9 Bisnis yang Wajib Gunakan CRM Call Center untuk Mencapai Kesuksesan

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 20 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"CRM call center sangatlah esensial bagi 9 jenis bisnis ini. Simak ulasan berikut!"

Perkembangan kompetisi dan tren pasar menuntut perusahaan untuk terus mengembangkan strategi yang cerdas. Dinamika dalam sistem ekonomi juga mendorong perusahaan untuk mempertahankan stabilitas bisnis. Salah satu aspek krusial dalam menjaga stabilitas bisnis adalah dengan menjalin hubungan yang baik dan interaksi yang positif dengan pelanggan, serta mempertahankan kualitas produk dan layanan yang tinggi. Perusahaan dapat memanfaatkan perangkat lunak CRM call center untuk mendukung upaya tersebut.

Apa itu CRM Call Center?

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dilakukan perusahaan atau pelaku bisnis untuk dapat mengelola hubungan dan interaksi antar pelanggan, maupun masyarakat yang berpotensi menjadi pelanggan. Interaksi yang dapat dioptimalkan berpengaruh langsung pada kepuasan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas dengan produk dan layanan yang disediakan perusahaan nantinya berpotensi untuk melakukan repeat order atau pembelian berulang. Sehingga pada akhirnya, perusahaan merasakan keuntungan.

Pada umumnya, perusahaan menggunakan beberapa jenis platform untuk menunjang Customer Relationship Management (CRM) ini. Contohnya seperti platform yang menunjang sistem call center. Call center di sebuah perusahaan merupakan garda terdepan pelayanan pelanggan. Salah satu platform pendukung CRM call center adalah Sociomile Voice, platform turunan dari Sociomile yang didesain untuk mempermudah alur kerja karyawan dengan sistem yang praktis dan simpel untuk digunakan. Sociomile Voice menyediakan layanan inbound dan outbound yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Layanan inbound digunakan untuk menangani keluhan pelanggan dan memberikan informasi bantuan. Di beberapa jenis bisnis, layanan inbound juga bisa dimanfaatkan untuk sistem pemesanan atau reservasi. Sementara itu, layanan outbound digunakan untuk mencapai tujuan bisnis khusus, seperti mempromosikan layanan atau produk, melakukan survei, verifikasi telepon, atau mengirimkan pengingat kepada pelanggan.

Aspek yang unik dari Sociomile Voice adalah beberapa fiturnya yang sangat memudahkan agen atau customer service. Seperti fitur custom workflow yang memungkinkan karyawan mengatur alur kerjanya sendiri, fitur IP PBX Telephony System yang membantu karyawan bekerja secara fleksibel (WFH), sistem integrasi dengan software CRM lainnya, hingga fitur QA Score Card untuk mengukur kinerja setiap agennya.

Baca Juga: 7 Manfaat Social Media Listening Tools dalam Pembuatan Konten Digital Marketing 

Bisnis dan Institusi yang Perlu Menggunakan CRM Call Center

Terdapat beberapa jenis bisnis yang bersinggungan langsung dengan masyarakat dalam pelaksanaannya. Keterlibatan masyarakat ini membuat kepuasan pelanggan menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis. Berikut bisnis sangat wajib menggunakan CRM call center guna memenuhi kepuasan pelanggan:

  • Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan memerlukan CRM call center untuk keperluan pendaftaran siswa, pendaftaran mata kuliah, keperluan administratif, hingga dukungan teknis untuk platform e-learning. Yang termasuk ke dalam institusi pendidikan adalah sekolah, universitas, sekolah tinggi, hingga platform pembelajaran online.

  • Platform E-commerce

Platform e-commerce memerlukan CRM call center untuk berbagai macam keperluan. Seperti membantu pelanggan yang kesulitan bertransaksi, pengiriman barang yang terhambat, variasi produk, dan lainnya. 

  • Perusahaan Berbasis Teknologi

Perusahaan ini mengacu pada produsen hardware seperti toko elektronik dan penyedia software seperti contohnya Microsoft Corp. Kedua jenis bisnis tersebut memerlukan call center untuk mengatasi masalah teknis yang dialami para pelanggannya. Adapun masalah teknis tersebut biasanya berupa instalasi produk, pembaruan software, hingga masalah garansi produk.

  • Industri Otomotif

Industri otomotif seperti dealer, pusat layanan servis, hingga produsen kendaraan membutuhkan call center untuk membantu pelanggan dalam hal menentukan janji temu, klaim garansi, dukungan teknis, hingga penjualan kendaraan. Membantu pelanggan secara efisien melalui CRM call center akan menjamin kepuasan pelanggan.

  • Bisnis Ritel

Bisnis ritel ini mengacu pada bisnis yang menjual barang secara eceran, seperti pusat perbelanjaan, supermarket, toko elektronik, pakaian, hingga toko obat. Industri yang terbilang fast-paced ini perlu mengerahkan strategi ampuh supaya dapat bertahan di tengah persaingan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan CRM call center untuk menunjang operasional. Seperti menangani pertanyaan mengenai pesanan, produk, pengembalian barang, pengembalian uang, hingga informasi mengenai lokasi toko.

  • Penerbangan dan Agen Perjalanan

Bisnis yang bergerak di industri pariwisata, agen perjalanan, hingga penerbangan membutuhkan CRM call center untuk mendampingi pelanggan membuat reservasi, merancang itinerary, mengatasi permintaan pembatalan pesanan, asuransi perjalanan, dan urusan lainnya.

  • Penyedia Layanan Kesehatan

Penyedia layanan kesehatan seperti klinik, rumah sakit, hingga perusahaan asuransi mengedepankan layanan dan jasa sebagai penentu keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, perusahaan tersebut memerlukan CRM call center untuk mengatur janji temu, saran medis, menjawab pertanyaan pasien, klaim asuransi, hingga bantuan penagihan.

  • Institusi Keuangan

Institusi keuangan ini mengacu pada perusahaan kartu kredit, firma asuransi, atau bank. Pada umumnya, perusahaan-perusahaan tersebut bersinggungan langsung dengan masyarakat dalam proses pemberian layanan. Oleh karena itu, institusi keuangan termasuk ke dalam jenis bisnis yang wajib menggunakan CRM call center. Beberapa aspek yang dapat ditunjang dalam operasional bisnis ini adalah menangani pertanyaan nasabah, pengelolaan rekening, transaksi, pengajuan pinjaman, hingga klaim asuransi.

Tertarik Menggunakan CRM Call Center? Segera Hubungi Ivosights!

Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri business solution provider. Ivosights menghadirkan Sociomile Voice, platform turunan dari Sociomile yang merupakan platform contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard. Platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk memiliki efisiensi dalam operasional bisnis, juga menciptakan interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan platform dari Ivosights ini, perusahaan dapat dengan mudah menaikkan customer experience. Tertarik menggunakan Sociomile Voice? Hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju bisnis sukses!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami