Penggunaan transportasi umum sering digunakan untuk mendukung perjalanan penduduk di bidang perkotaan. Dengan begitu, perjalanan untuk mencapai tempat tertentu cenderung lebih mudah dan menghemat biaya penggunanya. Di samping sejumlah manfaatnya, layanan transportasi umum juga memiliki sejumlah kendala dalam operasionalnya. Hal ini sangat dirasakan langsung oleh penumpang yang menggunakan transportasi itu secara langsung. Untuk memudahkan pengumpulan, pengelolaan, hingga penyelesaian kendala yang dikeluhkan penumpang terkait layanan transportasi umum, dibutuhkan sebuah ticketing system. Apa saja manfaat dari ticketing system ini untuk layanan transportasi? Simak jawabannya pada artikel berikut ini.

Pengertian tentang Ticketing System

Dalam konteks pengelolaan kendala dalam penggunaan layanan transportasi umum, ticketing system adalah sebuah sistem yang digunakan oleh penyedia layanan transportasi untuk mengelola aduan, pertanyaan, atau masalah yang dilaporkan oleh penumpang. 

Sistem ini memudahkan penumpang untuk melaporkan masalah yang dialami terkait transportasi umum, seperti jadwal yang berubah atau mendapatkan pengalaman yang tidak memuaskan.

Baca Juga: 7 Manfaat Penggunaan Chatbot untuk Layanan Transportasi Umum

Apa Saja Kendala yang Sering Dihadapi Pengguna Transportasi Umum?

Inilah beberapa kendala yang dihadapi oleh pengguna transportasi umum:

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh pengguna transportasi umum adalah keterlambatan dan ketidaktepatan jadwal. Umumnya, layanan transportasi umum seringkali tidak berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan penggunanya untuk tiba di tujuan.

Selama jam sibuk, biasanya transportasi umum dalam kondisi yang penuh dan sesak. Kondisi yang seperti ini dapat menciptakan pengalaman yang tidak nyaman bagi penumpang. Selain itu, terdapat juga masalah lainnya berupa kurangnya tempat duduk sehingga sebagian besar dari mereka terpaksa berdiri hingga sampai ke tujuan akhir.

Beberapa transportasi umum bisa saja kurang terjamin kebersihannya sehingga dapat menjadi masalah yang utama bagi banyak penumpang. Tingkat kebersihan yang buruk dapat menciptakan pengalaman yang tidak menyenangkan dan berdampak buruk untuk kesehatan mereka.

Pengguna layanan transportasi umum bisa saja kesulitan untuk menitipkan kendaraan pribadi mereka di stasiun atau terminal terdekat jika tidak adanya tempat parkir yang disediakan.

Kemudian, tidak semua sarana transportasi umum memiliki aksesibilitas yang memadai bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas. Hal ini dapat menyulitkan orang-orang disabilitas untuk melakukan perjalanan panjang.

Biaya tiket transportasi umum dapat menjadi kendala, terutama jika harus menggunakannya setiap hari. Mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk tiket transportasi umum dapat membebani anggaran pribadi para penumpang.

Manfaat Ticketing System untuk Atasi Kendala Penggunaan Transportasi Umum

Berikut ini adalah sejumlah manfaat utama penggunaan ticketing system dalam mengatasi kendala penggunaan transportasi umum:

Salah satu manfaat utama dari ticketing system adalah pencatatan keluhan penumpang secara sistematis. Ketika seorang penumpang melaporkan masalah atau keluhan yang dialaminya melalui ticketing system ini, keluhan tersebut akan tersimpan dengan rapi berbentuk tiket. Tiket yang dimaksud ini mencakup beberapa informasi penting seperti jenis keluhan, tanggal pelaporan, dan detail pelapor. Pencatatan tiket secara sistematis oleh sistem ini akan membantu pihak penyedia layanan untuk melacak dan mengelola keluhan dengan lebih efisien.

Baca Juga: Fungsi Social Media Ticketing System dalam Contact Center

Ticketing system membantu merespons keluhan setiap pengguna layanan transportasi umum dengan lebih cepat. Ketika keluhan dilaporkan, sistem ini dapat mengalihkan keluhan tersebut secara otomatis kepada pihak yang relevan untuk menanganinya. Dengan begini, waktu pemberian respon oleh pihak penyedia layanan akan lebih dipersingkat sehingga pelanggan merasa bahwa keluhan mereka diperlakukan dengan baik.

Penggunaan ticketing system juga dapat memantau kinerja layanan secara lebih baik. Data-data yang terkumpul berisikan keluhan pelanggan dapat dimanfaatkan untuk menganalisis tren dan pola yang mungkin muncul.

Hal ini membantu pihak penyedia layanan untuk mengidentifikasi area-area di mana perbaikan diperlukan. Dengan pemantauan kinerja yang lebih baik, kualitas layanan yang diberikan akan meningkat.

Dalam situasi darurat di mana terdapat keluhan yang mempengaruhi banyak pengguna, ticketing system akan memungkinkan penyedia layanan untuk mengatur prioritas penanganan pelanggan secara lebih baik. Dengan ini, mereka dapat menilai tingkat urgensi dari setiap keluhan dan menangani tiket yang paling mendesak terlebih dahulu.

Selain pemantauan kinerja jangka pendek, ticketing system akan membantu  mengumpulkan data untuk perencanaan strategis dan pengembangan layanan transportasi umum dalam jangka panjang. Berkat ticketing system, akan tercipta kesempatan untuk meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pelayanan, dan mengurangi masalah yang sering terjadi dalam operasional layanan transportasi umum.

Terakhir, salah satu manfaat utama dari penggunaan ticketing system adalah peningkatan kepuasan pelanggan. Melakukan penanganan keluhan secara cepat dan efisien membantu memastikan bahwa pelanggan merasa didengarkan dan dihargai. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggan dan memastikan bahwa mereka terus menggunakan layanan transportasi umum tersebut.

Langkah-Langkah Mengimplementasikan Ticketing System dengan Transportasi Umum

Setelah mengetahui apa saja manfaat ticketing system, Anda perlu mengetahui bagaimana langkah-langkah yang perlu diterapkan untuk mengimplementasikan ticketing system dengan layanan transportasi umum:

Langkah pertama yang harus diambil untuk mengimplementasikan ticketing system  adalah mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan khusus layanan transportasi umum Anda. Pertimbangkan berbagai faktor, seperti jumlah penumpang harian, beragamnya layanan yang ditawarkan, hingga infrastruktur teknologi yang sudah ada. Melakukan identifikasi ini akan membantu pihak penyedia layanan transportasi untuk memilih solusi ticketing system yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Tips Membuat Ticketing System Jadi Lebih Efektif

Setelah mengidentifikasi kebutuhan pihak penyedia layanan, pilihlah vendor atau platform ticketing system yang sesuai. Ada berbagai macam sistem yang tersedia, mulai dari sistem berbasis cloud hingga ticketing system custom yang dibuat secara khusus. Pilihlah vendor yang berpengalaman berkolaborasi dengan layanan transportasi umum dan yang dapat mengakomodasi kebutuhan layanan transportasi umum.

Untuk mengimplementasikan ticketing system dalam layanan transportasi umum, persiapkan infrastruktur teknologi yang diperlukan. 

Jika Anda sudah memiliki infrastruktur teknologi yang ada, pastikan ticketing system yang dipilih dapat diintegrasikan dengan lancar. Dengan begitu, pertukaran data bisa dilakukan secara efisien dan sistem ini dapat digunakan sepenuhnya tanpa hambatan.

Sediakan dukungan pelanggan yang memadai untuk menjawab keluhan pelanggan yang disampaikan. Dukungan pelanggan ini dapat berbentuk layanan pelanggan 24 jam, nomor telepon bantuan, atau pusat bantuan online. Pastikan masalah yang dialami pengguna berhasil diselesaikan dengan cepat melalui ticketing system.

Terakhir, lakukan evaluasi rutin terhadap kinerja ticketing system yang digunakan oleh pihak penyedia layanan. Kumpulkan data-data penting terkait penggunaan sistem, umpan balik pelanggan, dan apa saja masalah yang sering muncul. Gunakan semua informasi ini untuk memperbaiki dan mengembangkan sistem supaya mampu mengatasi kendala pelanggan dengan lebih efisien.

Dapatkan Ticketing System yang Terintegrasi dengan Sistem Contact Center dari Ivosights!

Itulah beberapa kegunaan ticketing system untuk mengelola kendala dalam penggunaan transportasi umum. Dengan memberikan respons pada setiap masalah pelanggan, tingkat kepuasan mereka terhadap pihak penyedia layanan transportasi umum akan meningkat. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan kualitas layanan pelanggan supaya mereka tetap menggunakan layanan transportasi umum yang disediakan.

Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa menggunakan ticketing system yang terintegrasi dalam sistem contact center Sociomile milik Ivosights. Ticketing system ini didukung oleh banyak fitur-fitur berguna, seperti membalas tiket langsung dari platform, memfilter tiket, menandai tiket, dan menyiapkan template pesan untuk membalas tiket. Tak hanya itu, pihak penyedia layanan transportasi umum juga dapat melihat riwayat lengkap setiap tiket hingga melacak waktu yang dihabiskan untuk penanganan tiket. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut apa saja keunggulan dari ticketing system ini, hubungi langsung tim Ivosights segera mungkin!