Ivolution Workshop, Kembangkan Kemampuan Analisis Data Mahasiswa

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 26 Januari 2023
Ket. foto: Ivolution workshop 2022. doc. Ivosights
Ket. foto: Ivolution workshop 2022. doc. Ivosights

"Ivolution Workshop bertujuan agar generasi muda Indonesia dapat adaptif dalam mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan skill sesuai kebutuhan industri"

Jakarta, 21 Desember 2022 – Ivolution Workshop berakhir sudah. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Politeknik Negeri Subang menjadi universitas terakhir yang dikunjungi tim Ivosights Roadshow 2022. Ratusan mahasiswa ikut meramaikan kegiatan tersebut. Erwan Sudiwijaya, MBA., MA. Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, mengatakan cepatnya konversi media komunikasi konvensional ke digital membuat pihak kampus resah. Pihaknya membutuhkan insight agar mampu menghadirkan ide-ide baru.

“Terima kasih untuk Ivosights Indonesia yang sudah datang ke Jogja dan main ke kampus kita (UMY). Jujur di Prodi kita tengah galau karena cepatnya konversi dari media komunikasi konvensional ke digital. Materi bigdata menjadi benang merah logika untuk memahami perilaku komunikasi warganet di media digital. Kami juga tercerahkan oleh insight cara menganalisa data-data yang diambil dari sosial media dan memancing ide-ide baru pada riset komunikasi dan pengembangan strategi komunikasi,” ucapnya, (12/12/22).

Tingginya antusiasme dan keingintahuan peserta mendorong Ivosights berencana melanjutkan rangkaian Ivosights Roadshow di tahun depan. Seperti yang diungkapkan Dadang Wahyu Setyawan selaku Program Director Ivolution Workshop 2022.

“Sebagai industri kami ingin membantu memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai kebutuhan industri di era digital yang terus berkembang. Harapannya mahasiswa akan lebih siap saat memasuki industri. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi di kegiatan ini. Nantikan program Ivolution Workshop di tahun depan,” kata Wahyu.

Sekedar informasi, Ivolution Workshop hadir dengan harapan agar generasi muda Indonesia terus dapat adaptif dalam mengembangkan pengetahuan, wawasan, serta skill yang dapat berguna sesuai kebutuhan industri di era digital. Sejalan dengan harapan tersebut, Ivolution Workshop bertujuan memberikan pemahaman dan pelatihan kepada peserta mengenai gambaran pekerjaan hingga kebutuhan industri yang berkaitan dengan Data Analyst dan Digital Customer Service beserta teknologi yang berkaitan.

Akselerasi transformasi digital yang mendorong SDM bertalenta digital menjadi komponen penting yang menentukan nasib Gen Z dalam mencari pekerjaan pada era digitalisasi ini. Perubahan yang signifikan pada bidang teknologi menyebabkan perubahan pada bidang lainnya seperti ekonomi, sosial, dan politik. Tentu hal ini juga akan memengaruhi perubahan kebutuhan tenaga kerja di industri.

Kemampuan inovasi sumber daya manusia dalam negeri menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas dan perlu ditingkatkan. Sehingga sumber daya manusia Indonesia mampu bersaing di era industri digital. Menurut survey dari McKinsey, setidaknya dibutuhkan sebanyak 17 juta human talents yang adaptif dengan perkembangan teknologi. Karena itu, pemahaman teknologi, inovasi dan pembaruan teknologi menjadi penting. Selain juga integrasi masyarakat di era 4.0 juga semakin tinggi. Maka dari itu, Ivolution Workshop hadir untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada mahasiswa / umum mengenai gambaran pekerjaan serta kebutuhan industri yang berkaitan dengan Data Analyst dan Digital Customer Service beserta teknologi.

Perlu diketahui bahwa dalam Ivolution Workshop, terdapat beberapa rangkaian acara yang meliputi pematerian, pelatihan aplikasi, serta sesi tanya jawab. Sesi pematerian membahas pengetahuan terkait bidang Data Analyst atau Customer Service seperti definisi, peran, dan peluang kerja pada bidang tersebut. Selanjutnya, terdapat pengenalan teknologi dimana Ivosights memberikan akses platform Ripple10 untuk tema Data Analyst dan Sociomile Sistem Contact Center digital monitoring untuk tema Customer Service sebagai tool pendukung peserta mendapatkan experience terhadap teknologi. Ripple10 merupakan platform real-time untuk mendengarkan percakapan, sentimen, keterlibatan & emosi audiens di beberapa saluran digital utama. Sociomile merupakan dashboard Contact Center terlengkap di Indonesia dengan custom workflow sesuai kebutuhan pengguna.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami