Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Telesurvey Ingin Direspon Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk perusahaan dapat memantau tingkatan kepuasan pelanggan"

Telesurvey adalah kegiatan perusahaan agar lebih mendekatkan diri dengan para pelanggan mereka agar tetap fokus dalam suatu tujuan agar produk dan layanan jasa mereka bisa tetap diterima di kalangan masyarakat. Tanpa telesurvey, perusahaan akan kesulitan memantau apa yang pelanggan inginkan untuk produk atau layanan jasa yang mereka produksi.

Apa Itu Telesurvey

Kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan lewat agen telesurvey yang bertujuan untuk mendapatkan tingkatan kepuasan pelanggan agar bisa dievaluasi untuk peningkatan kualitas produk maupun layanan jasa dari sebuah perusahaan. Telesurvey sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan menggunakan panggilan telepon.

Tanpa telesurvey, perusahaan tentu akan kesulitan dalam menentukan apakah produk yang mereka jual laku di pasaran masuk dalam preferensi masyarakat atau tidak. Mereka juga biasanya melakukan kegiatan ini untuk memantau apakah pelanggan suka dengan produk yang mereka pasarkan atau tidak. Singkatnya, kegiatan telesurvey menjadi salah satu kegiatan yang diandalkan oleh perusahaan untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Telesurvey

Perusahaan akan membayar biaya yang cukup mahal dalam pelatihan agen telesurvey dan kegiatan pelatihan ini memakan waktu yang tidak sebentar. Mengapa perusahaan rela untuk membayar biaya yang cukup mahal? Karena agen telesurvey merupakan salah satu bentuk representasi dari perusahaan itu sendiri untuk melakukan interaksi dengan para pelanggan. Untuk itu, dibutuhkan pelatihan terlebih dahulu agar para agen tersebut dapat berinteraksi dengan baik dan benar dengan para pelanggan.

Biasanya, perusahaan akan memberikan para agen beberapa list informasi yang berupa nomor telepon dan data diri singkat mengenai calon responden yang akan mereka hubungi. Kemudian para agen telesurvey akan melakukan penyortiran data kembali untuk melihat apakah para responden tersebut adalah orang yang cocok untuk dihubungi dalam kegiatan telesurvey tersebut. Mengapa harus dilakukan? Hal ini untuk mengurangi resiko panggilan yang dilakukan oleh para agen tidak diterima oleh para responden sehingga waktu yang mereka gunakan tidak sia-sia.

Hindari Hal ini Jika Ingin Telesurvey Direspon

Namun, terkadang kegiatan telesurvey tidak berjalan lancar. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. Yuk, simak beberapa hal yang harus agen telesurvey hindari agar pelanggan merespon:

  • Menghubungi Pelanggan di Waktu yang Tidak Tepat

Perusahaan tentu ingin segera mendapatkan jawaban dari pelanggan secara instan dan cepat. Hal ini karena biasanya kegiatan telesurvey ini dilakukan sebelum peluncuran produk baru atau layanan jasa yang akan diluncurkan di masyarakat. Ini terkadang membuat perusahaan sedikit tidak sabaran dan menekan target agar para agen telesurvey untuk mendapatkan banyak jawaban dan masukan dari para pelanggan.

Terkadang hal tersebut membuat para agen telesurvey jadi menghubungi pelanggan di banyak waktu. Tanpa melihat efek sampingnya, agen telesurvey berusaha memenuhi target perusahaan tetapi malah membuat banyak panggilan telepon ditolak karena waktu yang tidak tepat tersebut. Untuk itu, lakukanlah riset dari para responden dan lihat kira-kira pada waktu kapan saja dimana mereka bisa free dan bisa mengangkat telepon. Menghubungi pelanggan di waktu yang tepat juga merupakan suatu tindakan yang profesional dan adalah tindakan yang menghargai waktu pelanggan.

Baca Juga: Intip Tugas dan Manfaat Telesurvey yang Dianggap Remeh

  • Menghubungi Orang Sembarangan

Meskipun perusahaan Anda adalah perusahaan yang besar dan sudah banyak orang yang mengetahui produk dan layanan jasa perusahaan Anda, selalu lakukan riset terlebih dahulu kepada orang atau calon responden. Hindarilah menghubungi orang sembarangan agar noor perusahaan tidak dicap sebagai nomor spam yang mengganggu. Menghubungi orang sembarangan juga tidak akan membuat kegiatan telesurvey Anda menjadi lebih lancar karena ada banyak nomor yang tidak aktif atau bahkan nomor-nomor orang yang bukan menjadi pelanggan Anda selama ini.

  • Melakukan Panggilan Terus Menerus

Mengejar target dalam mendapatkan jawaban yang memuaskan untuk survei ini adalah hal cukup menantang untuk agen telesurvey. Hal ini terkadang membuat para agen melakukan panggilan terus menerus kepada para pelanggan yang enggan mengangkat panggilan telepon yang mereka berikan. Ini bisa menjadi salah satu bentuk ketidakprofesionalan sebuah perusahaan dan karyawannya. Lebih lanjut, melakukan panggilan terus menerus kepada pelanggan juga hanya akan membuat brand reputation memburuk dan nama perusahaan akan menjadi negatif di mata masyarakat. Untuk itu, hargailah keputusan pelanggan yang tidak mau mengangkat telepon dan lakukan lagi riset terhadap para calon responden agar bisa mendapatkan orang yang cocok untuk kegiatan telesurvey ini.

Tertarik MelakukanTelesurvey Dengan Bantuan Ivosights?

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami