Tips Sukses Mendapatkan Jawaban Memuaskan saat Melakukan Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Mendapatkan jawaban yang jujur dan sesuai saat melakukan telesurvey merupakan tantangan tersendiri. Simak bacaan di bawah ini"

Setiap perusahaan yang memiliki produk atau layanan jasa tentunya ingin melihat standar kepuasan yang dimiliki oleh konsumen terhadap apa yang mereka produksi. Kebanyakan dari perusahaan melakukan telesurvey kepada pelanggan untuk hal ini. Selain untuk melihat tingkat kepuasan, melakukan survey juga berguna untuk melihat perkembangan penjualan apakah produk tersebut disukai oleh masyarakat atau tidak. Telesurvey memiliki keuntungan tersendiri dalam membantu perusahaan melihat sudut pandang konsumen. Hal ini juga akan sangat membantu untuk melakukan komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan untuk mencapai titik puas terhadap produk. Telesurvey menjadi salah satu senjata untuk mengetahui apakah ada produk atau layanan jasa yang tidak cocok dipasarkan kembali ke masyrakat.

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan: Salah Satunya dengan Telesurvey!

Apa itu Telesurvey?

Telesurvey adalah jenis layanan melakukan survey kepada konsumen melalui panggilan telepon. Layanan yang satu ini adalah cara perusahaan mengenal lebih baik tentang apa kemauan konsumen agar di masa depan dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan jasa yang mereka miliki.

Telesurvey juga dibutuhkan sebagai riset pemasaran agar ketepatan penjualan yang akan datang bisa sesuai sasaran. Biasanya, petugas yang melakukan telesurvey akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar produk atau layanan jasa kepada calon pelanggan. Waktu yang dilakukan dalam melakukan telesurvey bisa beragam tergantung berapa pertanyaan yang diajukan oleh pegawai serta seberapa panjang jawaban yang diutarakan oleh konsumen.

Tips Mendapatkan Jawaban Memuaskan dari Pelanggan

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap untuk tips mendapatkan jawaban memuaskan dari pelanggan untuk telesurvey:

  • Melakukan Survey di Jam yang Tepat

Jam atau waktu memang menjadi hal yang paling penting untuk membaca situasi. Ini juga berlaku saat melakukan telesurvey kepada pelanggan. Selalu ingat bahwa ada jam-jam tertentu yang membuat orang tidak ingin mengangkat telepon. Telebih pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan dalam kegiatan telesurvey juga membutuhkan pikiran yang fokus agar bisa memenuhi ekspektasi jawaban yang diinginkan perusahaan.

Untuk itu, lakukanlah telesurvey di jam-jam yang memungkinkan pelanggan untuk menjawab. Setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing sehingga memperhatikan waktu adalah tips sukses dalam mendapatkan jawaban yang memuaskan dari pelanggan saat melakukan telesurvey. Cara menentukan apakah waktu survey sesuai adalah dengan pelanggan adalah dengan melihat background pelanggan tersebut dan menyesuaikan waktu.

  • Dengarkan dengan Seksama

Pelanggan tentu akan memberikan jawaban yang memuaskan jika pernyataan yang mereka utarakan terasa didengarkan. Orang cenderung memberikan jawaban yang lebih panjang dan mengeluarkan unek-unek mereka saat lawan bicara mendengarkan dengan seksama, hal ini juga dapat kamu praktekkan saat melakukan telesurvey dengan pelanggan.

Tentu akan membuat jenuh bagi petugas yang melakukan telesurvey untuk mendengarkan pelanggan saat melakukan pekerjaan ini seharian. Tips agar tidak merasa jenuh saat mendengarkan pelanggan adalah dengan cara memperhatikan dengan penuh agar tidak ada percakapan yang terasa tertinggal. Selain itu, buatlah percakapan terasa ceria untuk membangkitkan mood kedua belah pihak.

Baca Juga:5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

  • Tanyakan dengan Detail

Setiap pelanggan memiliki jawaban yang berbeda-beda untuk setiap pertanyaan. Ada yang malas memberikan jawaban karena terpaksa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas telesurvey, ada juga yang memberikan jawaban yang panjang dan menyeluruh. Akan membuat sedikit kebingungan untuk pegawai telesurvey jika berhadapan dengan pelanggan yang memberikan jawaban singkat dan kurang jelas.

Sebagai solusi, tanyakanlah dengan detaila apa maksud dari jawaban yang telah diberikan oleh pelanggan tersebut. Namun, tetaplah diingat untuk tidak menanyakannya dengan paksa agar tidak terasa menyebalkan dan membuat risih, utarakan pertanyaan yang sesuai agar bagian yang kurang jelas dapat terjawab dengan baik. Menanyakan dengan detail juga akan berpotensi memperpanjang percakapan dan membuat pertanayan yang ada dalam daftar dapat terpenuhi.

  • Mencatat Jawaban yang Diberikan

Tips sukses lainnya untuk mendapat jawaban yang memuaskan dari pelanggan adalah dengan mencatat jawaban yang diberikan. Ini dapat menjadi senjata agar ercakapan bisa berlanjut serta mengulik lebih dalam tentang jawaban yang konsumen katakan. Selain itu, mencatat jawaban dari pelanggan juga mempermudah karyawan untuk menganalisis tentang tingkat kepuasan pelanggan.

Lebih lanjut, mencatat jawaban yang diberikan oleh pelanggan juga akan menciptakan komunikasi yang baik serta lancar. Dengan mencatat, pegawai telesurvey jadi dapat mengetahui karakteristik pelanggan lewat kata-kata yang mereka lontarkan. Selain itu, pegawai telesurvey jadi bisa menebak-nebak pertanyaan selanjuutnya yang sekiranya bisa mendapat jawaban memuaskan dari konsumen.

  • Lihat dengan Siapa Kita Bicara

Saat melakukan survey tentang produk bayi, kita tentu akan menanyakan pertanyaan seputar produk tersebut kepada ibu-ibu yang memiliki bayi. Jawaban yang diberikan juga tentu akan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Akan berbeda hal jika menanyakan tentang produk bayi kepada laki-laki atau mahasiswa karena mereka tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang produk bayi sebesar para ibu.

Untuk itu, perlu dipertimbangkan dan dilihat dengan siapa kita bicara saat melakukan survey. Lihat juga pertanyaan-pertanyaan apa yang diajukan agar pelanggan yang ditanyakan tidak merasa kebingungan untuk menjawab apa yang telesurvey tanyakan. Jawaban tentu akan lebih memuaskan jika kita melihat dengan siap akita bicara.

Akan menjadi hal yang sulit untuk mendapat jawaban yang memuaskan jika kita tidak memiliki strategi yang tepat untuk menghadapinya. Maka dari itu, selalu lakukan 4 hal di atas agar kegiatan telesurvey sukses dan sesuai ekspektasi perusahaan. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami