7 Kriteria Penting untuk Menjadi Live Agent WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 07 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Dalam artikel ini, akan dibahas sejumlah tujuh kriteria penting yang sebaiknya dimiliki oleh seorang live agent WhatsApp Business API"

WhatsApp Business API telah menjadi platform yang memungkinkan pihak bisnis untuk terhubung langsung dengan pelanggan secara digital.  WhatsApp Business API juga mampu menyediakan layanan chatbot serta live agent yang dapat memudahkan penyelesaian pertanyaan maupun kendala yang diajukan oleh pelanggan lewat platform tersebut. Live agent berfungsi untuk membantu menyelesaikan masalah yang tidak bisa ditangani oleh layanan chatbot. Supaya kinerja mereka semakin optimal, perhatikan tujuh kriteria berikut yang sebaiknya ada pada live agent WhatsApp Business API.

Apa Itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API merupakan sebuah platform bisnis yang memudahkan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan secara digital. Dengan sarana berupa platform ini, perusahaan Anda dapat mengirimkan pesan otomatis, mengelola percakapan dengan pelanggan, dan menjalankan kampanye pemasaran yang efektif.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp Business yang Harus Dimanfaatkan untuk Bisnis Online

Sejumlah Tugas dan Kewajiban Seorang Live Agent WhatsApp Business API

Inilah sejumlah tugas dan kewajiban yang dimiliki oleh seorang live agent WhatsApp Business API:

  • Menangani Pertanyaan Pelanggan

Tugas utama seorang live agent WhatsApp Business API adalah menangani pertanyaan dan permintaan pelanggan yang kompleks dan tidak bisa dijawab oleh chatbot. Hal ini membuat mereka harus siap memberikan informasi relevan tentang produk atau layanan perusahaan, membantu proses pembelian pelanggan, dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

  • Menjaga Tingkat Layanan Pelanggan yang Tinggi

Live agent WhatsApp Business API bertanggung jawab untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat dan efisien, menjaga kesopanan dalam berkomunikasi, dan memastikan bahwa setiap pelanggan merasa dihargai. Kualitas layanan pelanggan yang diberikan oleh live agent juga sangat memengaruhi reputasi perusahaan Anda.

  • Mengelola Chat dan Pesan

Seorang live agent WhatsApp Business API harus mampu mengelola sejumlah percakapan dengan pelanggan dalam satu waktu. Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk menghindari kebingungan dan memastikan bahwa tidak ada pesan pelanggan yang terlewat. Gunakan juga alat manajemen pesan yang efisien juga diperlukan.

  • Menjaga Kerahasiaan Data Pelanggan

Ketika berinteraksi dengan pelanggan, live agent WhatsApp Business API akan diberikan izin untuk mengakses informasi pelanggan. Live agent ini juga harus menjaga kerahasiaan data pelanggan dan memastikan bahwa informasi pelanggan tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

  • Memberikan Umpan Balik dan Insight

Sebagai orang yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, live agent WhatsApp Business API memberikan umpan balik dan informasi berharga untuk perusahaan, misalnya terkait masalah umum yang dihadapi pelanggan dan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanan dan produk perusahaan.

Beberapa Peran Live Agent WhatsApp Business API

Berikut adalah beberapa peran utama dari live agent WhatsApp Business API:

  • Penjualan dan Pemasaran

Dalam beberapa kasus, agen live agent WhatsApp Business API berperan untuk menjual produk atau layanan perusahaan. Mereka harus mampu melakukan pemasaran produk kepada pelanggan dan mengarahkan mereka ke proses pembelian. Perhatikan juga etika dan efektifitasnya dalam melakukan proses ini.

  • Membangun Hubungan Pelanggan

Penting bagi agen live agent WhatsApp Business API untuk membangun hubungan kuat dengan pelanggan. Mereka harus bersikap ramah, profesional, dan responsif dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.

  • Mengumpulkan Umpan Balik Pelanggan

Sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan layanan, live agent WhatsApp Business API bertugas untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan. Mereka juga dapat menanyakan pendapat pelanggan tentang pengalaman mereka dengan perusahaan dan mengidentifikasi area-area yang perlu perbaikan.

  • Menginformasikan Promosi dan Penawaran Khusus

Live agent bisa memberitahu pelanggan tentang promosi, penawaran khusus, atau diskon yang sedang berlangsung. Mereka dapat membantu menyampaikan pesan-pesan kepada pelanggan secara langsung dan merespons pertanyaan terkait.

  • Mengatur Janji Temu atau Reservasi

Di sektor bisnis seperti restoran atau layanan medis, live agent dalam WhatsApp Business API dapat membantu mengatur janji temu atau reservasi pelanggan. Hal ini juga dapat menghemat waktu pelanggan dan membantu bisnis dalam merencanakan dengan lebih baik

Baca Juga: Kenali 5 Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Kriteria Penting untuk Menjadi Live Agent WhatsApp Business API

Untuk menjadi live agent WhatsApp Business API, diperlukan untuk memerhatikan sebanyak tujuh kriteria penting berikut ini:

  • Pemahaman Mendalam tentang Produk atau Layanan

Seorang live agent WhatsApp Business API harus memiliki pemahaman mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Tak hanya itu, live agent juga harus mampu menjelaskan fitur-fitur, manfaat, dan keunggulan produk maupun layanan kepada pelanggan.

  • Kemampuan Komunikasi

Untuk menjadi seorang live agent WhatsApp Business API yang sukses, diperlukan juga kemampuan komunikasi. Live agent juga harus dapat merespons pesan pelanggan dengan cepat dan menggunakan bahasa yang sopan dan efektif.

  • Keterampilan Problem Solving

Seorang live agent WhatsApp Business API harus memiliki keterampilan problem-solving yang kuat untuk menangani berbagai keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Mereka harus mampu mengevaluasi situasi dengan cepat dan menawarkan solusi yang memuaskan bagi pelanggan.

  • Kepatuhan Terhadap Kebijakan dan Etika Bisnis

Seorang live agent WhatsApp Business API harus patuh terhadap kebijakan perusahaan dan etika bisnis. Hal ini sesuai dengan kewajiban mereka untuk menjaga integritas perusahaan dan memastikan bahwa komunikasi dengan pelanggan sesuai dengan nilai dan norma perusahaan.

  • Kemampuan Multitasking

Dalam lingkungan pelayanan pelanggan yang sibuk, seorang live agent WhatsApp Business API umumnya harus menangani beberapa percakapan sekaligus. Dengan begitu, mereka harus memiliki kemampuan multitasking untuk menjaga agar semua percakapan tetap efisien dan terorganisir.

  • Pengetahuan Teknologi

Untuk menggunakan WhatsApp Business API yang merupakan sebuah alat teknologi, seorang live agent harus memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi dan platform tersebut. Mereka harus dapat mengoperasikan alat-alat yang diperlukan dan memahami fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business API.

  • Keterampilan Manajemen Waktu

Kemampuan yang terakhir adalah keterampilan manajemen waktu. Seorang live agent harus mampu mengatur waktu mereka dengan baik untuk memastikan bahwa semua pesan pelanggan dapat direspons dengan cepat tanpa mengabaikan kualitas komunikasinya.

Manfaat Memilih Live Agent WhatsApp Business API sesuai Kriteria

Berikut ini adalah lima manfaat memilih live agent WhatsApp Business API sesuai kriteria di atas:

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Pertama, merekrut live agent WhatsApp Business API yang berkualitas dapat memberikan layanan yang memuaskan pelanggan serta meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan Anda.

  • Pemecahan Masalah yang Cepat

Live agent yang mampu memecahkan masalah dengan cepat membuat pelanggan dapat mendapatkan solusi terhadap masalahnya dengan lebih cepat.

  • Penghematan Waktu dan Sumber Daya

Lalu, live agent yang mampu memanajemen waktu dapat menghemat waktu dan sumber daya perusahaan untuk menangani pertanyaan pelanggan.

  • Pertumbuhan Bisnis

Live agent WhatsApp Business API yang kompeten dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan perusahaan Anda secara keseluruhan.

  • Data Pelanggan yang Lebih Baik

Terakhir, live gent yang sesuai dengan kriteria di atas dapat mengumpulkan data berharga tentang preferensi pelanggan untuk dianalisis secara lebih lanjut.

Baca juga: Kriteria Wajib untuk Memilih Provider Terpercaya WhatsApp Business API

Percayakan Ivosights, Business Solution Provider WhatsApp Business API Terlisensi Resmi oleh META!

Itulah beberapa kriteria penting yang harus dimiliki oleh live agent WhatsApp Business API. Dengan memenuhi kriteria berikut, seorang live agent dapat mengoptimalkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan terbaik. Selain mempertahankan live agent dalam platform, Anda perlu memerhatikan platform WhatsApp Business API itu sendiri.

Anda dapat mengandalkan Ivosights sebagai Business Solution Provider yang terpercaya yang telah berpengalaman sejak tahun 2021. Kami mampu menyediakan akses ke platform WhatsApp Business API yang memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa. Salah satu keunggulannya adalah mendukung peningkatan customer experience pelanggan Anda melalui personalisasi layanan dan pesan yang dikirimkan.

Jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights untuk mempelajari lebih lanjut tentang potensi platform WhatsApp Business API dalam meningkatkan customer experience bagi pelanggan perusahaan Anda. Kami siap membantu Anda mengimplementasikan solusi modern ini untuk memberikan layanan yang lebih baik dan memperkuat hubungan dengan pelanggan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami