Ini Pentingnya Help Desk Management Bagi Bisnis Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Helpdesk. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Helpdesk. Shutterstock.

"Layanan help desk merupakan bentuk sarana komunikasi efektif dengan pelanggan"

Apa itu Help Desk?

Help desk merupakan sumber daya yang bersifat multi-dimensi, yang bertujuan untuk memberikan informasi serta dukungan kepada pelanggan atau pengguna mengenai sebuah produk atau layanan perusahaan.

Help desk ialah sebuah sistem yang disediakan oleh bisnia untuk memberikan sebuah informasi dan dukungan pelanggan terkait produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Tujuan sebuah bisnis menyediakan help desk ialah sebagai bantuan untuk memecahkan dan memberikan solusi terhadap permasalahan pelanggan.

Tujuan dari help desk biasanya meliputi solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada ataupun memberikan panduan mengenai produk serta jasa, seperti komputer, peralatan elektronik, makanan, pakaian, dan software. Mengingat pentingnya help desk bagi bisnis Anda, kini help desk hadir dalam berbagai pilihan layanan bebas pulsa, chat, email, atau media online lainnya. Hal ini yang memudahkan pelanggan untuk mengubungi perusahaan atau bisnis.

Perusahaan yang menyediakan jasa help desk ini biasanya akan menyediakan berbagai fasilitas help desk kepada pelanggan dan pemangku kepentingan melalui berbagai saluran, seperti panggilan telepon yang siap sedia, chat, aplikasi instan, atau situs web.

Mengapa Sebuah Bisnis Membutuhkan Help Desk?

Bisnis ataupun perusahaan pastinya akan memiliki stakeholder eksternal, dan stakeholder tersebutlah yang harus memiliki kepentingan tertentu dalam perusahaan terutama bagi pelanggan.

Keberadaan layanan help desk pada bisnis Anda ini sangat penting sebagai bentuk sarana komunikasi efektif dengan pelanggan. Dengan menyediakan help desk, bisnis Anda akan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Singkatnya, help desk ini dapat dimanfaatkan untuk memandu pertanyaan, keluhan, kritikan, dan saran pelanggan.

Kemampuan tersebutlah yang dapat menjalin interaksi yang lebih intens dengan pelanggan. Hal ini, akan memberikan insight atau wawasan terkait pelanggan untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik lagi.

Dengan menerapkan help desk dalam bisnis atau perusahaan Anda akan sangat membantu dalam mengurangi efek negatif dari masalah atau perubahan yang secara tidak terduga muncul. Pertanyaan dan keluhan masuk dari pelanggan merupakan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi para perusahaan atau bisnis Anda dalam umpan balik pelanggan dan perubahaan kebijakan secara efektif.

Apa Saja Keuntungan dari Help Desk?

Held desk yang digunakan secara efisien dapat diintegrasikan dengan baik menggunakan sistem di kanor, dan dapat memberikan solusi kontak pertama kali secepat mungkin. Inilah beberapa keuntungan dari help desk:

  • Kepuasaan Pelanggan

Help desk yang baik nyatanya dapat memberikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan jika direspon secara aktif yang nantinya akan membantu pengguna secara konsisten, dan bekerja lebih keras dalam memberikan dukungan teknis. Help desk ini dapat mendukung tujuan perusahaan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda dengan menigkatkan jumlah pelanggan tetap yang setia kepada bisnis atau perusahaan Anda.

  • Peningkatan Kualitas Produk

Keuntungan yang kedua ketika Anda menggunakan help desk, yaitu dapat berguna sebagai tempat pertama untuk mencatat keluhan dan masalah pelanggan. Help desk bukan hanya berfungsi dalam menyelesaikan maslah, tetapi juga berfungsi dalam melacak semua keluhan, jenis, dan tingkatan pengulangan.

Selain itu, help desk juga dapat membantu Anda dalam menarik kesimpulan mengenai masalah dan cacat produk sehingga Anda dapat mempresentasikan masalah tersebut kepada tim pengembangan di bisnis Anda. Dengan cara inilah, help desk menjadi sumber utama feedback bagi tim pengembangan sehingga dapat melakukan pembaruan dan peningkatan produk dengan menjalankan laporan.

  • Peningkatan Produktivitas

Selain keungulan-keungulan diatas ini, help desk juga melakukan tugas pengelolaan dan penyelesain keluhan. Dengan menggunakan berbagai prosedur, seperti sistem pengaduan atau pelabelan sehingga Anda dapat dapat secara efektif mengelola pengaduan dan mengarahkannya ke pusat resolusi favorit. Help desk ini memberikan kejelasan, mencegah kebingungan di tempat kerja, dan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebah masalah

  • Penghematan Biaya

Proses maupun prosedur yang dilakukan dalam help desk ini hanya akan menghasilkan penghematan biaya untuk sebuah perusahaan atau bisnis Anda dalam jangka waktu yang cukup panjang. Dalam menjalankan help desk akan membutuhkan sumber daya manusia, perangkat lunak, serta perangkat keras yang menghasilkan biaya tambahan. Tetapi, biaya tersebut nantinya bisa disiasati dengan biaya pengembalian yang lebih tinggi lagi melalui peningkatan produktivitas, peningkatan kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan lain-lain.

Itulah pentingnya help desk management dalam bisnis Anda. Beragam fitur help desk dapat Anda dapatkan di Ivosights, karena ivosights memberikan kemudahan dalam operasional contact center, seperti dashboard yang akan melakukan pengawasan, jam kerja yang fleksibel, dan miliki para agen yang bekerja secara profesional dalam bidangnya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami