Temukan Insight Konsumen Melalui Fitur Analisis Audiens

Ripple10 | Senin, 22 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Analisis audience. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Analisis audience. Shutterstock.

Berbicara soal insight, memang selalu menarik perhatian dunia bisnis. Mengapa? Insight konsumen sangat penting untuk membuat brand Anda semakin populer. Melalui insight inilah, hal-hal paling penting dalam hidup audiens dapat kita gali. Untuk mendapatkan insight tersebut kita membutuhkan fitur analisis seperti fitur analisis audiens. Kita bisa mengetahui ‘siapa’ berbicara ‘apa’ dan seberapa besar pengaruhnya.

Apa Itu Analisis Audiens?

Secara umum, analisis audiens merupakan proses mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang audiens Anda untuk lebih memahami siapa mereka dan apa yang mereka pedulikan. Sedangkan secara khusus, analisis audiens dapat diartikan beberapa jenis:

  • Analisis audiens sosial. Menggunakan data ekstensif yang dimiliki platform media sosial tentang pengguna aktif untuk membantu merek memahami audiens mereka.
  • Analisis audiens bermerek. Fokus untuk mengidentifikasi dan memahami audiens dari merek tertentu, baik milik sendiri ataupun perusahaan lain di tempat Anda.
  • Analisis audiens tidak bermerek. Memahami audiens dengan sesuatu selain merek bersama yang sama, seperti pelanggan dari jenis produk umum.
  • Analisis audiens pesaing. Saat mengidentifikasi dan menganalisis data tentang audiens pesaing Anda.
  • Analisis pemirsa demografis. Mengelompokkan dan menganalisis pemirsa berdasarkan kategori demografis tertentu, seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis.
  • Analasis audiensi psikografis. Mengkategorikan dan menganalisis audiens berdasarkan faktor-faktor, seperti afinitas, minat, dan nilai.

Mengapa Analisis Audiens penting?

Dalam bisnis, untuk menjangkau orang yang tepat dan menyusus pesan yang sesuai dengan mereka secara khusus sangat penting guna mencapai kesuksesan apa pun. Selain mendapatkan pemahaman dasar tentang siapa audiens dan yang bukan,  analisis target audiens membantu Anda menjawab sejumlah pertanyaan bisnis strategis.

Bagaimana Melakukan Analisis Audiens?

Bagaimana melakukan analisis audiens akan bervariasi berdasarkan sumber daya dan kebutuhan Anda. Proses analisis audiens sosial yang baik mencakup langkah-langkah berikut:

#1 Pilih alat analisis audiens

Media sosial menawarkan banyak data audiens, yang sebagian besar merupakan hal yang baik. Jika Anda melakukan pemantauan dan analisis secara manual akan merepotkan dan memakan waktu lama. Dengan perangkat lunak riset audiens, Anda dapat menyederhanakan proses analisis audiens. Itu membuat pekerjaan memantau audiens jauh lebih efisien dan membuka jalan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna.

#2 Perjelas pertanyaan apa yang ingin dijawab

Proses analisis audiens Anda akan lebih fokus jika Anda menentukan apa yang ingin Anda dapatkan darinya sejak awal. Tentukan tujuan spesifik yang Anda miliki, sehingga Anda dapat membentuk riset berdasarkan kebutuhan Anda.

#3 Buat laporan audiens

Jika Anda memilih audiens di langkah pertama, laporan akan dibuat secara otomatis setelah Anda menentukan audiens Anda. Sekarang Anda dapat mulai menggali data.

#4 Gunakan data untuk menjawab pertanyaan awal

Laporan yang dihasilkan akan mengandung banyak informasi yang berbeda. Luangkan waktu untuk melihat apa yang Anda pelajari, tetapi jangan terlalu teralihkan dari tujuan awal Anda.

Kegunaan Analisis Audiens

Analisis audiens dapat digunakan dalam beberapa cara yang berharga.

#1 Pahami pelanggan Anda saat ini dengan lebih baik

Analisis audiens media sosial dapat memberi Anda banyak informasi tentang siapa audiens Anda dalam hal lokasi geografis, demografi, minat dan nilai. Semua membantu Anda mengembangkan strategi bisnis berdasarkan siapa target pelanggan Anda sebenarnya.

#2 Identifikasi audiens baru

Alat analisis audiens yang baik akan memudahkan Anda mengidentifikasi audiens baru. Hal ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi profil yang mirip dengan pengikut Anda saat ini dan membatu Anda memahami audiens pesaing.

#3 Lacak tren minat audiens

Minat dan kebiasaan orang berubah. Melihat tren dengan melihat apa yang dilakukan dan dibicarakan audiens Anda lebih cepat dapat membantu Anda tetap berada di puncak industri dan mengembangkan keunggulan kompetitif.

#4 Temukan influencer di ruang Anda

Apakah target pelanggan Anda cenderung mengikuti beberapa akun yang sama? Mengidentifikasi influencer teratas di industri Anda adalah langkah penting dalam memulai kampanye pemasaran influencer. Memperhatikan apa yang dikatakan dan dilakukan influencer juga dapat membantu Anda lebih memahami jenis topik dan konten yang akan dihargai audiens Anda.

#5 Identifikasi peluang bisnis

Jika banyak audiens Anda mengeluh tentang masalah yang sama, itu mungkin mengungkapkan produk yang mereka butuhkan yang belum dibuat oleh orang lain. Analisis audiens sosial dapat mengungkap wawasan yang dapat Anda ubah menjadi ide produk, fitur baru untuk ditambahkan ke produk yang sudah ada, saluran baru untuk dipertimbangkan atau inisiatif pemasaran baru untuk dicoba.

#6 Buat strategi pemasaran yang lebih relevan

Analisis audiens memastikan Anda memahami cara berpikir pelanggan Andam kekhawatiran apa yag mereka miliki, dan apa minat utama mereka. Anda dapat menggunakannya untuk membuat iklan yang lebih efektif, memilih topik yang lebih bermanfat dalam pemasaran konten Anda, dan memastikan Anda berinvestasi di saluran yang benar-benar digunakan audiens Anda.

Menggunakan audiens untuk analisis audiens

Analisis audiens dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan hasil bisnis. Tetapi untuk mencapai salah satu manfaat yang dapat ditawarkannya, Anda memerlukan sarana untuk melakukannya dengan baik. Audiens insights mengidentifikasi audiens yang relevan dan memahami siapa mereka dengan cepat dan mudah. Untuk menjawab tantangan tersebut, Ripple10 dari Ivosights menyediakan fitur analasis audiens (audience analysis). Berfungsi membantu Anda mengetahui hal apa yang disukai oleh audience secara spesifik. Tak hanya itu, Anda dapat menyimpan insight audience sebelum menggunakannya sebagai targeting filter dalam menjalankan sebuah campaign.  

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.