10 Manfaat Penggunaan Customer Engagement Tools pada Bisnis Ritel

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 26 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Penggunaan customer engagement tools ternyata dapat menjadi faktor kesuksesan bisnis ritel, simak ulasannya di sini!"

Dalam ranah bisnis ritel di Indonesia, terdapat peluang yang menjanjikan dengan banyaknya bisnis yang berkembang. Bisnis ritel meliputi berbagai jenis, seperti pusat perbelanjaan, supermarket, toko elektronik, pakaian, dan apotek. Dikarenakan sifatnya yang dinamis, bisnis ritel dihadapkan pada sejumlah tantangan, mulai dari tingginya permintaan konsumen, persaingan yang ketat, hingga perubahan musiman seperti hari libur dan cuaca. Untuk tetap bersaing, bisnis ritel perlu mencari strategi untuk menjaga penjualan tetap stabil. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui penerapan customer engagement tools.

Apa itu Customer Engagement Tools?

Customer engagement tools adalah sarana untuk mengelola komunikasi dan interaksi antara sebuah entitas bisnis, perusahaan, institusi, atau brand dengan pelanggan. Sarana ini bertujuan untuk memberikan pengalaman positif kepada pelanggan dan meningkatkan keterlibatan mereka. Salah satu customer engagement tools yang digunakan di Indonesia adalah Sociomile dari Ivosights.

Sociomile merupakan sebuah sistem pusat kontak yang terdiri dari beberapa jenis perangkat, termasuk Sociomile Omni-Channel, Sociobot, dan Sociovoice. Sociomile Omni-Channel menyediakan layanan integrasi untuk 12 kanal digital dan suara dalam satu dashboard, meningkatkan efisiensi kerja agen pusat kontak. Sociobot, dengan kecerdasan buatan (AI), memungkinkan pelanggan berinteraksi responsif dengan perusahaan selama 24 jam. Sedangkan Sociovoice adalah sistem pusat panggilan dengan berbagai fitur unik yang mendukung layanan masuk dan keluar sesuai kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: Pengaruh Customer Engagement Tools pada Peningkatan Brand Loyalty 

Manfaat Customer Engagement Tools untuk Bisnis Ritel

  • Sistem Contact Center Menjadi Lebih Unggul

Bisnis ritel memerlukan sistem contact center yang mumpuni untuk mengatur operasional bisnis. Dimulai dari proses pemesanan barang, pembayaran, hingga mengatur pengiriman barang. Dengan customer engagement tools, pelanggan dapat melakukan pembelian tanpa hambatan.

  • Dasbor yang Mudah Dioperasikan

Dasbor customer engagement tools yang berisi hasil integrasi 13 kanal digital tersebut sangat memudahkan karyawan di bisnis ritel. Bisnis yang bersifat sangat dinamis dan fast-paced tersebut memerlukan sistem yang simpel dan mudah digunakan.

  • Laporan Data yang Lengkap dan Dapat Diunduh

Perusahaan dapat mengakses dan mengunduh laporan data melalui customer engagement tools. Pelaku bisnis ritel memiliki opsi untuk memilih laporan yang disajikan dalam format harian, mingguan, atau bulanan. Laporan-laporan tersebut bermanfaat bagi mereka dalam menganalisis masalah, meningkatkan layanan, dan memonitor kinerja karyawan secara efektif.

  • Integrasi dengan Digital Listening Tools

Customer engagement tools, khususnya Sociomile Omnichannel menyediakan fitur integrasi dengan software software digital listening tools bernama Ripple10. Dengan mendapatkan fasilitas digital listening tools, bisnis ritel dapat mengetahui respon masyarakat mengenai layanan dan produk yang disajikan. Sehingga, pelaku bisnis ritel dapat meningkatkan operasional bisnis berdasarkan tanggapan masyarakat.

  • Keamanan Akun Dasbor Terjamin

Pelaku bisnis ritel mendapatkan fitur yang memungkinkan mereka untuk melakukan log-in sendiri tanpa perlu memberikan akun dan password pada penyedia customer engagement tools. Sehingga, keamanan akun dasbor sudah pasti terjamin. 

Baca Juga: Mengenal Sociobot: Implementasi Teknologi Berbasis AI pada Software CRM  

  • Dilengkapi Fitur ChatBot

Customer engagement tools ini juga dilengkapi dengan fitur bot. Bot merupakan teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan mesin, tanpa perlu melibatkan manusia asli. Perusahaan dapat menggunakan fitur ini untuk menyiapkan jawaban dari FaQ (Frequently Asked Question), membuat alur reservasi, menyebarkan survei, dan keperluan lainnya.

  • Penyebaran Informasi Langsung dan Menyeluruh

Customer engagement tools ini juga menyediakan fitur automatic blast engine yang memudahkan pelaku bisnis ritel untuk menyebarkan informasi secara langsung dan menyeluruh seperti mengenai produk, diskon, tawaran, atau pengumuman lainnya.

  • Meningkatkan Pemahaman yang Lebih Baik Mengenai Kebutuhan Pelanggan

Hubungan dan interaksi positif yang terus terjaga membuat pelaku bisnis ritel lebih memahami kebutuhan pelanggan. Pengetahuan mengenai preferensi pelanggan ini dapat diaplikasikan oleh pelaku bisnis ritel untuk membuat dan menyediakan layanan serta produk yang diinginkan. Penyesuaian yang relevan ini nantinya akan berpengaruh pada kenaikan penjualan perusahaan.

  • Alur Kerja Karyawan yang Dapat Diatur

Karyawan dengan beban kerja yang terlalu berat akan berpengaruh pada kinerja yang menurun. Dengan menggunakan customer engagement tools, karyawan dapat mengatur alur kerjanya sendiri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan target yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis ritel.

  • Reputasi Brand Meningkat

Manfaat-manfaat yang sudah diuraikan sebelumnya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu meningkatkan customer experience. Apabila sebuah brand memiliki sistem yang baik, customer experience akan meningkat secara positif. Hal tersebut berpengaruh besar pada reputasi perusahaan terutama di dunia digital.

Tertarik Gunakan Customer Engagement Tools? Ivosights solusinya!

Ivosights menghadirkan Sociomile Omni-Channel, solusi bagi pelaku bisnis agar mendapatkan customer engagement tools yang mudah diakses dengan berbagai jenis fitur. Sociomile merupakan sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Tak hanya itu, Sociomile juga menyediakan laporan lengkap serta fitur yang komprehensif seperti chatbot, help desk management, real-time wallboard, hingga ticketing system. Bersama Sociomile dari Ivosights, Anda dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi bersama pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami