Cara Mengukur Kesuksesan Agen Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Kesuksesan agen telesales dapat diukur dengan bermacam-macam cara. Simak penjelasannya di dalam artikel ini"

Kinerja yang bagus dari petugas pemasaran seperti agen telesales menjadi hal yang paling karena perusahaan selalu mengukur perkembangan dan naiknya penjualan masing-masing anggota. Cara yang diukurpun bermacam-macam dan tidak terpaku oleh beberapa penilaian saja. Karena hal ini, tim telesales biasanya menjadikan ini sebagai pacuan untuk berlomba-lomba melebihi target atau hasil di waktu sebelumnya.

Kemampuan dan kinerja yang baik bukan hanya menguntungkan perusahaan, tetapi agen telesales juga akan menerima dampak positif untuk kinerjanya. Meskipun tidak semua, banyak perusahaan yang memberikan apresiasi bulanan kepada telesales yang berhasil melampaui target tertentu. Selain untuk membuat semangat, dukungan seperti ini juga akan memacu keinginan anggota lain untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Telesales

Tanggung Jawab Telesales

Telesales memiliki beberapa tanggung jawab yang harus dikerjakan, berikut beberapa di antaranya:

  • Menawarkan Produk atau Layanan Jasa kepada Pelanggan

Seperti yang kita ketahui pada umumnya, tanggung jawab utama seorang telesales adalah menawarkan produk atau layanan jasa kepada pelanggan. Salah satu alasan adanya pekerjaan ini juga untuk memasarkan produk perusahaan dalam bentuk panggilan telepon. Penawaran yang dilakukanpun harus sesuai dengan prosedur perusahaan agar tetap sopan kepada calon pelanggan dalam memasarkan produk

  • Berinteraksi dengan Pelanggan

Tanggung jawab lain yang dimiliki telesales adalah berinteraksi dengan pelanggan. Dalam memasarkan produk, tujuan utama yang dimiliki selain meningkatkan penjualan adalah untuk berinteraksi dengan pelanggan untuk meninjau dan mengetahui lebih dalam tentang target pasar yang ada di masyarakat. Ini juga bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan agar lebih mudah dikenal oleh orang-orang.

Adanya interaksi dengan pelanggan juga akan membuat kepercayaan akan sebuah produk. Pelanggan tentu akan lebih yakin dengan barang yang telah mereka ketahui asal-usulnya dan tentu akan membeli produk tersebut dibandingkan dengan produk lain yang asing. Untuk itu, berinteraksi dengan pelanggan merupakan salah satu tanggung jawab telesales.

  • Meningkatkan Penjualan 

Meskipun saat ini sudah ada banyak cara dalam meningkatkan penjualan pada suatu produk dan lebih mudah seperti keberadaan media sosial atau e-commerce, adanya agen telesales di perusahaan juga diharapkan untuk meningkatkan penjualan. Tanggung jawab yang satu ini memang sedikit menantang, lantaran banyak orang yang sudah tidak tertarik dengan panggilan telepon untuk ditawarkan sebuah produk atau layanan jasa. 

Tanggung jawab telesales untuk meningkatkan penjualan juga menjadi satu hal yang paling riskan dan dijadikan bahan standarisasi sebuah kesuksesan dalam bidang ini. Telesales harus memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan penjualan. Biasanya, mereka meminta rekomendasi orang-orang terdekat tentang pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan terhadap produk yang mereka jual.

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Penjulan Telesales

Cara Mengukur Kesuksesan Agen Telesales

Berikut ini adalah cara mengukur kesuksesan agen telesales. Simak penjelasannya:

  • Ada Peningkatan Penjualan

Sudah dapat dipastikan cara pertama untuk mengukur kesuksesan agen telesales adalah adanya peningkatan penjualan yang signifikan. Berhasilnya menjual produk atau layanan jasa menjadi tolak ukur yang besar dalam pekerjaan ini. Meningkatnya penjualan juga tidak tergantung pada waktu-waktu tertentu saja, tetapi telesales juga dilihat perkembangan penjualan yang terus-menerus terjadi sehingga memiliki grafik naik yang meningkat.

Ukuran kesuksesan ini adalah hal yang paling dikejar oleh karyawan telesales karena harus menutup penjualan serta melampaui target dari perusahaan. Ini juga menjadi daya saing yang sengit bagi karyawan karena penjualan tidak selalu berada pada titik atas dan ada waktu-waktu tertentu di mana penjualan menurun

  • Memahami Detail Produk 

Perusahaan biasanya menjual lebih dari satu produk maupun layanan jasa. Ini membuat tanggung jawab agen telesales terhadap produk semakin banyak dan dapat memegang beberapa produk untuk dipasarkan. Pemahaman detail produk menjadi hal yang harus dikuasai oleh seorang telesales dan menjadi ukuran kesuksesan dalam memasarkan produk tersebut. Memahami detail produk juga menjadi tantangan tersendiri karena sedikit sulit untuk mengingat semua detail dari banyak produk perusahaan.

Memahami detail produk bagi telesales mungkin tidak terlalu menyusahkan, tetapi hal ini bisa sedikit membingungkan karena takut tertukar dengan fungsi produk lain. Karena hal ini, telesales yang memahami detail produk merupakan salah satu ciri kesuksesan untuk bidang ini. 

  • Mampu Menarik Konsumen

Menarik konsumen dengan cara persuasif adalah salah satu ukuran kesuksesan telesales berikutnya. Ketergantungan perusahaan terhadap pembelian konsumen terhadap suatu produk menjadikan kemampuan menarik konsumen oleh telesales adalah kesuksesan. Lebih lanjut, kemampuan yang satu ini juga tergantung dengan cara tersendiri dari telesales, karena banyaknya penjual tergantung dari cara penyampaian karyawan.

Untuk itu, buatlah karyawan tertarik dengan caramu sendiri. Selain itu, risetlah data-data pelanggan terlebih dahulu, setelah itu pertimbangkan apakah pelanggan tersebut memiliki potensi untuk melakukan pembelian produk perusahaan atau tidak. Dengan begitu, sebagai telesales, kamu bisa sukses menarik banyak pelanggan sebagai hasilnya.

  • Kemampuan Presentasi yang Baik

Cara menilai kesuksesan telesales lainnya adalah dengan mengukur seberapa mampu pegawai tersebut melakukan presentasi dengan baik kepada pelanggan. Konsumen tentu akan lebih tertarik dengan presentasi yang baik dari seorang telesales serta akan memperbesar peningkatan penjualan. Kemampuan yang stau ini harus dilakukan dengan menyampaikan produk dengan tata cara yang baik dan mampu mengatur kata agar lebih mudah dicerna bagi konsumen. 

Cara untuk melakukan presentasi yang baik adalah dengan menulis kata-kata terlebih dahulu dan mengingat apa yang ada di dalam teks yang telah kamu tulis. Selain itu, ucapkanlah kata-kata dengan percaya diri dan hindari bicara yang terlalu cepat. Dengan begitu, telesales dapat melakukan presentasi dengan baik kepada pelanggan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak cara untuk mengukur kesuksesan telesales dalam pekerjaannya. Kamu dapat mengembangkan cara penyampaian dan membuatnya lebih menarik untuk meningkatkan penjualan. Itulah 4 penjelasan cara mengukur kesuksesan pada seorang telesales. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami