Cara Kerja Voicebot untuk Aplikasi Berbasis Internet of Things

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 17 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.

"Voicebot adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi atau sistem melalui suara atau bahasa yang diproses oleh mesin."

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi Internet of Things (IoT) telah menjadi pusat perhatian. IoT menghubungkan berbagai perangkat, sensor, dan sistem secara online, memungkinkan mereka untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Salah satu perkembangan terbaru dalam IoT adalah penggunaan voicebot, sebuah teknologi yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan pengenalan suara untuk memungkinkan interaksi manusia dengan perangkat IoT secara langsung melalui suara. Voicebot, juga dikenal sebagai asisten suara atau asisten virtual, memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah, membuat permintaan, atau mendapatkan informasi melalui suara mereka sendiri. Dalam konteks aplikasi berbasis IoT, voicebot memainkan peran penting dalam menyederhanakan interaksi antara pengguna dan perangkat IoT mereka. Misalnya, pengguna dapat mengendalikan lampu, termostat, atau perangkat lainnya dengan memberikan perintah suara langsung kepada voicebot. Berikut informasi lebih lanjut mengenai cara kerja voicebot untuk aplikasi berbasis internet of things.

Pengertian Voicebot

Voicebot adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi atau sistem melalui suara atau bahasa yang diproses oleh mesin. Voicebot menggunakan teknologi pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP) serta menggunakan respon suara interaktif (interactive voice response/IVR) untuk memahami permintaan pengguna dan memberikan respons yang sesuai.

Manfaat dari penggunaan voicebot antara lain adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya layanan pelanggan, meningkatkan kualitas layanan, dan memberikan pengalaman interaktif yang lebih baik bagi pengguna. Voicebot juga dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan karena memberikan layanan yang lebih cepat, responsif, dan personalisasi.

Bagi aplikasi berbasis internet of things, penerapan voicebot ini memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan berbagai aspek pekerjaan mereka secara intuitif dan efisien dengan menggunakan teknologi pengenalan suara. Contohnya pengguna dapat mengatur pencahayaan rumah dan mengontrol perangkat di rumah menggunakan suara. Pengenalan suara ini menjadi teknologi kunci untuk optimalisasi IoT. Voicebot mampu mendeteksi dan merekam suara pengguna dan menganalisis pola suara menggunakan algoritma dan AI.

Baca Juga: Voicebot, Fitur Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Komunikasi

Bagaimana Cara Kerja Voicebot dalam Aplikasi Internet of Things?

Cara kerja voice robot dalam aplikasi internet of things antara lain: 

  • Pendeteksian suara

Voice robot dapat memantau suara di sekitarnya dan mendengarkan sinyal suara khusus yang mengindikasikan pengguna ingin menggunakan voicebot dan berinteraksi dengannya. Misal seperti “Ok Google”. Ketika suara tersebut terdeteksi, maka proses selanjutnya dalam cara kerja voicebot dimulai

  • Perekaman suara

Voice robot mampu merekam suara pengguna selama periode tertentu dan mengubahnya menjadi sinyal digital

  • Pemrosesan Bahasa Alami

Natural language processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami akan mengrimkan sinyal suara yang telah direkam dan diproses untuk menguraikan perintah yang pengguna ucapkan. NLP akan mengidentifikasi kata kunci, sintaksis, dan makna kalimat yang pengguna gunakan dalam perintah mereka.

  • Pengenalan perintah

Voice robot selanjutnya akan mencocokkan perintah yang diucapkan dengan database dan model yang telah diprogram. Voicebot akan mengidentifikasi perintah sesuai pola yang telah dipelajari dari pengalaman sebelumnya

  • Aksi dan respon

Setelah perintah diidentifikasi, voice robot akan menghasilkan respons atau instruksi yang sesuai. Contohnya peinrah untuk menghidupkan tv. Voicebot akan mengirim instruksi ke perangkat IoT yang terhubung untuk menghidupkan tv tersebut. Hal ini akan melibatkan komunikasi melalui protokol jaringan yang sesuai dengan perangkat IoT yang dituju.

  • Pengiriman respons

Voicebot akan memberikan respon ke pengguna melalui suara yang dihasilkan untuk memberikan umpan balik mengenai tindakan yang diambil. Apabila perintah tidak jelas, voicebot akan meminta pengguna untuk mengirimkan perintah kembali karena tidak dapat dipahami dengan jelas

Mengapa Voicebot Penting untuk Aplikasi Berbasis Internet of Things?

Voicebot sangat diperlukan untuk aplikasi berbasis internet of things karena dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan efisien. Beberapa alasan mengapa voicebot diperlukan untuk aplikasi ticketing online adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan pengguna

Voicebot memungkinkan interaksi yang intuitif antara manusia dan perangkat IoT. dengan menggunakan suara ini pengguna mampu mengendalikan perangkat dalam jaringan IoT tanpa perlu mempelajari interface pengguna yang kompleks atau perangkat tambahan seperti remot. Perangkat IoT pun menjadi lebih mudah fungsionalitasnya.

  • Aksesibilitas yang baik

Voicebot mampu memberikan aksesibilitas yang baik bagi individu dengan disablitas fisik karena mengendalikan IoT ini cukup hanya menggunakan suara. Sehingga hal ini membuka peluang bagi banyak orang agar kemudahan aktivitas mereka dapat terjamin melalui teknologi IoT

Baca Juga: Yuk, Simak Bidang Apa Saja yang Membutuhkan Voicebot!

  • Interaksi yang cepat dan efisien

Interaksi dengan IoT dapat menjadi lebih cepat dan efisien karena mampu memberikan perintah cepat melalui suara dari penguna. Voicebot juga dapat merespons dengan cepat dan memberiakn instruksi langsung ke perangkat yang terhubung. Sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengoperasikan dan mengendalikan perangkat IoT

  • Pengalaman pengguna yang interaktif

Voicebot mampu membuat pengalaman pengguna menjadi lebih natural dan interaktif. Pengguna akan berkomunikasi dengan perangkat IoT layaknya sedang berbicara kepada asisten virtual. Pengalaman yang pengguna rasakan menjadi lebih alami karen interaksinya seperti berbicara dengan sesama manusia.

  • Integrasi dengan sistem lain

Voice robot dapat diintegrasi dengan sistem lain yang linear dengan ekosistem IoT. misalnya voicebot dapat terkoneksi dengan layanan cloud untuk mengakses informasi yang lebih luas dan mengoordinasikan tindakan antara beberapa perangkat IoT. Hal ini mampu membuat pengguna melakukan tugas yang lebih rumit dan mengakses informasi secara luas menggunakan suara mereka.

Gunakan Voicebot dari Ivosights untuk Pengalaman Terbaik!

Itulah cara kerja voicebot dalam aplikasi berbasis internet of things yang dapat membantu efisiensi penggunaan internet of things secara menyeluruh. Jika Anda masih ragu untuk menggunakan voicebot, Anda dapat menghubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan voicebot terbaik di Indonesia. Ivosights telah berdiri sejak 2016 dan menjadi perusahaan yang mengedepankan layanan pelanggan melalui solusi satu atap terbaik. Bisnis dan usaha Anda akan terbantu termasuk untuk penggunaan aplikasi berbasis internet of things. Segara hubungi call center Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami