Mengenal Lebih Dekat Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 25 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Telesales merupakan perwakilan perusahaan yang bertugas menjual produk atau layanan melalui telepon"

Telesales sosok penting yang dibutuhkan hampir di semua perusahaan dari berbagai macam industri. Mengapa? Dengan adanya agen ini diharapkan perusahaan mendapatkan keuntungan dan keberlangsungan perusahaan Para agen ini dibutuhkan agar perusahaan memiliki keuntungan, sehingga keberlangsungan perusahaan dapat terjaga. Untuk memahami telesales lebih dalam pada artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu pengertian dan jenis-jenis telesales.

Apa Itu Telesales?

Telesales merupakan perwakilan perusahaan yang bertugas menjual produk atau layanan melalui telepon. Aktivitas yang dilakukan oleh telesales ini adalah untuk mengkonversikan berbagai peluang yang ada dari para calon konsumen. Dengan kata lain, dengan adanya perwakilan perusahaan ini diharapkan dapat menjangkau pelanggan secara langsung guna mendorongnya membeli penawaran dari perusahaan.

Untuk menjalankan tugasnya, mereka akan membuat strategi penjualan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Perwakilan perusahaan ini akan menitikberatkan pada kebutuhan pelanggan daripada melakukan penjualan konvensional yang sudah dianggap kurang efektif.

Jenis-jenis Telesales

Salah satu tugas agen telesales adalah mengejar target bisnis. Untuk memenuhi target ini, biasanya perusahaan membagi telesales menjadi dua tipe, yakni:

  • Inbound telesales

Para agen akan bertanggung jawab untuk menerima panggilan dari para pelanggan baru maupun pelanggan potensial. Mereka akan menjawab semua pertanyaan dan keluhan yang diajukan pelanggan. Dengan langkah ini diharapkan dapat menciptakan rasa kepercayaan di antara pelanggan dan perusahaan.

  • Outbound telesales

Berbeda dengan inbound telesales, outbound telesales bertugas menghubungi target pelanggan yang sesuai dengan profil dan kebutuhan perusahaan. Masing-masing agen akan diberikan list atau daftar yang berisi nama dan akun yang akan dihubungi untuk ditawari produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.

Perbedaan Telesales dan Telemarketing

Telesales dan telemarketing, serupa tapi tak sama. Mengapa? Masih banyak yang menganggap bahwa telesales sama dengan telemarketing. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

  • Telemarketing

Layanan ini bertugas memberikan informasi, membangkitkan minat, menciptakan peluang hingga membuat janji temu dengan pelanggan melalui telepon. Sehingga, layanan ini lebih berfokus pada pemasaran atau membangun kesadaran pelanggan akan produk atau layanan yang dipasarkan. Bukan menjual produk. Tak hanya itu, telemarketing bertanggung jawab menyeleksi calon pelanggan potensial yang dibutuhkan telesales (generate leads).

  • Telesales

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa telesales bertugas menjual produk atau layanan secara langsung ke pelanggan melalui telepon. Telesales bertanggung jawab mengubah prospek yang telah dibuat oleh telemarketing menjadi pelanggan tetap untuk produk dan layanan yang ditawarkan. Untuk itu, target telesales adalah pelanggan ataupun calon pelanggan yang dianggap potensial dan memiliki kecenderungan atau kebutuhan untuk memakai produk atau layanan yang ditawarkan.

Ruang Lingkup Kerja Telesales

#1 Lead generation. Hal ini akan mempengaruhi kesuksesan seorang agen telesales. Pasalnya, fokus utama dari lead generation adalah meningkatkan jumlah konversi konsumen baru. Seorang agen akan menghubungi prospek yang telah memberikan tanggapan kepada iklan atau kampanye pemasaran perusahaan.

#2 Direct sales. Telesales akan menghubungi konsumen dan menawarkan kepada mereka mengenai produk atau layanan baru dari perusahaan. Telesales akan menggunakan database untuk mengidentifikasi konsumen yang pernah membeli atau menggunakan produk dan jasa.

#3 Order processing. Order processing dilakukan untuk memangkas waktu yang dihabiskan tim sales untuk pembelian yang berkali-kali, sehingga dapat fokus melakukan pengembangan hubungan bisnis yang baru.

#4 Customer service. Telesales memiliki tugas untuk menelepon pelanggan dengan tujuan untuk memeriksa informasi detail dari pelanggan dan memperbaharui kontak.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa telesales selalu dibutuhkan perusahaan dari berbagai macam industri, khususnya bagi perusahaan yang sedang mencari pelanggan baru. Sociomile siap membantu Anda mencari pelanggan baru maupun pelanggan potensial.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami