Intip Cara Promosi Produk di WhatsApp

Sociomation | Kamis, 22 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

WhatsApp marketing adalah jenis pemasaran utusan, yang menyiratkan mempromosikan merek melalui WhatsApp. Saluran ini membantu merek menjangkau banyak sekali pelanggan, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Dengan chatbot Ivosights, Anda dapat mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan dan memberikan dukungan klien 24/7.

Kenapa Promosi di Whatsapp?

WhatsApp adalah platform messenger paling populer di dunia. Pada tahun 2021, audiensnya telah tumbuh hingga 2 miliar pengguna aktif setiap bulan. Saluran pemasaran ini harus dimiliki oleh bisnis yang ingin terhubung dengan pemirsa di negara berkembang. Misalnya, ada 340 juta pengguna WhatsApp bulanan di India dan hampir 100 juta di Brasil. Namun, platform ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk promosi di Indonesia – 68 juta orang Indonesia mengakses WhatsApp setidaknya sebulan sekali.

Dengan layanan ini memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda – lebih dari setengah pengguna WhatsApp memeriksa aplikasi setiap hari. Lebih baik lagi, Anda dapat yakin mereka akan mendapatkan penawaran Anda, karena pesan teks memiliki tingkat buka 98%.

Poin terakhir adalah pelanggan Anda menyukai saluran komunikasi ini. Mereka lebih mempercayai merek dengan aplikasi obrolan – 53% orang mengatakan mereka akan membeli dari perusahaan yang dapat mereka jangkau melalui obrolan. Namun, ada lebih banyak alasan untuk menerapkan WhatsApp dalam strategi pemasaran Anda. Baca terus untuk mengetahui beberapa manfaat lagi dari saluran pemasaran ini.

Manfaat Whatsapp Marketing

Menggunakan messenger adalah kesempatan emas untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda. Ada empat hasil positif menggunakan WhatsApp untuk promosi bisnis Anda.

#1 Hubungan yang lebih intim dengan pelanggan

Lebih dari 55% orang merasa lebih terhubung dengan suatu merek jika mereka menggunakan aplikasi perpesanan. Itu menjadikan pemasaran WhatsApp sebagai strategi antipeluru untuk membangun hubungan mendalam yang panjang dengan pelanggan. Mempertahankan koneksi seperti itu, pada gilirannya, membantu merek memangkas pengeluaran karena retensi pelanggan 5-25 kali lebih murah daripada akuisisi.

Di luar kotak, WhatsApp menyediakan bisnis dengan serangkaian peluang yang kuat untuk personalisasi. Misalnya, Anda dapat mengirim pesan selamat datang yang dipersonalisasi, penawaran khusus, ucapan selamat ulang tahun, dan sebagainya. Pendekatan seperti itu membuat pelanggan lebih terlibat dengan merek – lebih dari 70% konsumen mengatakan bahwa mereka hanya terlibat dengan pesan pemasaran yang dipersonalisasi.

#2 Tingkat konversi yang lebih tinggi

Memilih saluran yang sempurna untuk kontak awal Anda dengan pelanggan sangat penting. Orang mungkin merasa tidak puas dengan panggilan telepon sementara tetap tidak dapat diakses melalui email atau media sosial. Di sinilah WhatsApp berguna untuk mendorong prospek Anda ke arah pembelian. Bisnis mengatakan bahwa pelanggan menjawab 40% dari pesan WhatsApp mereka.

Lebih baik lagi, pengiriman pesan mendorong konversi. Yaitu, mengirim pesan setelah kontak awal dengan prospek dapat meningkatkan tingkat konversi sebesar 112,6%. Namun, pemasaran WhatsApp bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan konversi Anda. Jika Anda ingin mempelajari beberapa trik lagi, ikuti panduan lengkap kami tentang pengoptimalan tingkat konversi.

#3 Penjualan yang lebih baik

Pemasaran WhatsApp berfungsi sebagai semacam tongkat ajaib untuk penjualan Anda. Trik sederhana menambahkan nomor telepon WhatsApp di situs web Anda dapat menghasilkan 27% lebih banyak prospek penjualan. Sepertinya peluang untuk menjangkau merek melalui aplikasi perpesanan apa pun saja dapat menanamkan kepercayaan pada calon pelanggan. Setidaknya 66% merasa lebih optimis tentang pembelian dari perusahaan jika aktif di messenger. Lebih baik lagi, Anda dapat menganggap WhatsApp sebagai saluran penjualan yang berdiri sendiri untuk bisnis Anda. Itu mungkin dengan meningkatnya kecenderungan orang untuk membeli melalui aplikasi perpesanan. Sekitar 60% konsumen percaya bahwa mereka akan lebih banyak menggunakan messenger untuk melakukan pembelian di masa depan.

#4 Biaya pemasaran yang lebih murah

WhatsApp masih merupakan saluran pemasaran yang sangat terjangkau, yang membuat platform ini menarik bagi usaha kecil. Yang Anda butuhkan untuk membuat bola bergulir adalah menginstal aplikasi dan terhubung ke Internet. Sementara itu, kemungkinan pesan Anda akan sampai ke pelanggan sangat tinggi. Rata-rata, pengguna memeriksa WhatsApp lebih dari 23 kali sehari. Pemasaran WhatsApp mendorong lebih banyak konversi, meningkatkan penjualan, memungkinkan Anda membangun hubungan berkualitas yang mendalam dengan pelanggan, dan biaya hampir tidak ada dalam hal pengeluaran pemasaran. Baca lebih lanjut untuk mempelajari cara membangun strategi pemasaran WhatsApp.

Tips Cara Promosi Produk di WA

#1 Buat Broadcast List

Buat daftar yang terkait dengan topik tertentu, lalu luncurkan komunikasi satu arah yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan, seperti yang Anda lakukan di Twitter. Misalnya, sertakan tautan atau undangan dalam pesan Anda.

#2 Manfaatkan Chat Group

Pesan grup dibagikan di antara semua anggota grup, termasuk tanggapan dari setiap peserta grup. Pikirkan "interaktif." Hal ini sangat berguna ketika melakukan kelompok fokus. Atau melakukan studi pasar sebelum peluncuran produk.

#3 Nikmati Pesan Bebas Biaya

Dengan WhatsApp, Anda dapat bertukar pesan tanpa biaya SMS. Ini tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Nokia. Mereka semua dapat saling mengirim pesan karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama dengan yang Anda gunakan untuk email dan penjelajahan web.

Untuk nilai tambah, pengguna dapat membuat grup, saling mengirim pesan gambar, video, dan media audio tanpa batas. Keuntungan sederhana ini memiliki manfaat besar bagi pengguna dan pemasar. Jika Anda mencoba menjangkau audiens internasional, WhatsApp dapat dengan mudah menembus batas internasional.

#4 Bangun Loyalitas Pengguna

Secara kolektif, daftar grup di WhatsApp telah menunjukkan lebih banyak loyalitas merek daripada grup media sosial lainnya. Demikian pula, persona merek tampaknya telah mengembangkan hubungan yang baik dengan pengikut mereka. Ini diperkuat dengan alat-alat yang disebutkan di atas, seperti pemberitahuan push, obrolan grup, dan daftar siaran.

#5 Terlibat Langsung dengan Panggilan Telepon

Anda memiliki pilihan untuk menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan penjualan melalui versi Sociomation bawaan mereka sendiri. Jadi, ketika Anda mendapatkan permintaan pelanggan—seperti ketika seseorang meminta informasi lebih lanjut atau ingin berbicara dengan seorang penjual—WhatsApp memungkinkan Anda untuk langsung merespons.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.