Kenali Campaign: Pengertian, Manfaat dan Fungsinya!

Ripple10 | Selasa, 26 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Marketing campaign. Istock.
Ket. foto: Ilustrasi - Marketing campaign. Istock.

Setiap hari, jutaan bisnis bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Ini adalah tantangan untuk mengompres pesan yang ditemukan di ruang media digital dan tradisional. Dengan berkomunikasi secara teratur dengan audiens targetnya, bisnis dapat meningkatkan visibilitasnya. Komunikasi ini terutama dicapai melalui marketing campaign.

Apa Itu Campaign?

Campaign adalah serangkaian aktivitas strategis yang mempromosikan tujuan atau sasaran bisnis. Marketing campaign dapat digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek secara keseluruhan. Untuk mencapai hasil yang paling efektif, marketing campaign direncanakan dengan hati-hati dan kegiatannya bervariasi. Marketing campaign menggunakan channel, platform, dan media yang berbeda untuk memaksimalkan dampak.

Sebuah bisnis dapat menjalankan campaign yang memanfaatkan media cetak, media sosial, iklan online, email, demo langsung, dan banyak lagi. Setiap campaign akan bervariasi tergantung pada tujuan yang dimaksudkan. Namun, pesan dan nada campaign apa pun akan terkait erat dengan nada merek bisnis. Peningkatan agensi marketing baru-baru mengklaim ada beberapa bisnis terkadang mengalihdayakan aspek marketing campaign mereka.

Manfaat Campaign

Apakah Anda seorang pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnis Anda? Kemungkinan besar Anda telah melupakan pentingnya melakukan marketing yang efektif. Tanpa strategi marketing yang hebat, Anda bisa melihat diri Anda menghadapi banyak perjuangan berat ketika mencoba untuk tumbuh.

#1 Pilih strategi yang tepat

Saat Anda memberi merek dan meningkatkan visibilitas Anda ke berbagai kelompok orang, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif melawan pesaing Anda. Jika Anda memiliki strategi marketing yang hebat, maka Anda dapat menarik lebih banyak penjualan dan pelanggan.

#2 Buat pemasaran yang menarik

Alasan utama mengapa pemilik bisnis memasarkan bisnis mereka adalah untuk menarik lebih banyak penjualan. Lebih banyak penjualan menghasilkan lebih banyak keuntungan dan lebih banyak pertumbuhan untuk bisnis. Pertumbuhan penjualan berarti Anda dapat memiliki uang untuk menumbuhkan dan memperluas bisnis Anda.

#3 Marketing yang menarik adalah reputasi yang baik

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda meningkatkan reputasi bisnis Anda. Marketing yang hebat membantu pelanggan membangun kepercayaan mereka kepada Anda, dan kepercayaan sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat memiliki reputasi yang positif dan transparan melalui keterlibatan dengan pelanggan.

#4 Membangun reputasi menaikan engagement

Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah mampu membangun reputasi besar di antara audiens Anda. Data dan metrik dapat memberdayakan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang target pelanggan, dan inilah jenis data yang dapat Anda kumpulkan dari marketing yang baik untuk memastikan bahwa Anda dapat mempelajari tentang audiens Anda.

#5 Meningkatkan product knowledge

Dengan campaign yang efektif, Anda juga dapat membangun pemahaman tentang apa yang mampu bekerja untuk bisnis Anda. Metrik dapat membantu Anda menilai apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Strategi marketing campaign Anda akan berkembang seiring waktu. Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, Anda akan membangun pemahaman yang lebih dalam tentang pasar. Membangun persona yang hebat dapat membantu Anda menciptakan positioning terbaik untuk memahami pelanggan Anda.

Fungsi Campaign

#1 Riset

Divisi marketing di bawah penelitian terutama berkaitan dengan pembeli aktual dan potensial. Ini menentukan mengapa dan kapan pembeli membeli barang atau tidak tertarik untuk membeli barang; bagaimana dan di mana pasar barang dapat dibelanjakan dan berapa biayanya. Batas waktu untuk memperluas pasar, dan kemungkinan fluktuasi permintaan dan penawaran—ini juga harus dipertimbangkan. Ukuran pasar, potensinya, tren dan profitabilitasnya harus ditentukan. Departemen harus memeriksa efektivitas berbagai masalah marketing dan harus mempertimbangkan efek persaingan di lini.

#2 Produk

Fungsi kedua adalah tugas mengembangkan produk baru. Dalam hubungan ini, bagian marketing harus memperhatikan produk yang ada. Jika produk yang ada tidak diminati, produk tersebut harus dibuat di dalamnya. Bahkan jika sampai pada kesimpulan bahwa produk yang ada telah menjadi usang atau tidak berguna, keputusan untuk menjatuhkannya dari pasar juga dapat diambil, dan produk baru sama sekali dapat diperkenalkan.

Pertanyaan tentang identifikasi dan penampilan harus ditentukan untuk memastikan bahwa penjualan produk berada di sisi yang menguntungkan. Selain itu, divisi marketing harus mempertimbangkan penetapan harga dan diskon yang boleh diberikan kepada pelanggan. Ini harus dilakukan secara berkala, tergantung pada permintaan dan persaingan produk.

Ketentuan penjualan dan tunjangan juga harus ditentukan dari waktu ke waktu. Selain semua ini, pengemasan, jaminan, dan kebijakan layanan adalah beberapa masalah lain yang memerlukan perhatian departemen marketing.

#3 Distribusi

Ini adalah fungsi penting ketiga yang berkaitan dengan penganggaran penjualan, pengeluaran dan keuntungan. Untuk menentukan hal-hal ini, keuntungan dan kerugian dari penjualan langsung versus tidak langsung harus diperhitungkan. Karena terutama berkaitan dengan distribusi produk, rincian tentang jenis, jumlah, ukuran dan lokasi distributor atau dealer harus ditentukan sebelum produk ditempatkan di pasar.

Distribusi produk lebih lanjut melibatkan kontrak dan perjanjian dengan dealer; dan ini harus dijalankan dengan hati-hati. Departemen juga harus membantu dan membimbing reseller dalam pendistribusian produk. Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, bagian marketing harus memastikan bahwa produk yang diproduksi oleh perusahaan disimpan dengan benar di gudang yang sesuai dan dibuang melalui moda transportasi yang tepat.

#4 Manajemen

Tanggung jawab bagian marketing selanjutnya adalah menentukan bentuk atau organisasi—apakah itu harus menjadi perhatian perdagangan tunggal, atau firma kemitraan, atau perusahaan saham gabungan. Setelah menentukan sifat organisasi, perhatian harus dipusatkan pada kepegawaian departemen. Rekrutmen, persyaratan layanan, penetapan tugas dan tanggung jawab—inilah beberapa masalah yang kemudian akan menarik perhatian manajemen.

Karena perusahaan bisnis itu dinamis, semua perubahan dan perubahan selera pelanggan harus dipertimbangkan, dan perubahan yang diperlukan dalam teknik produksi harus diperkenalkan. Perubahan dalam teknik produksi ini menuntut perubahan segera di pabrik dan mesin dan kebutuhan untuk melatih personel yang sesuai.

Semua tindakan yang berkaitan dengan perluasan usaha, reorganisasi, kompensasi, pengarahan dan pengendalian harus dilakukan sesuai dengan tuntutan waktu untuk memastikan bahwa produk dijual dalam skala besar dan menguntungkan baik produsen maupun konsumen.

#5 Promosi

Di bawah fungsi ini, bagian marketing bertujuan untuk mempromosikan penjualan produk. Tujuan ini dapat dicapai dengan tepat jika eksekutif marketing dilatih dengan baik dalam disiplin ilmu masing-masing. Namun, dalam hal ini, departemen periklanan memainkan peran penting.

Oleh karena itu, tugas moral bagian marketing untuk bekerja sama erat dengan berbagai biro iklan dan mengevaluasi campaign yang harus dilakukan. Pajangan, katalog, poster, dan lainnya, harus dipelajari dari sudut pandang promosi penjualan. Departemen harus melakukan publisitas luas dan, jika perlu, langkah-langkah promosi khusus, seperti pameran, pertunjukan, konferensi, dll., dapat diadopsi.

 

Kesimpulan

Campaign adalah salah satu hal yang patut diperhatikan. Karena dengan marketing campaign yang strategis dapat mengendalikan serta menelusir lebih jauh keinginan dan kebutuhan dari audiences. Ivosights menjadi solusi untuk Anda yang ingin menyalurkan campaign marketing dengan baik. Dengan adanya tools dari ivosights pastinya dapat membantu.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.