Perluas Jejaring Bisnis dan Komunikasi Digital melalui CRM Omnichannel

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 06 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Omnichannel. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Omnichannel. Shutterstrock

"Penggunaan CRM Omnichannel terbukti dapat membantu bisnis memperluas jejaring dan mengoptimalkan komunikasi digital. Simak ulasannya di sini."

Di era digital yang semakin berkembang pesat ini, brand-brand perlu menyusun strategi yang beragam untuk meningkatkan profitabilitas bisnis mereka. Di samping itu, dengan meningkatnya jumlah pesaing di pasar, pengusaha juga harus berinovasi dan membedakan produk serta layanan mereka agar tetap menjadi pilihan unggul di mata konsumen. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah memperluas jejaring bisnis dan menyediakan alur komunikasi serta interaksi yang positif bersama pelanggan. Dalam hal ini, penggunaan sistem Customer Relationship Management (CRM) Omnichannel menjadi kunci penting. Dengan CRM Omnichannel, perusahaan dapat mengintegrasikan dan menyatukan seluruh saluran komunikasi mereka, termasuk telepon, email, obrolan langsung, media sosial, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan CRM Omnichannel, perusahaan dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, mengidentifikasi peluang baru, serta merespons kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat dan tepat. Sebagai hasilnya, brand dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan di pasar yang semakin kompetitif ini.

Apa yang Dimaksud dengan CRM Omnichannel?

CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi yang dilakukan perusahaan, institusi, atau pelaku bisnis lainnya untuk menjalin hubungan dan mengoptimalkan komunikasi bersama pihak eksternal, khususnya pelanggan. Dengan interaksi positif yang optimal, sebuah brand dapat memupuk loyalitas pelanggan dengan penyediaan alur komunikasi yang baik. Untuk menjalankan strategi ini, perusahaan membutuhkan alat penunjang berupa CRM tools.

Kini, telah hadir terobosan unik, yaitu CRM Omnichannel. Sistem ini merujuk pada proses integrasi berbagai kanal digital, seperti Facebook, WhatsApp, E-Mail, Instagram, Line menjadi satu dasbor. Dengan integrasi tersebut, perusahaan dapat memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan. Selain itu, beberapa CRM Omnichannel juga dilengkapi dengan fitur bot dan call center. Integrasi dasbor tersebut memungkinkan perusahaan untuk dapat memberikan asistensi dan informasi secara cepat tanpa perlu bolak-balik mengakses satu kanal digital dan lainnya.

Baca Juga: 9 Jenis Bisnis yang Perlu Gunakan CRM Omnichannel untuk Operasional

Manfaat CRM Application Omnichannel 

Terdapat beberapa manfaat dari CRM Omnichannel yang dapat mendukung operasional suatu bisnis, yaitu sebagai berikut:

  • Intensitas Respon Customer Service Meningkat

Sistem integrasi beberapa kanal digital menjadi satu membuat karyawan dapat secara responsif menanggapi seluruh masukan, pertanyaan, hingga saran yang diberikan pelanggan. Selain itu, karyawan juga dapat merespon pelanggan dengan template otomatis yang disediakan software, juga sistem multiple concurrent chat atau melakukan percakapan dengan beberapa pelanggan di waktu yang sama.

  • Mempermudah Pembuatan Konten Pemasaran

Pada umumnya, CRM Omnichannel menyediakan fitur yang berfungsi untuk mengatur waktu pendistribusian konten pada beberapa kanal digital, seperti Facebook dan Twitter. Dengan menggunakan fitur tersebut, perusahaan dapat mengatur strategi pemasaran dengan terstruktur dan efesien.

  • Memperluas Jejaring Bisnis

CRM Omnichannel memungkinkan perusahaan untuk memperluas jejaring digital. Dikarenakan, selain 13 kanal digital yang berhasil diintegrasikan, CRM Omnichannel juga menawarkan WhatsApp Business API dan non API sebagai pelengkap. Beberapa jenis CRM Omnichannel juga menawarkan sistem integrasi dengan digital monitoring tools, sehingga perusahaan dapat secara langsung memantau percakapan digital untuk menjaga reputasi brand.

  • Customer Satisfaction yang Dapat Diukur

Beberapa CRM Omnichannel pada umumnya memiliki fitur berfungsi untuk mengetahui seberapa puas pelanggan pada pelayanan dan produk yang diberikan sebuah brand atau dinamakan juga sebagai customer satisfaction. Dengan mengetahui aspek tersebut, brand dapat mengidentifikasi area yang dapat dikembangkan dari produk dan layanan brand.

  • Mengurangi Beban Kerja Karyawan

CRM Omnichannel tak hanya menguntungkan pihak pelanggan, akan tetapi juga dapat mengurangi beban kerja karyawan. Platform ini menawarkan fitur yang memungkinkan karyawan mengatur alur kerja sesuai kebutuhan dan kapabilitas. Tak hanya itu, platform ini dapat diakses dari berbagai lokasi, memungkinkan karyawan untuk bekerja secara fleksibel, termasuk dari rumah atau Work From Home (WFH).

  • Sistem Laporan dan Pemantauan yang Mudah

CRM Omnichannel memungkinkan perusahaan untuk mengakses laporan dalam format harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, perusahaan dapat memantau kinerja agen secara real-time melalui dasbor CRM Omnichannel. Kedua fitur tersebut dapat membantu perusahaan memantau kinerja aplikasi secara efisien dan optimal.

Baca Juga: Pengaruh Penggunaan CRM Omnichannel pada Customer Satisfaction

Sociomile, CRM Omnichannel dari Ivosights: Solusi Perluasan Jejaring Digital Bisnis

Sociomile merupakan CRM Omnichannel dari Ivosights yang berfungsi sebagai contact center yang mengintegrasikan berbagai macam saluran digital dalam satu dasbor dan didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) bernama Sociobot. Platform ini tidak hanya mempermudah akses karyawan ke pusat kontak secara efisien, tetapi juga menjadi solusi bagi perusahaan untuk membangun interaksi dan hubungan yang positif dengan pelanggan. Dengan Sociomile, Anda tidak perlu khawatir adanya interaksi pelanggan yang terlewat. Sehingga, kerja jadi semakin efektif dan efisien dimanapun Anda berada. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Ivosights untuk perluas jejaring digital dan optimalkan komunikasi bersama pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami