4 Cara Membuat Merek Anda Ngehits di Media Sosial

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 22 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Strategi sosial media. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Strategi sosial media. Shutterstock.

"Cara tersebut akan efektif jika ditunjang digital listening tools. Anda dapat mendengar percakapan pelanggan mengenai kredibilitas produk atau layanan Anda."

Strategi media sosial menjadi salah satu hal penting karena mampu menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Mengingat, kita tahu bahwa media sosial menjadi salah satu komponen untuk mengomunikasikan pesan merek secara lebih efektif. Bermodalkan jejaring sosial ataupun website, setiap merek dapat menjangkau calon pelanggan dari beragam kalangan. Bahkan, saat ini, kita bisa memanfaatkan digital listening tools seperti Ripple10 (produk dari Ivosights) untuk mendengarkan percakapan pelanggan mengenai kredibilitas produk atau layanan kita, hingga kualitas dari konten yang kita tampilkan. 

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk membuat sebuah merek menonjol di media sosial. Dalam hal ini, Ivosights telah merangkum 4 cara membuat merek ngehits di media sosial, sebagai berikut.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Digital Listening Tools yang Tepat?

Konsistensi Branding

Merek adalah wujud dari kualitas, karakteristik, nilai, ataupun gagasan bisnis kita. Dengan kata lain, merek adalah citra bisnis yang diproyeksikan melalui logo, kata, ataupun visual lainnya. Untuk itu, menjaga agar merek kita tetap konsisten dalam semua media sosial yang kita gunakan, menjadi hal penting karena nantinya mendorong orang untuk mempercayai kita sebagai merek. 

Konsistensi tersebut dapat kita wujudkan dengan menampilkan profile picture ataupun banner yang sama di setiap media sosial, hingga konsistensi dalam menampilkan point of view untuk setiap kalimat ataupun konten. Dengan konsistensi tersebut, (calon) pelanggan akan melihat merek yang sama berulang kali sehingga mereka mengingat kita. 

Konten Berkualitas

Neil Patel, seorang Content Marketing Spesialist mengungkapkan, “Kita harus memastikan jika konten kita termasuk kreatif, sesuai tren, dan edgy”. Mengingat, di dunia digital (terutama media sosial), setiap harinya ada jutaan konten yang diproduksi. Jika ingin menonjol di pasar, kita wajib menyediakan konten yang melebihi ekspektasi para pelanggan atau netizen. Jenis konten yang sering mendapat respons baik adalah pemeringkatan suatu topik, how-to, panduan, tips, berita yang dikupas mendalam, serta topik dan headline yang relevan.

Tampilkan Keunikan

Keunikan menjadi modal sebuah merek untuk berbeda dari kompetitornya. Ada banyak keunikan yang bisa ditampilkan oleh sebuah merek di media sosial, selain elemen branding seperti logo, keseragaman warna atau tipografi, hal lainnya adalah “nada” dalam komunikasi ke konsumen. Selain itu, berusaha untuk tidak terlalu hard selling atau menciptakan konten yang terkesan sedang berjualan, adalah hal yang perlu kita perhatikan. Ada banyak cara untuk mengajak menggunakan produk atau layanan kita tanpa harus memintanya secara frontal. Misalkan, fokus pada kehidupan atau gaya hidup dan ciptakan pengalaman yang unik ketika mereka mengunjungi akun media sosial kitactapi disisipi ajakan untuk menggunakan produk atau layanan kita dengan gaya bahasa yang lebih natural.

Baca Juga: Pentingnya Digital Listening Tools dalam Dunia Bisnis

Respons Secara Real-Time

Merespons suatu percakapan dari pelanggan (baik berupa pujian ataupun komplain) menjadi salah satu kunci merek kita akan menonjol di media sosial. Mengingat, konsumen pada umumnya mengharapkan tanggapan atas komentar atau percakapannya dalam waktu kurang dari 60 menit. Jika tim media sosial kita mendukung hal tersebut secara real-time (menanggapi dalam waktu kurang dari 60 menit), loyalitas pelanggan kemungkinan besar akan tetap bertahan. 

Untuk menanggapi keluhan pelanggan secara tepat, kita bisa menggunakan digital listening tool seperti Ripple10 (yang merupakan produk Ivosights). Digital listening tool dari Ripple10 ini mampu membuat kita mendengarkan keluhan pelanggan secara lebih mudah. Mengingat di dunia digital, banyak percakapan yang terjadi dan sering membingungkan untuk kita deteksi satu per satu.

Tentu, ketika kita mengaplikasikan empat elemen di atas dan terus membangunnya, bukan tidak mungkin merek yang kita kelola akan menonjol di media sosial. Jadi, mari perhatikan dan tinjau kembali strategi media sosial kita, dan jadilah terdepan dalam bidang kita.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami