9 Jenis Bisnis yang Perlu Gunakan CRM Omnichannel untuk Operasional

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 26 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"CRM Omnichannel sangatlah fundamental bagi 10 jenis bisnis ini. Simak ulasan berikut!"

Perkembangan pesat dalam persaingan pasar serta tren yang terus berubah menekankan pentingnya suatu bisnis untuk terus mengembangkan strategi yang cerdas. Sementara itu, dinamika ekonomi yang fluktuatif mendorong perusahaan untuk terus menjaga stabilitas bisnis mereka. Salah satu faktor kunci dalam menjaga stabilitas bisnis adalah menjalin hubungan yang kuat dan interaksi yang positif dengan pelanggan, serta mempertahankan kualitas produk dan layanan yang unggul. Untuk mendukung upaya tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan platform CRM Omnichannel.

Apa itu CRM Omnichannel?

Customer Relationship Management (CRM) atau Manajemen Hubungan Pelanggan adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkuat ikatan positif dengan pelanggan dan calon pelanggan. Dengan menjaga komunikasi yang baik, perusahaan dapat membangun loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dan profitabilitas. Salah satu cara untuk menerapkan strategi CRM ini adalah dengan menggunakan perangkat lunak khusus.

Salah satu jenis CRM yang umum digunakan oleh perusahaan adalah CRM Omnichannel. Konsep CRM Omnichannel mengacu pada integrasi berbagai jenis platform menjadi satu, dengan tujuan memberikan pengalaman terpadu kepada pelanggan. Ivosights menyediakan solusi CRM Omnichannel yang dinamakan Sociomile Omnichannel. CRM Omnichannel ini berisi gabungan atau hasil integrasi 12 kanal digital dan suara, termasuk WhatsApp, Facebook, Instagram, E-Mail, Line, dan lainnya, dalam satu dasbor yang mudah diakses. Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur bot dan call center untuk memberikan pengalaman pelanggan yang komprehensif.

Baca Juga: CRM Omnichannel: Definisi, Manfaat, serta Strategi Implementasi Bisnis 

Bisnis dan Institusi yang Perlu Menggunakan CRM Omnichannel

Berikut beberapa jenis bisnis atau institusi yang dapat diuntungkan dalam penggunaan CRM Omnichannel:

  • Bisnis Perhotelan dan Pariwisata 

Bisnis yang bergerak di industri perhotelan dan pariwisata akan diuntungkan dalam penggunaan CRM Omnichannel. Sistem integrasi berbagai kanal digital pada satu dasbor tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatur reservasi layanan, membuat pengalaman komunikasi yang dipersonalisasi, hingga menggunakannya sebagai fasilitas berkomunikasi selama waktu berlibur.

  • Platform E-commerce

Pelaku bisnis E-commerce perlu menggunakan berbagai jenis kanal digital untuk menyediakan sistem transaksi tanpa hambatan bagi para pelanggannya. Dengan keberadaan CRM Omnichannel, pelanggan dapat menikmati fasilitas tersebut dengan mudah. Tak hanya itu, karyawan juga dapat diuntungkan dengan sistem yang mempermudah alur kerja mereka.

  • Organisasi Nonprofit

CRM Omnichannel dapat dimanfaatkan untuk beberapa aspek seperti upaya penggalangan dana, mengatur donatur, dan membangun komunikasi yang baik antar segala pihak. Hal ini berpengaruh meningkatkan efektivitas operasional organisasi.

  • Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan seperti sekolah, universitas, atau sekolah tinggi dapat memanfaatkan CRM Omnichannel untuk mengelola penerimaan siswa, melacak kinerja akademik, dan memberikan asistensi serta dukungan untuk siswa, guru, karyawan, hingga orang tua siswa.

Baca Juga: Mengenal Sociobot: Implementasi Teknologi Berbasis AI pada Software CRM  

  • Industri Otomotif

Industri otomotif seperti dealer, pusat layanan servis, hingga produsen kendaraan membutuhkan CRM Omnichannel untuk membantu pelanggan dalam hal menentukan janji temu, klaim garansi, dukungan teknis, hingga penjualan kendaraan. Membantu pelanggan secara efisien melalui CRM Omnichannel akan berpengaruh tingkatkan customer experience.

  • Bisnis Ritel

Usaha ritel ini merujuk pada bisnis yang menjual barang secara eceran, seperti mal, supermarket, toko elektronik, pakaian, dan apotek. Sebagai industri yang dinamis, mereka perlu mengadopsi strategi yang efektif agar dapat tetap bersaing di pasar yang kompetitif. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan adalah melalui penggunaan CRM Omnichannel untuk mendukung operasional mereka. Ini mencakup menangani berbagai pertanyaan terkait produk, pengambilan barang, pesanan, pengembalian dana, serta informasi toko.

  • Bisnis Real Estate

Bisnis di bidang real estate merupakan bisnis yang berkaitan dengan properti, seperti rumah, apartemen, kantor pusat perbelanjaan, atau lahan komersial. Pebisnis tersebut memerlukan CRM Omnichannel untuk mengelola hubungan dengan klien, mengatur daftar properti, dan memberikan rekomendasi properti berdasarkan preferensi pembeli.

  • Penyedia Layanan Kesehatan

Perusahaan memerlukan platform CRM Omnichannel untuk mengelola berbagai aspek, termasuk janji temu, konsultasi medis, respons terhadap pertanyaan pasien, klaim asuransi, dan dukungan dalam proses penagihan. Hal ini karena dalam industri layanan kesehatan, seperti klinik, rumah sakit, dan perusahaan asuransi, pelayanan dan kualitas layanan memegang peranan krusial dalam menentukan kesuksesan bisnis.

  • Institusi Keuangan

Institusi di bidang keuangan seperti bank, perusahaan kartu kredit, hingga frma asuransi dapat menggunakan CRM Omnichannel untuk mempermudah operasional serta memberikan asistensi maksimal kepada pelanggan. Beberapa aspek yang dapat difasilitasi oleh CRM Omnichannel dalam operasional bisnis ini adalah menangani pertanyaan nasabah, pengelolaan rekening, transaksi, pengajuan pinjaman, hingga klaim asuransi.

Tertarik Gunakan CRM Omnichannel? Ivosights solusinya!

Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri business solution provider. Ivosights menghadirkan Sociomile Omnichannel, platform turunan dari Sociomile yang merupakan platform contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard. Platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk memiliki efisiensi dalam operasional bisnis, juga menciptakan interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan platform dari Ivosights ini, perusahaan dapat dengan mudah menaikkan customer experience. Tertarik menggunakan Sociomile Voice? Hubungi Ivosights untuk langkah awal efisiensi operasional bisnis!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami