7 Manfaat Social Media Listening Tools dalam Pembuatan Konten Digital Marketing

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.

"Telusuri pengaruh social media listening tools dalam pembuatan konten digital marketing melalui artikel ini!"

Peran media sosial pada keberlangsungan suatu bisnis kini menjadi vital di era serba digital. Setiap bisnis tentu memiliki media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk, memberikan informasi, hingga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dan menjalin kerja sama dengan pihak eksternal. Oleh karena itu, diperlukan social media listening tools guna mengoptimalkan penggunaan media sosial yang akan memberikan pengaruh positif terhadap sebuah brand

Mengenal Social Media Listening Tools

Social media listening tools adalah suatu platform yang berguna untuk melacak, menganalis, hingga mengawasi percakapan atau data digital dari berbagai macam sumber. Beberapa di antaranya dapat berupa media sosial, portal berita, blog, hingga forum online. Dengan menggunakan social media listening tools, sebuah brand dapat mengetahui lebih jauh mengenai pendapat konsumen mengenai produk mereka.

Baca Juga: Memahami Kebutuhan Pelanggan dengan Social Media Listening Tools 

Manfaat Social Media Listening Tools pada Konten Digital Marketing

Konten pemasaran digital menjadi cara pemasaran paling efektif di era dominasi digital. Konten berupa postingan visual maupun audio visual di media sosial, konten di situs web, atau pemasaran berbasis E-Mail ditujukkan untuk pelanggan agar dapat secara up-to-date mengetahui informasi sebuah brand. Setelah memiliki pengetahuan mengenai produk, pelanggan diharapkan berkeinginan untuk membeli atau menggunakan produk dari brand tersebut.

Menyusun konten digital marketing tentu menjadi pekerjaan yang cukup menantang. Dikarenakan perlunya pemahaman mendalam mengenai media sosial, mengikuti alur trend, juga kreativitas yang perlu terus berjalan. Social media listening tools hadir sebagai salah satu perangkat yang dapat membantu para digital marketers!

Social media listening tools dapat bermanfaat untuk sebuah perusahaan yang berkeinginan untuk mengembangkan konten pemasaran digitalnya. Berikut adalah ulasannya:

  • Membantu Bisnis Mengetahui dan Menganalisis Trend

Seorang digital marketers perlu bekerja dengan serba cepat dalam mengetahui trend terkini guna membuat konten yang dapat dipahami dan berpotensi mendapatkan engagement tinggi. Dengan menggunakan social media listening tools, sebuah perusahaan dapat dengan mudah menemukan apa saja yang seringkali dibicarakan konsumennya. Oleh karena itu, perusahaan dapat menyusun kata kunci yang paling relevan ketika membuat artikel di situs web, maupun menyusun tagar di media sosial.

  • Penerimaan Feedback 

Tak hanya feedback atau umpan balik mengenai produk dan layanannya, social media listening tools dapat mempermudah para digital marketers untuk mengetahui komentar pelanggan mengenai kampanye atau konten yang didistribusikan perusahaan. Dengan keberadaan umpan balik ini, baik yang destruktif maupun konstruktif, perusahaan akan dengan mudah mengevaluasi dan memperbaiki kinerja mereka.

  • Mengidentifikasi Stakeholders atau Public Figure

Sebuah brand kerapkali berkolaborasi dengan pihak eksternal seperti public figure atau berbagai macam stakeholders guna memproduksi konten variatif dan tendensi mendapatkan engagement yang lebih tinggi. Penggunaan social media listening tools dapat membantu perusahaan mengidentifikasi stakeholders atau public figure mana yang cocok untuk mewakili brand mereka. Pada social media listening tools, terdapat fitur bernama buzzer tracking and monitoring yang berguna untuk mengetes dan melihat apakah kolaborasi bersama pihak eskternal itu mencapai target perusahaan atau tidak.

  • Menganalisis Kompetitor dengan Baik

Mengetahui dan mengenal kompetitor merupakan salah satu langkah untuk merumuskan strategi efektif untuk penjualan, serta mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar. Melalui social media listening tools, digital marketers dapat menganalisis kompetitor sembari merancang konten pemasaran digital seperti apa yang pada akhirnya akan mengungguli para kompetitornya.

  • Mempermudah Menganalisis Audiens

Perusahaan dapat dengan mudah mengenal audiens atau pelanggannya melalui social media listening tools. Hal ini mengacu pada preferensi, minat, penyebaran isu, hingga data infografis yang dapat membantu perusahaan untuk memproduksi konten yang dekat dengan realitas dan beresonansi secara efisien.

  • Personalisasi dan Optimalisasi Konten

Melalui social media listening tools, perusahaan dapat menganalisis topik, kata kunci, hingga frasa yang sedang populer. Dengan beragam segmen audiens yang juga dapat diketahui melalui perangkat tersebut, perusahaan dapat mengoptimalkan produksi konten dengan baik. Tak hanya itu, perusahaan dapat mengutamakan sistem personalisasi konten sesuai dengan minat para pelanggan. Hal ini akan memberi kecenderungan pelanggan untuk terlibat langsung dengan konten yang didistribusikan, seperti menyukai, menulis komentar, hingga membagikannya.

  • Mengantisipasi Krisis Perusahaan

Sebuah perusahaan atau brand sesekali mengalami krisis atau kontroversi yang berdampak besar pada penjualan produk atau jasa. Social media listening tools dapat membantu perusahaan mengantisipasi hal ini melalui fitur early alert notification. Dengan krisis yang dapat diatasi lebih dulu, digital marketers dapat selangkah lebih maju untuk memproduksi konten yang dapat menutupi atau mengatasi krisis ini guna memperbaiki citra perusahaan.

Baca Juga: Memahami Kebutuhan Pelanggan dengan Social Media Listening Tools

Ripple10 dari Ivosights Untuk Solusi Digital Marketing Efektif!

Ivosights menghadirkan Ripple10, solusi bagi perusahaan untuk mendapatkan data percakapan digital yang bersumber dari sosial media, portal berita, situs web, blog, hingga forum online. Ripple10 memiliki berbagai macam fitur yang dapat mempermudah perusahaan untuk membuat konten pemasaran digital yang efektif dan sesuai dengan sasaran audiensnya. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami