Kenali 5 Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Whatsapp Bussiness API | Kamis, 04 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

WhatsApp telah mendapatkan banyak popularitas selama bertahun-tahun sejak diluncurkan pada 2009. Dengan miliaran pengguna aktif di seluruh dunia, ini adalah salah satu aplikasi paling terkenal di dunia. WhatsAppBiasa adalah tools yang berguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga Anda. Dan jika Anda memiliki bisnis, Whatsapp Bisnis Berfungsi sebagai platform yang bagus untuk memelihara hubungan bisnis antara Anda dan pelanggan Anda.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Biasa

Popularitas dan kenyamanan WhatsApp telah menyebabkan lebih banyak bisnis menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Karena platform ini awalnya dibuat untuk penggunaan pribadi, menjadi lebih baik lagi bahwa solusi bisnis ini sangat diperlukan. Maka terciptanya Whatsapp Bisnis Jika Anda memiliki bisnis, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp untuk bisnis Anda.

Akun Whatsapp Bisnistidak sama dengan akun Whatsapp biasa. Meskipun mereka dapat berada di telepon yang sama, mereka harus terikat dengan nomor telepon yang berbeda. Untuk akun bisnis, Anda dapat menggunakan nomor telepon rumah dan juga nomor seluler. Sebaiknya gunakan telepon SIM ganda untuk mengelola keduanya dari satu perangkat sekaligus memisahkan daftar kontak untuk tujuan kepatuhan.

Kemudian, Anda dapat menambahkan gambar, jam kerja, situs web, dan alamat ke profil Anda untuk mempresentasikan bisnis Anda. Fitur lainnya adalah kemampuan untuk membuat katalog produk dalam aplikasi  Whatsapp Bisnisuntuk memasarkan produk Anda. Ini dapat mencakup gambar, harga, dan bahkan link ke situs Anda. Katalog juga dapat dibagikan sebagai satu link khusus.

Kelebihan WhatsApp Bisnis

Seteleh menelaah lebih jauh mengenai Whatsapp bisnis ada baiknya kita harus mengetahui kelebihan dari whatsapp bisnis itu sendiri. Berikut ini adalah ulasannya!

#1 Profil

Whatsapp Bisnis memungkinkan Anda membuat profil yang disesuaikan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Dibandingkan dengan WhatsApp biasa, di mana Anda hanya dapat memiliki foto profil, nama, dan deskripsi, Whatsapp Bisnis menyertakan fitur tambahan. Berikut adalah fitur profil Whatsapp Bisnis yang tidak akan Anda temukan di aplikasi utama:

  • Kategori bisnis.
  • Jam kerja.
  • Alamat bisnis.
  • Tautan ke situs web Anda.
  • Katalog Anda.

#2 Label

Menjadi terorganisir dengan baik adalah faktor kunci untuk setiap bisnis yang ingin sukses dalam jangka panjang. Fitur label dalam   Whatsapp Bisnis membantu Anda menjaga akun tetap rapi. Anda dapat menetapkan label yang berbeda untuk setiap obrolan, bersama dengan menetapkan berbagai warna. Ini akan membantu Anda melacak pesanan Anda, menghasilkan prospek, dan menjaga akun  Whatsapp Bisnis Anda tetap terkendali.

#3 Balas Pesan Pelanggan Lebih Cepat

Aplikasi Whatsapp Bisnis memungkinkan Anda mengatur pesan ucapan otomatis. Setiap kali seseorang mengirimi Anda SMS ke akun  Whatsapp Bisnis Anda untuk pertama kalinya, atau setelah 14 hari tidak ada keterlibatan, mereka akan menerima teks ucapan yang dapat Anda sesuaikan. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin menerima pertanyaan dari pelanggan baru. Anda juga harus menanggapi dan mengirim pesan ke nomor WhatsApp yang belum disimpan.

Pelanggan baru Anda mungkin mengajukan pertanyaan yang telah Anda jawab berkali-kali sebelumnya. Untuk menghindari perasaan seperti Anda mengulangi diri sendiri, Whatsapp Bisnis menawarkan fitur yang disebut Balasan cepat. Untuk memulai, Anda dapat membuka Pengaturan > Balasan cepat. Setelah Anda mengatur ini, Anda akan dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

#4 Away Message

Jika Anda sedang sibuk, Anda juga dapat mengatur pesan untuk memberi tahu pelanggan Anda bahwa Anda akan menghubungi mereka kembali setelah Anda kembali. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka fitur Pesan ini di Whatsapp Bisnisdan nyalakan. Kemudian, atur pesan otomatis yang akan diterima pelanggan Anda selama Anda tidak tersedia.

#5 Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Whatsapp Bisnismenyertakan tiga fitur yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Fitur-fitur ini memungkinkan calon pelanggan menghubungi Anda dengan nyaman setelah melihat iklan atau mencari tahu tentang bisnis Anda di media sosial.

Fitur-fitur ini adalah:

  • Beriklan di Facebook dengan membuat iklan yang mengarah ke WhatsApp.
  • Menambahkan WhatsApp ke halaman atau profil bisnis Anda di Facebook atau Instagram.
  • Berbagi tautan pesan Whatsapp Bisnis Anda.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbedaan whatsapp bisnis dengan whatsapp biasa pastinya Anda akan lebih menemukan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk mengoptomasi bisnis agar lebih maksimal. WABA dari Ivosights adalah solusi untuk Anda yang ingin mengoptimalkan bisnis Anda melalui Whatsapp Bisnis. Untuk info lebih lanjut, silakan klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.