Manfaat WhatsApp Business untuk Kampus, Simak Baik-Baik!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 28 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Salah satu manfaat WhatsApp Business adalah bisa digunakan untuk operasional kampus. Yuk, simak baik-baik"

Saat ini, teknologi sudah semakin modern dan zaman tidak lagi bergantung pada telepon konvensional maupun surat kabar. Adanya teknologi yang berkembang pesat serta hadirnya internet membuat banyak kemudahan yang dirasakan oleh banyak pihak, salah satunya adalah pihak kampus. WhatsApp Business merupakan salah satu dari banyaknya teknologi aplikasi yang hadir di zaman ini yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini!

Penjelasan WhatsApp Business dan Kampus

WhatsApp Business adalah aplikasi pesan instan yang dirancang khusus untuk bisnis. Aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka secara efisien dan efektif melalui pesan teks, suara, gambar, dan video. Dalam konteks kampus, WhatsApp Business dapat digunakan oleh fakultas atau staf administrasi untuk berkomunikasi dengan mahasiswa. Misalnya, fakultas dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirim pengumuman penting seperti jadwal kuliah, informasi tentang pengumuman beasiswa, atau perubahan jadwal. 

Sementara itu, staf administrasi dapat menggunakan WhatsApp Business untuk mengirim pesan kepada mahasiswa tentang tagihan dan pembayaran, informasi tentang acara kampus, atau tawaran pekerjaan. Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki fitur seperti pesan otomatis, label untuk mengatur pesan, dan analisis untuk mengukur kinerja pesan. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, fakultas dan staf administrasi dapat memudahkan dan meningkatkan efisiensi dalam berkomunikasi dengan mahasiswa, serta memperbaiki pengalaman komunikasi mereka.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh dengan WhatsApp Business Solution Provider

Alasan Kampus Membutuhkan WhatsApp Business

  • Komunikasi Efisien dengan Mahasiswa

Dalam lingkungan kampus yang sibuk, WhatsApp Business dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan mahasiswa secara cepat dan efisien. Fakultas atau staf administrasi dapat mengirim pesan ke seluruh kelas atau grup mahasiswa, yang dapat menghemat waktu dan usaha dalam melakukan komunikasi yang intensif.

  • Memudahkan Penyebaran Informasi 

WhatsApp Business dapat digunakan untuk menyebarkan informasi penting seperti pengumuman kelas, perubahan jadwal, atau informasi beasiswa kepada mahasiswa. Pesan dapat disebarkan dalam waktu singkat dan dapat diakses oleh mahasiswa kapan saja dan di mana saja.

  • Meningkatkan Interaksi dengan Mahasiswa

Dengan WhatsApp Business, fakultas dan staf administrasi dapat lebih mudah berinteraksi dengan mahasiswa. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kampus dan memperkuat hubungan antara fakultas/staf dengan mahasiswa.

  • Penggunaan yang Mudah dan Cepat 

Hampir semua orang saat ini menggunakan WhatsApp, sehingga penggunaan WhatsApp Business juga akan lebih mudah dan cepat. Tidak memerlukan pelatihan khusus atau keahlian teknis untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Fitur yang Berguna

WhatsApp Business menyediakan fitur-fitur seperti pesan otomatis, label untuk mengatur pesan, dan analisis untuk mengukur kinerja pesan. Fitur-fitur ini dapat membantu fakultas dan staf administrasi dalam melakukan manajemen pesan.

Manfaat WhatsApp Business untuk Kampus

  • Memudahkan Komunikasi Internal

Kampus dapat menggunakan WhatsApp Business untuk mengirim pesan kepada seluruh staf, dosen, dan mahasiswa sekaligus, misalnya untuk pengumuman penting atau informasi terkait kegiatan kampus.

  • Menjaga Hubungan dengan Alumni

Kampus dapat menggunakan WhatsApp Business untuk menjalin komunikasi dengan alumni dan menginformasikan mereka tentang perkembangan kampus terkini, ajakan untuk mengikuti acara, serta informasi terkait kesempatan kerja.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Memfasilitasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Kampus dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Business untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pendaftaran, memberikan informasi terkait jalur pendaftaran, dan menjawab pertanyaan terkait proses pendaftaran.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Kampus dapat memanfaatkan WhatsApp Business sebagai media untuk memberikan layanan pelanggan, seperti menjawab pertanyaan terkait informasi kampus dan memberikan bantuan terkait permasalahan akademik.

Yuk, Andalkan Ivosights untuk WhatsApp Business API!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami