Yuk, Simak Bidang Apa Saja yang Membutuhkan Voicebot!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 17 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.

"Ada beberapa bidang yang membutuhkan teknologi voicebot. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut dalam artikel ini"

Voicebot merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang semakin modern saat ini. Layanan suara yang satu ini membuat semua pekerjaan dan hal-hal yang tadinya sulit menjadi jauh lebih mudah. Manusia tinggal mendengarkan arahan atau instruksi yang diberikan oleh voicebot dan segalanya akan menjadi jauh lebih mudah. Ada beberapa bidang spesifik yang membutuhkan voicebot. Yuk, simak penjelasannya!

Penjelasan Voicebot

Voicebot adalah program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna melalui suara atau perintah suara. Voicebot menggunakan teknologi pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP) untuk memahami dan merespons perintah suara dari pengguna. Lebih lanjut, voicebot biasanya ditanamkan dalam aplikasi atau platform tertentu, seperti aplikasi navigasi, asisten pribadi, atau layanan pelanggan online. Pengguna dapat berbicara ke voicebot dengan menggunakan perintah suara, dan voicebot akan merespons dengan menjawab pertanyaan, memberikan informasi, atau melakukan tugas yang diminta.

Baca Juga: Kenali Bisnis-bisnis yang Membutuhkan Teknologi Voice Bot

Keefektifan Penggunaan Voicebot

  • Kemudahan Penggunaan

Voicebot dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan cepat karena pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi atau platform menggunakan suara mereka sendiri, tanpa harus mengetik atau menggunakan antarmuka lain.

  • Waktu Respons Cepat

Voicebot cenderung merespons dengan cepat terhadap perintah suara pengguna, sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban atau informasi yang mereka butuhkan.

  • Interaksi Berbasis Suara 

Voicebot dapat digunakan ketika pengguna tidak memiliki akses ke layar atau ketika mereka membutuhkan tangan mereka untuk melakukan tugas lain, seperti saat mengemudi, sedang sibuk, atau dalam situasi di mana mengetik tidak mungkin dilakukan.

  • Peningkatan Aksesibilitas 

Voicebot dapat membantu pengguna dengan keterbatasan fisik atau visual untuk mengakses aplikasi atau layanan secara lebih mudah, karena tidak memerlukan penggunaan tangan atau melihat layar.

  • Personalisasi 

Voicebot cenderung dapat mengenali suara pengguna secara individu, sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan disesuaikan dengan preferensi atau kebutuhan pengguna.

Bidang yang Membutuhkan Voicebot

  • Layanan Pelanggan

Voicebot dapat digunakan untuk memberikan dukungan pelanggan atau layanan konsumen dalam bentuk interaksi suara, seperti menjawab pertanyaan umum, memberikan panduan, atau mengatasi keluhan pelanggan.

  • Kesehatan dan Telemedis 

Voicebot dapat digunakan dalam aplikasi telemedicine untuk memberikan informasi medis, membantu pengguna dalam mengelola jadwal obat, atau menyediakan saran kesehatan berbasis suara.

  • Transportasi 

Voicebot dapat digunakan dalam aplikasi navigasi atau layanan transportasi untuk memberikan petunjuk arah berbasis suara, memberikan informasi lalu lintas, atau membantu pengguna dalam mengakses informasi transportasi publik.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Teknologi Voice bot Berguna untuk Aplikasi Kitab!

  • E-commerce

Voicebot dapat digunakan dalam platform e-commerce untuk membantu pengguna dalam mencari produk, memberikan informasi produk, atau membantu dalam proses pembelian secara suara.

  • Pendidikan

Voicebot dapat digunakan dalam aplikasi pembelajaran atau platform edukasi untuk memberikan materi pembelajaran, menjawab pertanyaan pengguna, atau memberikan bimbingan belajar.

  • Hiburan 

Voicebot dapat digunakan dalam aplikasi hiburan, seperti asisten virtual untuk streaming musik, pemandu wisata virtual, atau penyedia informasi tentang film dan acara TV berbasis suara.

  • Internet of Things (IoT) 

Voicebot dapat digunakan dalam perangkat Internet of Things (IoT), seperti perangkat rumah pintar atau perangkat cerdas lainnya, untuk mengontrol perangkat dengan suara pengguna.

Yuk, Andalkan Ivosights untuk Voicebot!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Lebih lanjut, perusahaan atau bisnis yang Anda jalani juga bisa mendapatkan layanan voicebot dari Ivosights, lho! Perkuat bisnis dan rasakan manfaat yang lebih besar dengan penggunaan layanan voicebot yang kami miliki. Segera hubungi call center Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami