5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Pastikan telesurvey dilakukan dengan singkat dan cepat untuk memastikan responden jujur saat melakukan telesurvey"

Semakin pesat dan berkembangnya setiap bisnis atau perusahaan berpengaruh kepada pendapat dan masukan pelanggan mengenai produk yang mereka miliki. Feedback yang mereka berikan mengarahkan sebuah perusahaan atau bisnis mengetahui kekurangan atau kelebihan yang baik mereka pertahankan atau mereka perbaiki dikemudian hari.

Untuk alasan inilah perusahaan membutuhkan telesurvey untuk mengetahui bagaimana feedback pelanggan terhadap produk yang dimilikinya. Lalu apa jadinya ketika responden atau pelanggan tidak jujur? Tentu membuat hasil survei tidak akurat. Untuk itu, berikut inilah 5 tips memastikan responden jujur dalam telesurvey:

  • Pastikan Telesurvey dilakukan dengan Singkat dan Cepat

Tahukah anda faktor yang memperngaruhi responden tidak jujur dalam menjawab pertanyaan ketika telesurvey ialah responden lelah dengan pertanyaan-pertanyaan yang agen berikan.

Semakain lelah responden saat telesurvey dilaksanakan, semakin kecil pula kemungkinan mereka ingin berpikir mengenai pendapat mereka yang jujur. Mereka cenderung akan memilih kata “ya”, “saya setuju”, dan “sangat puas” karena dari ketika kata tersebut merupakaan jawaban yang disukai dan menarik bagi agen.

Kejadian ini berpengaruh dalam keaslian jawaban responden dalam telesurvey yang dilakukan sehingga menghasilkan tingkat respon yang rendah dari sebagian data. Untuk menghindari kejadian ini pastikan telesurvey dilakukan secara singkat dan lugas sambil tetap berusaha mengumpulkan data sebanyak mungkin.

  • Tinjau Pertanyaan dalam Telesurvey

Meninjau kembali pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan sangatlah penting dilakukan dalam kegiatan telesurvey. Kebohongan yang terjadi dalam kegiatan telesurvey sering kali hadir dalam pertanyaan yang mungkin dijawab dengan sederhana, seperti “ya atau tidak” ataupun “setuju dan tidak setuju”.

Sebagai agen telesurvey cobalah untuk memberikan berbagai pilihan alternatif sehingga responden dapat lebih eksplisit dalam memberikan jawaban. Ketika berbicara dengan responden cobalah memilih pertanyaan yang terbuka sehingga responden akan lebih mengekspresikan diri mereka lebih jelas dari pada hanya menanyakan “setuju” atau “tidak setuju”.

  • Perhatikan Responden dengan Seksama

Fokuskan perhatian agen telesurvey kepada responden, perhatikan apakah responden merasa kesulitan untuk menjawab, serta perhatikan seberapa mengerti responden terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan agen.

Jika pertanyaan yang diajukan cenderung ambigu, agen bisa menjelaskan kembali pertanyaan yang diajukan secara perlahan agar responden tidak merasa kesulitan untuk menyelesaikan dan mendengarkan pertanyaan dalam telesurvey. Sebagai agen jangan sungkan menanyan apabila responden anda membutuhkan bantuan anda, karena dengan kemudahan yang diberikan akan membuat responden jujur dalam jawaban yang mereka berikan.

  • Jangan Memihak

Ketika telesurvey dilakukan, seorang agen berperan aktif sebagai peneliti yang bijaksana. Mengapa? Karena ketika telesurvey dilaksanakan maka responden secara sadar mengetahui bahwa jawabannya atas pertanyaan pribadi yang nantinya mereka berikan akan diteliti.

Oleh karena itu, buatlah responden merasa nyaman dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Jangan sesekali memberikan pertanyaan yang akan membuat keadaan emosi mereka terganggu. Semakin responden merasa nyaman, semakin mudah dan jujur pula mereka untuk bereaksi secara jujur.

  • Jelaskan Maksud dan Tujuan Telesurvey Dilaksanakan

Semakin jujur semakin baik bukan? Menjadi jujur dan transparan sebuah telesurvey merupakan kunci untuk mengatasi ketakutan telesurvey. Sebagai agen cukup berikan semua informasi mengenai maksud dan tujuan telesurvey ini dilaksanakan.

Menjelaskan maksud dan tujuan telesurveu ini merupakan sikap yang patut dilakukan sebelum agen memulai survei. Mulailah dengan menjelaskan, mengapa survei ini dibuat, rencana selanjutnya yang akan dilakukan ketika sudah mendapatkan hasil, dan bagaimana survei ini akan bermanfaat bagi responden dan perusahaan.

Transparan dalam kegiatan telesurvey ini akan membuat responden termotivasi untuk memberikan informasi yang akurat dan menghindari adanya jawaban kebohongan. Inilah 5 tips memastikan responden jujur dalam telesurvey. Semoga artikel ini membantu kalian ketika melakukan proses survei ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami