6 Hal Harus Dipelajari dalam Pelatihan Penggunaan Digital Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 13 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock

"Sebelum menggunakan digital monitoring, akan lebih baik jika Anda kuasai dahulu beberapa materi dalam pelatihan penggunaannya tersebut"

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, penggunaan teknologi digital monitoring telah menjadi suatu keharusan, terutama bagi perusahaan yang ingin tetap memenangkan kompetisi antara perusahaan-perusahaan sejenis. Namun, penggunaan tools ini tentu memerlukan mendalam dan keterampilan yang sesuai. Tak hanya itu, sebagian besar bahkan merasa kurang familiar dengan digital monitoring itu sendiri. Inilah beberapa alasan mengapa pelatihan penggunaan digital monitoring menjadi hal yang penting. 

Apa Itu Digital Monitoring?

Digital monitoring adalah sebuah praktik pengawasan dan pengamatan terhadap aktivitas apa saja yang terjadi dalam dunia digital. Umumnya, digital monitoring ini mencakup pemantauan perilaku online, analisis data, dan pengambilan tindakan berdasarkan informasi yang diperoleh dari data tersebut. Tujuan utama penggunaan tools ini bagi perusahaan adalah untuk memahami tren, mengurangi risiko, meningkatkan keamanan, dan mengambil keputusan bisnis secara lebih baik.

Alasan Pentingnya Melakukan Pelatihan Penggunaan Digital Monitoring

Terdapat beberapa alasan mengapa pelatihan penggunaan digital monitoring sangat penting untuk dilakukan. Berikut adalah lima alasan utama:

  • Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi

Dalam pelatihan digital monitoring, baik individu maupun perusahaan akan diberikan pemahaman cara kerja tools pemantauan ini dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan digital monitoring tools ini untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada hanya mengandalkan pengalaman tanpa menggunakan panduan yang tepat.

  • Menghindari Kesalahan Fatal

Tanpa melakukan pelatihan, resiko terjadinya kesalahan dalam mengumpulkan, menganalisis, atau menginterpretasikan data sangatlah tinggi. Kesalahan ini bisa berakibat fatal dan dapat merugikan pihak penggunanya sendiri. Oleh karena itulah diperlukan pelatihan digital monitoring untuk membantu mengurangi risiko ini.

  • Kepatuhan Regulasi

Sejumlah negara memiliki regulasi ketat terkait privasi data dan penggunaan teknologi digital monitoring. Berkat adanya pelatihan penggunaannya, Anda dapat memahami dan mematuhi regulasi ini. Hal ini membuat pengguna tools tersebut dapat terhindar dari sanksi hukum serta mempertahankan reputasi bisnis dengan baik.

  • Keamanan Data

Di saat peningkatan ancaman cyber semakin meningkat, pelatihan digital monitoring menjadi sesuatu yang sangat penting dilakukan untuk memahami cara menjaga keamanan data yang dipantau. Dari pelatihan ini, Anda akan mempelajari bagaimana praktik yang harus dilakukan untuk melindungi data dari serangan cyber tersebut.

  • Peningkatan Kualitas Keputusan

Memahami data pemantauan digital membuat Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan cerdas. Anda dapat memanfaatkan berbagai informasi yang diperoleh dari data tersebut untuk mengarahkan strategi bisnis secara lebih baik.

Baca juga: 7 Alasan Pentingnya Lakukan Demo Sistem Digital Listening Tools

Siapa Saja Pihak yang Membutuhkan Pelatihan Penggunaan Digital Monitoring?

Inilah beberapa pihak yang membutuhkan pelatihan penggunaan digital monitoring :

  • Pengelola Bisnis

Pemilik dan manajer perusahaan Anda perlu memahami cara menggunakan digital monitoring untuk mengoptimalkan operasi bisnis. Tak hanya itu, data pemantauan digital ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil keputusan bisnis secara strategis, meningkatkan efisiensi, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan bisnis.

  • Tim Pemasaran

Lalu, tim pemasaran bisnis membutuhkan pelatihan digital monitoring untuk memahami perilaku pelanggan berdasarkan data pemantauan secara digital. Hal ini akan membantu perancangan kampanye bisnis Anda secara lebih efektif, melakukan segmentasi audiens secara lebih baik, dan mengukur keberhasilan kampanye dengan akurat.

  • Tim IT dan Keamanan

Tim IT dan keamanan data bertanggung jawab untuk mengelola infrastruktur teknologi pemantauan digital dan menjaga keamanan data. Dengan memberikan mereka pelatihan tentang digital monitoring, mereka dapat memahami teknologi tersebut dengan baik, mengidentifikasi potensi ancaman keamanan, dan mengimplementasikan langkah-langkah perlindungan yang diperlukan.

  • Analisis Data

Untuk tim analisis data, pelatihan tentang digital monitoring membantu mereka untuk memahami bagaimana cara mengolah data yang dihasilkan dari pemantauan secara digital. Selain itu, diberikan juga pembelajaran terkait teknik analisis data yang canggih dan cara mengambil informasi penting dari data tersebut.

  • Pengambil Keputusan Strategis

Pihak eksekutif dan pemimpin perusahaan Anda juga perlu memahami apa saja potensi yang didapat dari data pemantauan digital. Melakukan pelatihan dapat membantu mereka untuk mengidentifikasi tren, peluang, dan ancaman yang dapat memengaruhi perusahaan itu sendiri secara keseluruhan.

Hal Harus Dipelajari dalam Pelatihan Penggunaan Digital Monitoring

Pelatihan penggunaan digital monitoring mencakup sejumlah topik penting sebagai berikut ini:

  • Pemahaman Dasar Digital Monitoring

Topik pelatihan ini mencakup pemahaman dasar digital monitoring itu sendiri, seperti tujuan penggunaan, metode yang digunakan, serta manfaat tools satu ini. Selain itu, akan diajarkan juga mengapa digital monitoring penting dalam era digital.

  • Alat dan Teknologi Pemantauan Digital

Kemudian, pelatihan penggunaan digital monitoring juga diberikan materi tentang jenis-jenis tools dan software yang dilakukan untuk memantau data secara digital. Anda juga akan dijelaskan tentang bagaimana cara mengintegrasikan tools-tools tersebut ke dalam infrastruktur teknologi yang dimiliki perusahaan.

  • Analisis Data dan Laporan

Berlanjut ke materi terkait analisis data dan laporan. Dalam ini, Anda akan mempelajari cara mengumpulkan dan memproses data yang digunakan untuk analisis melalui digital monitoring. Selain itu, akan diberikan juga pengetahuan terkait teknis analisis data, metode yang digunakan, hingga cara penyajian temuan analisis data dari digital monitoring.

  • Pengelolaan Kepemimpinan dan Krisis

Selanjutnya, dalam pelatihan penggunaan digital monitoring akan dibahas tentang bagaimana menjalankan kepemimpinan secara efektif serta bagaimana tools ini dapat mengidentifikasi dan merespons hal-hal yang kritis.

  • Aspek Keamanan dan Privasi

Selanjutnya adalah pelatihan terkait aspek keamanan dan privasi dalam penggunaan digital monitoring. Selain mengetahui pentingnya perlindungan data digital, Anda juga dapat memahami apa saja peraturan dan kebijakan privasi hingga cara menerapkannya dalam pemantauan menggunakan digital monitoring.

  • Praktik Terbaik dalam Digital Monitoring

Terakhir, pelatihan penggunaan digital monitoring akan membicarakan tentang strategi terbaik untuk melakukan pemantauan digital serta contoh studi kasus yang mengilustrasikan penerapan terbaik dalam menggunakan tools ini.

Baca Juga: Cegah Krisis Perusahaan dengan Command Center

Manfaat Melakukan Pelatihan Penggunaan Digital Monitoring

Pelatihan penggunaan digital monitoring dapat memberikan lima manfaat utama, antara lain sebagai berikut:

  • Pemahaman Mendalam tentang Lingkungan Digital

Pelatihan tentang penggunaan digital monitoring membuat Anda dapat memahami perkembangan lingkungan digital yang selalu berubah. Dengan ini, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi tren, peluang, dan ancaman dalam dunia online sehingga membantu mengambil keputusan dengan cerdas.

  • Peningkatan Daya Saing

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku pelanggan dan perusahaan kompetitor dalam dunia digital, perusahaan Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif. Hal ini dapat mengarahkan bisnis untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan perusahaan secara lebih baik.

  • Pengambilan Keputusan yang Didasarkan pada Data

Pelatihan tentang penggunaan digital monitoring mengajarkan bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang dipantau secara digital. Hal ini membuat Anda dapat mengambil keputusan yang lebih akurat berdasarkan data yang ada.

  • Optimasi Rencana Pemasaran dan Branding

Melalui pemantauan digital, perusahaan dapat mengukur efektivitas kampanye pemasaran dan branding mereka secara real-time. Pelatihan ini dapat membantu mengoptimalkan anggaran dan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik.

  • Peningkatan Layanan Pelanggan

Dengan melakukan pemantauan digital menggunakan digital monitoring, Anda sebagai perwakilan perusahaan dapat mendengarkan umpan balik pelanggan dengan lebih baik. Tak hanya itu, Anda juga bisa merespons kebutuhan dan kekhawatiran mereka dalam waktu yang cepat. Imbasnya, kepuasan pelanggan akan meningkat dan memperkuat hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

  • Pengelolaan Krisis yang Lebih Efektif

Pelatihan penggunaan digital monitoring juga membantu mengidentifikasi isu dan krisis yang mungkin muncul dalam media sosial dan platform online lainnya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pemantauan, perusahaan dapat merespons krisis dengan lebih efektif dan mengurangi dampak negatifnya.

  • Peningkatan Keamanan Data

Melalui pelatihan penggunaan digital monitoring ini, Anda dapat memahami pentingnya menjaga keamanan data dalam melakukan pemantauan secara digital. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pelanggaran keamanan dan privasi yang dapat merugikan perusahaan.

Sebagai Pilihan, Percayakan Ripple10 sebagai Solusi Efektif untuk Pemantauan secara Digital

Memutuskan untuk melatih penggunaan digital monitoring adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan oleh pihak perusahaan sebelum menggunakannya secara keseluruhan. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang pemantauan secara digital, Anda dapat mengambil tindakan yang lebih efektif, menjaga keamanan data, dan menyesuaikan strategi perusahaan dengan preferensi dunia digital yang selalu berubah.

Sebagai salah satu pilihan, Anda dapat memercayakan digital monitoring tools milik Ivosights yang bernama Ripple10. Tools satu ini mampu membantu Anda untuk memantau percakapan pelanggan dalam platform digital berdasarkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Ripple10 mampu menjaga reputasi brand Anda dari opini pelanggan yang bersifat negatif hingga memantau perusahaan kompetitor juga. 

Untuk mengetahui sejumlah fitur bermanfaat yang diberikan oleh digital monitoring ini, segera hubungi tim kami untuk melakukan demo sistem secara langsung. Dengan begitu, Anda jadi tidak perlu ragu-ragu lagi dengan canggihnya teknologi yang satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami