS adalah Quality of Service. Pengaturan QoS sangatlah diperlukan untuk memprioritaskan layanan IP Telephony dalam jaringan. Jika tidak ada pengaturan QoS yang benar, maka kualitas panggilan bisa terpengaruh oleh kepadatan jaringan. Terkadang pengaturan ini juga bisa mengganggu penggunaan IP Telephony secara keseluruhan.

  • Keterbatasan Fitur

IP Telephony terkadang memiliki keterbatasan fitur yang dimiliki dibandingkan dengan sistem telepon tradisional. Sebagai contoh, beberapa fitur telepon tradisional seperti interkom, dan musik panggilan dinding mungkin tidak tersedia dalam sistem IP Telephony.

  • Ketergantungan pada Penyedia Layanan

Pengguna IP Telephony juga tergantung pada penyedia layanan untuk menangani masalah teknis dan menyediakan dukungan teknis. Jika penyedia layanan mengalami masalah atau tidak dapat menyediakan dukungan yang memadai, maka pengguna IP Telephony dapat mengalami masalah dalam menggunakan layanan.

Baca Juga: Telephony Inbound-Outbound: Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kelebihannya

Pilihlah Penyedia Layanan IP Telphony yang Andal!

Penyedia layanan IP Telephony yang baik seharusnya dapat memberikan solusi komunikasi yang handal, aman, dan terjangkau bagi pengguna bisnis dan organisasi. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih penyedia layanan IP Telephony yang baik antara lain adalah adanya keandalan jaringan yang berkualitas tinggi untuk menjaga kualitas suara atau video yang jernih dan tidak terputus-putus, keamanan jaringan yang kuat dan dapat melindungi data dan informasi sensitif dari ancaman keamanan, dukungan teknis yang responsif dan berkualitas tinggi, sehingga pengguna dapat memperoleh bantuan dan solusi jika terjadi masalah teknis.

Selain itu penyedia layanan harus dapat mengintegrasikan sistem IP Telephony dengan sistem lain yang digunakan oleh organisasi. Penyedia layanan harus mampu memberikan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, baik dari segi ukuran atau volume panggilan. Memilih penyedia layanan IP Telephony yang baik dapat membantu bisnis dan organisasi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas komunikasi mereka.

Nah, semua kualifikasi penyedia layanan IP Telephony terbaik pastinya ada pada layanan yang ditawarkan Ivosights! Ivosights sebagai perusahaan berbasis teknologi yang terus mengembangkan inovasi di bidang teknologi sudah menyediakan layanan IP Telephony terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami