7 Tips Memilih Platform Contact Center Lokal Terbaik untuk Bisnis Anda!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 11 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock

"Untuk memastikan bahwa Anda memilih platform contact center lokal yang terbaik untuk mendukung bisnis, terapkan tujuh tips yang diberikan ini"

Pada era digital saat ini, pelayanan pelanggan menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan bagi bisnis. Dalam menghadirkan pelayanan yang efektif dan efisien, sebuah bisnis diharuskan untuk memiliki platform contact center sebagai pendukung. Sebagai opsi, terdapat dua jenis platform contact center, yaitu milik lokal dan dari luar. Selain mengetahui pilihan platform contact center mana yang lebih baik, Anda juga akan diberikan sejumlah tips untuk memilih platform apa yang terbaik untuk bisnis Anda.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Platform Contact Center?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, penting untuk memahami mengapa bisnis memerlukan platform contact center. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa platform ini sangat penting untuk bisnis:

  • Pelayanan Pelanggan yang Lebih Baik

Adanya platform contact center memungkinkan bisnis untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya. Dengan menerapkan teknologi terkini berupa platform tersebut, bisnis Anda dapat merespons berbagai pertanyaan dan masalah yang diajukan pelanggan secara cepat dan efisien.

  • Meningkatkan Produktivitas

Platform contact center membantu meningkatkan produktivitas agen layanan pelanggan milik bisnis. Hal ini membuat mereka dapat mengelola banyaknya jumlah interaksi pelanggan dalam waktu bersamaan, meningkatkan efisiensi kerja, dan mengurangi waktu tunggu pelanggan.

  • Analisis Data

Platform contact center juga mampu melakukan analisis data secara mendalam tentang interaksi pelanggan. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah memahami kebutuhan pelanggan, tren, dan masalah yang mungkin muncul.

Keunggulan Platform Contact Center Lokal

Inilah beberapa keunggulan platform contact center lokal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Lebih Murah

Umumnya, platform contact center lokal akan menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan platform yang berasal luar negeri. Selain mampu membantu mengecilkan anggaran yang harus dikeluarkan untuk operasional bisnis, Anda juga dapat mengalokasikan anggaran sisanya untuk keperluan lain.

Baca Juga: Definisi dan Manfaat Omni-channel Contact Center

  • Lebih Fleksibel

Platform contact center lokal lebih fleksibel dalam hal penyesuaian. Secara mudahnya, platform ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, baik dalam fitur-fitur khusus yang akan Anda butuhkan atau mengintegrasikannya dengan perangkat dan sistem yang telah bisnis Anda gunakan. Tingkat fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk mengontrol platform secara penuh dan mengoptimalkannya sesuai dengan kebijakan internal bisnis.

  • Bisa Custom Workflow

Kemudian, platform contact center lokal memungkinkan Anda untuk membuat workflow menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begini, Anda dapat menyesuaikan cara interaksi pelanggan ditangani, mengatur respons otomatis, dan mengintegrasikan proses internal bisnis Anda ke dalam platform.

  • Support Tim Lokal

Platform contact center lokal biasanya dilengkapi dengan dukungan dari tim yang berlokasi di negara asal bisnis Anda. Selain memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pasar lokal, tim dukungan lokal ini juga dapat memberikan solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tips Memilih Platform Contact Center Lokal Terbaik

Untuk membantu Anda memilih platform contact center lokal terbaik, terapkan tujuh tips berikut ini:

  • Pahami Kebutuhan Anda

Pertama-tama, pahami apa yang menjadi kebutuhan inti dari bisnis Anda. Apakah Anda memerlukan integrasi dengan saluran komunikasi tertentu? Berapa banyak agen yang akan menggunakan platform contact center ini?

  • Evaluasi Fitur

Pastikan bahwa platform contact center yang Anda pilih memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal yang perlu dipertimbangkan ini mencakup manajemen panggilan, analisis data, integrasi dengan perangkat lain, dan sebagainya.

  • Uji Keandalan

Usahakan platform yang Anda pilih benar-benar terpercaya dan dapat diandalkan. Dengan ini, resiko terjadinya gangguan sistem yang dapat menghambat operasi bisnis Anda dapat diminimalisir.

  • Dukungan Pelanggan

Periksa tim dukungan pelanggan yang ditawarkan oleh penyedia platform contact center lokal. Adanya tim dukungan yang responsif dapat membantu ketika terdapat masalah yang perlu ditangani segera.

  • Biaya dan Fleksibilitas Harga

Lakukan evaluasi terkait biaya penggunaan platform dan fleksibilitas harga yang ditawarkan. Pilihlah platform yang biayanya penggunaannya sesuai dengan anggaran bisnis Anda.

  • Keamanan Data

Pastikan platform contact center tersebut memiliki langkah-langkah keamanan yang memadai untuk melindungi data pelanggan bisnis Anda.

  • Referensi dan Ulasan

Carilah referensi dan ulasan dari bisnis lain yang telah menggunakan platform contact center lokal pilihan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyimpulkan apakah mereka puas dengan pengalaman ketika menggunakan platform tersebut.

Manfaat Memilih Platform Contact Center Lokal Terbaik

Berikut ini adalah lima manfaat utama dari memilih platform contact center lokal yang terbaik:

  • Pemahaman Mendalam tentang Pasar Lokal

Salah satu manfaat utama dari penggunaan platform contact center lokal adalah pemahaman mendalam tentang pasar lokal. Tim dukungan dan penyedia platform yang berlokasi di negara yang sama dengan bisnis Anda memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan lokal. Dengan begitu, mereka dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang lebih relevan dan efektif dalam menangani panggilan dan interaksi bisnis dengan pelanggan.

  • Respons Lebih Cepat

Platform contact center lokal biasanya memberikan respons yang lebih cepat dibandingkan platform dari luar. Hal ini dikarenakan tim dukungan berada dalam zona waktu yang sama dengan Anda. Sementara itu, sangat mungkin apabila penyedia platform dari luar negeri beroperasi dalam zona waktu yang berbeda.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

  • Kepatuhan Terhadap Regulasi Lokal

Setiap negara memiliki peraturan dan regulasi yang berbeda terkait dengan penggunaan data pelanggan dan privasi pelanggan. Platform contact center lokal cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang regulasi-regulasi dan standar yang relevan. Dengan begitu, bisnis Anda akan terhindar dari potensi terjadinya masalah hukum.

  • Kemampuan untuk Beradaptasi dengan Perubahan Lokal

Lingkungan bisnis selalu berubah, terutama dalam skala lokal. Untuk menyikapi ini, platform contact center lokal dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut serta menyesuaikan workflow serta strategi komunikasi bisnis sesuai dengan perkembangan pasar dan tren lokal.

  • Dukungan Teknis yang Lebih Baik

Tim dukungan teknis yang berlokasi di negara Anda dapat memberikan dukungan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan bantuan tim dukungan tersebut, tim contact center Anda akan diberikan pelatihan langsung. Hal ini akan membantu menangani masalah teknis yang terjadi. Tak hanya itu, tim juga dapat memberikan saran berdasarkan pemahaman mendalam mereka tentang platform. Dengan dukungan teknis yang kuat, penggunaan platform contact center Anda dapat dimaksimalkan.

Pertimbangkan Platform Contact Center Lokal Guna Mendukung Pelayanan Pelanggan oleh Bisnis Anda!

Pemilihan platform contact center yang cermat dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Dengan memahami kebutuhan bisnis Anda secara mendalam, melakukan evaluasi dengan cermat, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Untuk mendukung hal ini, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan platform contact center lokal seperti Sociomile. Platform ini menawarkan sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan. Selain biaya yang lebih terjangkau, Sociomile juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi, memungkinkan Anda untuk mengubah workflow sesuai dengan perubahan kebutuhan bisnis Anda. Keunggulan lainnya adalah adanya tim tech support lokal yang tersedia 24 jam sehingga Anda selalu memiliki dukungan kapanpun saja ketika adanya masalah atau pertanyaan terkait penggunaan platform contact center tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana Sociomile dapat membantu bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights. Kami siap memberikan panduan dan solusi terbaik untuk meningkatkan operasional contact center bisnis Anda. Dengan platform yang tepat, Anda dapat membawa layanan pelanggan dan efisiensi operasional Anda ke tingkat yang lebih tinggi!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami