7 Alasan Pentingnya Lakukan Demo Sistem Digital Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 01 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock

"Ingin memaksimalkan manfaat digital listening tools? Pelajari mengapa penting untuk melakukan demo sistem sebelum menggunakannya secara resmi."

Digital listening tools hadir sebagai solusi untuk memahami pelanggan dan pasar dengan lebih mendalam. Namun, sebelum Anda mengaplikasikan sistem ini secara penuh, ada satu langkah yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melakukan demo sistem. Dengan melakukan demo sistem digital listening tools, Anda dapat memastikan bahwa platform ini berjalan dengan baik serta memberikan sejumlah fitur-fitur yang mendukung monitoring bisnis Anda di platform digital. Berikut ini adalah beberapa alasan yang harus Anda pertimbangkan.

Pengenalan Singkat Tentang Digital Listening Tools

Digital listening tools merupakan sebuah software yang memungkinkan bisnis memantau, menganalisis, dan merespons percakapan online yang terkait dengan brand, produk, atau layanan yang diberikan oleh bisnis. Umumnya, digital listening tools mampu memonitoring berbagai platform digital seperti media sosial, platform ulasan, blog, forum, dan lebih banyak lagi. Dengan teknologi artificial intelligence, tools ini mampu mengidentifikasi tren, sentimen, dan peluang yang membantu bisnis untuk mengambil langkah yang lebih efektif.

Alasan Pentingnya Melakukan Demo Sistem Digital Listening Tools

Berikut ini adalah tiga alasan pentingnya melakukan demo sistem digital listening tools:

  • Kenali Keinginan Pelanggan

Dengan melakukan demo sistem digital listening tools, Anda dapat mengidentifikasi tren dan preferensi yang paling relevan untuk pelanggan bisnis Anda. Hal ini akan membantu bisnis Anda untuk menghasilkan konten yang relevan ataupun produk yang lebih menarik.

  • Lacak Reaksi Terhadap Produk Baru

Pengenalan produk baru dapat menjadi tantangan, terutama jika Anda tidak tahu bagaimana respons audiens terhadapnya. Menggunakan sistem digital listening tools membuat Anda mampu memantau reaksi pelanggan terhadap produk baru Anda. Selain itu, akan muncul sebuah peluang untuk menyesuaikan dan memperbaiki produk Anda sebelum dipublikasikan secara luas.

  • Analisis Sentimen

Memahami sentimen pelanggan terhadap brand dan produk bisnis Anda dapat membantu mengukur keberhasilan kampanye pemasaran. Dengan melakukan demo sistem dari digital listening tools, bisnis Anda dapat menganalisis sentimen positif dan negatif yang terkait. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil tindakan tertentu jika diperlukan.

Siapa Saja Pihak Bisnis yang Terlibat dalam Proses Demo Sistem Digital Listening Tools?

Inilah sejumlah pihak bisnis yang terlibat dalam proses demo sistem digital listening tools:

  • Tim Pemasaran

Tim pemasaran merupakan pihak pertama yang terlibat dalam proses demo sistem digital listening tools. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan analisis data dan informasi yang relevan untuk pengembangan strategi pemasaran bisnis yang efektif.

  • Tim IT

Kemudian ada tim IT yang berperan untuk mengaplikasikan dan mengintegrasikan sistem digital listening tools dengan infrastruktur teknologi yang sudah dimiliki bisnis sejak awal. Tak hanya itu, tugas mereka lainnya adalah memastikan bahwa digital monitoring tools ini berfungsi dengan baik dan aman.

  • Tim Analisis Data

Tim analisis data bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang dihasilkan oleh sistem digital listening tools. Tak hanya itu, mereka juga mengumpulkan informasi penting dan tren dari data yang diperoleh.

  • Tim Layanan Pelanggan

Tim layanan pelanggan memanfaatkan data dari sistem digital listening tools untuk memahami masalah dan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Dengan begitu, mereka bisa memberikan pelayanan pelanggan secara maksimal.

  • Tim Penjualan

Kemudian adalah im penjualan yang juga menggunakan informasi dari sistem digital listening tools untuk memahami preferensi dan kebutuhan prospek pelanggan.

  • Tim Manajemen

Terakhir adalah tim manajemen yang berperan penting untuk mendukung penggunaan sistem digital listening tools dengan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan dan memastikan tujuan bisnis tercapai.

Baca juga: Apakah Penggunaan Digital Listening Tools Melanggar Privasi Pengguna?

Beberapa Informasi yang Anda Dapatkan Ketika Melakukan Demo Sistem Digital Listening Tools

Inilah beberapa informasi yang Anda dapatkan ketika melakukan demo sistem digital listening tools:

  • Analisis Sentimen

Melalui sistem digital listening tools, Anda dapat melacak sentimen pelanggan terhadap brand bisnis Anda, baik bersifat positif, negatif, atau netral.

  • Topik Populer

Dengan digital listening tools, Anda dapat mengidentifikasi topik yang paling sering dibicarakan oleh pelanggan Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat memahami tren yang sedang rutin dibicarakan dalam komunitas tertentu.

  • Umpan Balik Produk

Anda juga dapat menerima umpan balik dari pelanggan tentang produk atau layanan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda  dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk bisnis Anda dari perspektif pelanggan.

  • Keunggulan Bersaing

Melacak percakapan tentang bisnis kompetitor Anda membuat Anda dapat memahami bagaimana pelanggan membandingkan brand Anda dengan pesaing.

  • Kehalusan Analisis

Sistem digital listening tools ini tidak hanya memberikan informasi umum, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menganalisis informasi tersebut secara lebih mendalam. Anda juga dapat memilih-milih data berdasarkan berbagai faktor untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tajam.

Manfaat Melakukan Demo Sistem Digital Listening Tools Terlebih Dahulu

Inilah lima manfaat melakukan demo sistem digital listening tools sebelum menggunakannya secara resmi:

  • Memahami Fitur dan Fungsi

Melakukan demo sistem digital listening tools membantu memberikan Anda gambaran langsung tentang fitur-fitur yang ditawarkan oleh tools ini.

  • Menilai User Interface

User interface yang intuitif membuat tools ini mudah digunakan oleh tim Anda.

  • Simulasi Penggunaan di Lingkungan Nyata

Dengan adanya demo tools tersebut, Anda dapat mensimulasikan penggunaan digital listening tools dalam lingkungan bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat bagaimana tools ini menghadapi data dan situasi nyata.

  • Menyesuaikan Diri dengan Kebutuhan

Melakukan demo sistem sebelum menggunakannya sejak resmi membuat Anda dapat melihat seberapa mudah tools ini ketika disesuaikan dengan kebutuhan khusus bisnis Anda.

  • Mendapatkan Masukan Awal

Tim Anda dapat memberikan masukan dan umpan balik langsung setelah demo. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil langkah-langkah perbaikan sebelum mengadopsi secara penuh.

Baca juga: 6 Cara sukses Bisnis Online dengan data Digital Monitoring, dijamin Laku!

Kerugian yang Akan Didapat Jika Tidak Melakukan Demo Sistem Digital Listening Tools

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa kerugian yang akan didapat jika Anda tidak melakukan demo sistem digital listening tools:

  • Penggunaan yang Tidak Efektif

Tanpa melakukan demo sistem, akan meningkatkan resiko penggunaan tools secara tidak efektif. Selain itu, tim bisnis Anda akan cenderung untuk tidak tahu cara memanfaatkan fitur-fitur tools ini secara optimal.

  • Kesalahan Integrasi

Tanpa pemahaman yang baik tentang cara kerja digital listening tools, melakukan integrasi dengan sistem bisnis lainnya akan memunculkan berbagai masalah yang tidak terduga.

  • Pemborosan Sumber Daya

Mengaplikasikan digital listening tools tanpa demo akan mengakibatkan terjadinya pemborosan sumber daya saat tim bisnis harus memahami cara kerja tools secara mandiri.

  • Ketidaksesuaian dengan Kebutuhan

Tanpa melakukan demo sistem, resiko terjadinya penggunaan tools yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis akan kian meningkat.

  • Ketidakpastian Hasil

Anda mungkin tidak dapat memprediksi hasil yang akan diperoleh dari penggunaan tools tanpa melakukan demo yang baik.

Lakukan Demo Sistem Digital Listening Tools Ini Melalui Tim Ivosights

Melalui artikel ini, telah dijelaskan dengan lengkap mengenai pentingnya melakukan demo sistem digital listening tools sebelum menggunakannya secara penuh. Melakukan demo sistem juga merupakan sebuah langkah yang tidak boleh diabaikan karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana alat-alat ini akan berdampak pada bisnis Anda.

Kami di Ivosights memahami betapa pentingnya langkah ini bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, kami menawarkan solusi digital listening tools dengan produk kami, Ripple10. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan kemampuan untuk melacak data dari berbagai platform, Ripple10 siap membantu Anda memahami apa saja yang dibicarakan mengenai bisnis Anda serta membantu mengarahkan bisnis untuk mengambil tindakan yang tepat untuk membangun citra bisnis yang positif. Segera hubungi tim Ivosights segera dan jadwalkan demo sistem Ripple10. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengambil langkah cerdas dalam memperkuat reputasi bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami