5 Cara Efektif Bangun CRM yang Baik untuk Perusahaan Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 11 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi – Customer Relationship Management. Shuttterstock.
Ket. foto: Ilustrasi – Customer Relationship Management. Shuttterstock.

"Hampir 33 persen bisnis mengalami kesulitan saat membangun CRM. Ketahui dan pahami konsep CRM, untuk membantu Anda meningkatkan komunikasi dengan pelanggan."

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kesuksesan sebuah CRM (Customer Relationship Management) tidak hanya berdasarkan pemilihan software semata, namun juga diperlukan pendekatan beberapa hal mendasar. Hal inilah yang membuat hampir 33 persen bisnis mengalami kesulitan saat membangun CRM yang baik. Salah satu alasan utamanya adalah, CRM kerap digunakan untuk melakukan pelaporan progress ketimbang meningkatkan proses penjualan. Lalu, bagaimana cara efektif membangun CRM untuk perusahaan?

Sebelum mengetahui bagaimana cara efektif membangun CRM untuk perusahaan, ada baiknya Anda mengetahui dan memahami konsep CRM itu sendiri. Konsep CRM adalah membantu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan untuk mencapai tujuan mereka. Artinya, bagaimana mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan Anda dan menjaga pelanggan dengan komunikasi yang disesuaikan dengan pelanggan Anda. Berikut ini beberapa cara efektif membangun CRM bagi perusahaan Anda:

Baca Juga: Mengenal Konsep Customer Relationship Management

Buat visi dan selaraskan sistem CRM dengan strategi perusahaan

Visi merupakan indikator penting dalam membangun strategi CRM. Mengapa? Dengan menentukan tujuan dari strategi CRM, Anda dapat melihat kemajuan tim. Pastikan tujuan tersebut menjadi pegangan dalam meningkatkan customer experience dan penjualan Anda. Strategi perusahaan dan CRM harus dapat saling melengkapi satu sama lain.

Gunakan CRM untuk meningkatkan pendapatan

CRM merupakan alat untuk perusahaan meningkatkan penjualan, mengakses data yang dibutuhkan selama siklus penjualan berlangsung, dan mengatur proses bisnis keseluruhan.

Periksa data eksisting dengan teliti

Data eksisting memiliki peran penting dalam membangun strategi CRM. Mengapa? Hal ini penting untuk memetakan data pelanggan dengan menganalisis buyer persona. Dengan pemetaan ini, Anda dapat mengidentifikasi perbedaan dan ekspektasi pelanggan yang unik.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Membangun Hubungan Customer Relations

Strategi content marketing

Perencanaan content marketing merupakan salah satu cara membangun CRM yang baik. Konten yang dibuat harus menyampaikan pesan yang relevan dengan target audience Anda, terutama yang berpotensi melakukan pembelian. Anda pun harus menentukan channel apa saja yang akan digunakan.

Software yang tepat

Menemukan software yang tepat memang bukanlah satu-satunya indikator keberhasilan CRM, tapi dengan software CRM tersebut Anda dapat mengintegrasikan keseluruhan operasional bisnis Anda.

Nah, itulah 5 cara efektif membangun CRM yang baik untuk perusahaan Anda, namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari CRM, Anda dapat menggunakan platform Sociomile. Segera konsultasikan keluhan Anda di www.ivosights.com.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami