Pentingnya Big Data Bagi Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 11 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Big data. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Big data. Shutterstock.

"Big Data adalah menggambarkan volume data yang besar & sulit dikelola baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang berkembang seiring berjalannya waktu."

Penggunaan internet saat ini sangat berkembang pesat. Setiap harinya kita membutuhkan jaringan internet untuk mencari informasi di dunia digital. Saat Anda sedang berseluncur di dunia digital, mungkin Anda akan menemukan istilah Big Data. Big data sendiri bermanfaat bagi pelakau bisnis, yang setiap harinya mencari informasi. Big Data memang memiliki manfaat yang beragam dan kegunaannya sangat penting bagi bisnis, namun, apa sih Big Data itu dan mengapa disebut sangat penting bagi bisnis? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Big Data

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume atau ukuran data yang besar dan sulit dikelola baik terstruktur, semi terstruktur maupun tidak terstruktur yang berkembang seiring berjalannya waktu. Big data sendiri dapat dianalisis untuk mendapatkan insights atau gambaran yang dapat digunakan untuk menentukan strategi bisnis.

Ciri-ciri Big Data

Data yang dihasilkan bisa disebut sebagai golongan Big Data jika memenuhi ciri-ciri ini. Berikut ciri-cirinya:

#1 Volume. Sesuai dengan namanya, ukuran data memiliki peranan penting. Sebuah data dapat dikategorikan sebagai big data atau bukan tergantung volume data. Data-data ini dapat dikelola baik secara keseluruhan atau berdasarkan platform.

#2 Velocity. Velocity, merupakan kecepatan produksi yang meliputi input data hingga penggunaan data. Tak hanya pengumpulan data, kecepatan transfer data pun juga berpengaruh, terlebih dalam proses pengiriman data. Dengan kecepatan ini, maka data dapat diterima atau digunakan secara real-time.

#3 Variety. Dapat diartikan sebagai beragam jenis data. Artinya, data datang dalam semua jenis format, mulai dari data numerik terstruktur dalam database tradisional hingga dokumen teks tidak terstruktur, email, video, audio, data ticker saham, dan transaksi keuangan. Data-data tersebut masih membutuhkan proses tambahan agar arti dari data dapat diketahui.

#4 Veracity. Peranan yang sangat penting terutama pada revolusi industri 4.0 karena keakuratan sebuah data menjadikan hal yang penting. Semakin besar sebuah data, maka akan semakin susah untuk dikelola secara rapi. Kita tidak tahu apa kendala yang akan datang pada prosesnya seperti error atau kesalahan lainnya.

#5 Value. Big Data memiliki Value yang tujuannya untuk mempermudah pengguna mengakses informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan dari berbagai data yang ada.

Pentingnya Penggunaan Big Data

Setelah membahas tentang ciri-cirinya yang dikenal dengan 5V, penggunaan Big Data memiliki peran yang sangat penting pula untuk bisnis Anda. Pentingnya Big Data tidak hanya berkisar pada seberapa banyak data yang Anda miliki. Nilainya terletak pada cara Anda menggunakannya. Dengan mengambil data dari sumber apa pun dan menganalisisnya, Anda dapat menemukan jawaban yang:

  • Merampingkan manajemen sumber daya
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Mengoptimalkan pengembangan produk
  • Mendorong peluang pendapatan dan pertumbuhan baru
  • Memungkinkan pengambilan keputusan yang cerdas.

Ketika Anda menggabungkan Big Data dengan analitik berkinerja tinggi, Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan bisnis seperti:

  • Menentukan akar penyebab kegagalan, masalah, dan cacat dalam waktu yang hampir seketika.
  • Menemukan anomali lebih cepat dan lebih akurat daripada mata manusia.
  • Meningkatkan hasil pasien dengan mengubah data gambar medis dengan cepat menjadi wawasan.
  • Menghitung ulang seluruh portofolio risiko dalam hitungan menit.
  • Mempertajam kemampuan model pembelajaran mendalam untuk secara akurat mengklasifikasikan dan bereaksi terhadap perubahan variabel.
  • Mendeteksi kecurangan sebelum mempengaruhi bisnis Anda.

Dalam konsepnya, Big Data mengumpulkan semua data yang dihasilkan kemudian dikelola secara tepat agar mendapatkan value yang diharapkan. Maka dari itu, penggunaan Big Data itu sangat penting sekali terutama pada bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami