6 Langkah Sukses Penjulan Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 02 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Agen telesales bertugas menjangkau calon pelanggan untuk melakukan penjualan produk atau jasa yang telah ditawarkan."

Dalam kegiatan pemasaran, perusahaan harus menjual produk atau jasanya ke pelanggannya. Salah satu cara penjualan yang bisa dilakukan adalah melalui telepon atau yang kerap disebut telesales. Dalam telesales, agen bertugas menjangkau calon pelanggan untuk melakukan penjualan produk atau jasa yang telah ditawarkan. Berikut ini beberapa langkah untuk menyukseskan penjualan yang dilakukan agen telesales.

#1 Memiliki Pikiran yang Positif

Berpikir positif atau growth mindset adalah langkah pertama yang dilakukan seorang agen telesales. Beberapa ciri berpikir positif adalah metodis, tangguh, ingin belajar, dan dapat beradaptasi dengan cepat. Cara ini pun dilakukan untuk menghadapi penolakan yang kerap diterima agen telesales.

#2 Realistis

Agen telesales harus memiliki sifat realistis. Seperti yang Anda ketahui, menjalankan pekerjaan telesales bukanlah hal yang mudah. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Inggris, agen telesales rata-rata membutuhkan sekitar 80 panggilan untuk mendapatkan peluang pelanggan baru dalam penjualan. Maka dari itu, Telesales bukanlah pekerjaan yang mudah dan berjalan secara instan. Anda harus bersikap realistis dan menjalankan tujuan atau target yang realistis pula.

#3 Rencanakan Strategi

Seorang agen telesales harus memiliki gambaran tentang siapa target yang akan dituju dan mengetahui di mana posisi brand perusahaan atau bisnis Anda. Anda sebagai agen telesales perlu membuat rencana dan strategi yang efektif dan menjangkau target Anda dan bagaimana peran Anda dalam memenuhi kebutuhan calon pelanggan, sehingga Anda perlu mempertimbangkan pesan dengan cermat dan melakukan segmentasi berdasarkan posisi pembelian mereka dari riwayat sebelumnya.

#4 Memiliki Naskah

Tips selanjutnya dalam telesales yaitu membuat atau memiliki naskah yang dapat membantu pekerjaan Anda. Naskah atau skrip ini harus dibuat secara hati-hati dan tajam.  Perhatikan juga ketika Anda sedang menawarkan produk, jangan terlihat sombong kepada pelanggan. Naskah atau skrip ini merupakan kumpulan poin-poin penting yang dapat membantu agen telesales untuk membuat alur pembicaraan yang lancar.

#5 Utamakanlah Kualitas

Target yang besar merupakan sebuah tekanan bagi agen telesales. Hal ini biasanya akan mengurangi kinerja dan cenderung kurang memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Hal yang perlu diingat bagi agen telesales adalah menghasilkan satu pelanggan akan memiliki nilai yang sangat besar, tetapi itu hanya berlaku jika Anda berhasil menggaet pelanggan yang berkualitas dan memenuhi standar.

#6 Memilih Waktu yang Pas

Agen telesales harus menelepon pelanggannya di waktu yang pas atau ideal. Hal tersebut sangatlah penting karena akan mengurangi resiko terjadinya penolakan akibat Anda mengganggunya. Sebagai agen telesales, Anda harus mengetahui dulu siapa target pelanggan Anda dengan cara memiliki informasi atau data tentang pelanggan yang akan di telepon.

Itu dia beberapa tips untuk agen telesales. Yang terpenting adalah, Anda sebagai agen telesales harus memiliki persiapan yang cukup seperti membuat naskah, informasi tentang pelanggan, waktu, dan lain-lain. Dalam menjalankan profesi sebagai agen telesales, Anda harus selalu siap dengan banyaknya penolakan yang akan datang dari pelanggan. Semoga tips ini dapat membantu Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami