Tips Membuat Ticketing System Jadi Lebih Efektif

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 03 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Ticketing System. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Ticketing System. Shutterstock

"Efektifkan ticketing system dengan melakukan langkah-langkah berikut ini."

Jika digunakan dengan baik, ticketing system dapat membantu perusahaan untuk mengelola dan menangani semua permintaan dukungan pelanggan. Namun, tidak semua ticketing system dapat berjalan dengan efektif dalam membantu kinerja layanan pelanggan. Untuk itu, diperlukan beberapa tips dan strategi agar ticketing system dapat bekerja dengan lebih efektif. 

Manfaat Memiliki Ticketing System yang Efektif

Ticketing system yang efektif akan memberi sejumlah manfaat yang signifikan bagi tim layanan pelanggan secara keseluruhan. Beberapa manfaatnya antara lain sebagai berikut:

  • Peningkatan efisiensi

Jika digunakan dengan seefektif mungkin, ticketing system dapat membantu tim layanan pelanggan untuk mengelola permintaan dukungan dengan lebih cepat dan efisien. Setiap tiket akan tercatat dan diberikan tingkat prioritas yang sesuai sehingga meminimalkan waktu respon dan meningkatkan produktivitas tim.

  • Peningkatan kepuasan pelanggan

Dengan ticketing system yang efektif, pelanggan akan mendapatkan pelayanan kualitas terbaik dengan tingkat responsif tinggi. Permintaan dukungan mereka akan ditangani dengan cepat sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

  • Pemantauan dan analisis yang akurat

Selain itu, tim juga dapat melacak dan menganalisis permintaan dukungan secara lebih baik. Dengan ticketing system, tim dapat mengidentifikasi tren masalah yang sering muncul, mengevaluasi kinerja tim, dan meningkatkan proses bisnis secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Alasan Perusahaan Membutuhkan Ticketing System

Tantangan dalam Membuat Ticketing System Lebih Efektif

Meskipun memberikan banyak manfaat untuk penggunanya, Anda juga perlu menghadapi beberapa tantangan dalam mengefektifkan penggunaan ticketing system menjadi lebih efektif, yaitu:

  • Komunikasi yang kurang jelas

Jika sistem tidak dirancang dengan baik, komunikasi antara tim dukungan dan pelanggan menjadi kurang jelas. Informasi yang kurang lengkap dan jelas akan menyebabkan kesalahpahaman dan dalam penanganan permintaan pelanggan akan tertunda.

  • Ketidakmampuan mengelola eskalasi

Terkadang, permintaan dukungan kompleks atau bersifat mendesak membutuhkan eskalasi ke tingkat yang lebih tinggi. Tantangan selanjutnya terletak pada kemampuan ticketing system dalam mengelola eskalasi ini secara efektif agar kendala tersebut ditangani dengan cepat dan tepat.

  • Kurangnya integrasi dengan sistem lain

Jika ticketing system tidak terintegrasi dengan sistem lain yang digunakan dalam perusahaan, maka besar kemungkinan bahwa ada informasi relevan yang terlewatkan. Hal ini dapat menghambat kinerja tim.

Beberapa Strategi untuk Mengefektifkan Ticketing System

Untuk mengatasi tantangan yang ada dan meningkatkan efektivitas ticketing system, berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:

  • Desain tata letak dan aliran kerja yang intuitif

Pastikan ticketing system mudah digunakan dan memiliki tata letak yang intuitif. Tim dukungan harus dapat dengan mudah menavigasi sistem dan mengelola tiket dengan cepat dan efisien.

  • Pengaturan prioritas yang jelas

Tetapkan pengaturan prioritas yang jelas agar tim dapat mengetahui tiket mana yang harus ditangani terlebih dahulu. Prioritaskan tiket berdasarkan urgensi dan dampaknya terhadap pelanggan atau operasional perusahaan.

  • Otomatisasi tugas-tugas rutin

Manfaatkan fitur otomatisasi dalam ticketing system untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin, seperti mengirimkan notifikasi atau memperbarui status tiket. Hal ini akan memberikan waktu tambahan pada tim untuk fokus pada tugas-tugas yang memerlukan keahlian manusia.

  • Integrasi dengan sistem lain

Pastikan ticketing system terintegrasi dengan sistem lain yang digunakan dalam organisasi supaya memungkinkan adanya pertukaran informasi secara lancar dan lengkap antara tim dan departemen lainnya.

  • Melakukan pelatihan dan pemantauan

Terakhir, sediakan pelatihan relevan kepada tim dukungan dalam menggunakan ticketing system. Selain itu, lakukan pemantauan secara teratur untuk mengevaluasi kinerja tim dan mengidentifikasi area perbaikan yang diperlukan.

Baca juga: Hindari Hal-Hal Berikut Agar Ticketing System Berjalan Lancar

Efektifkan Ticketing System Perusahaan Anda dengan Bantuan Ivosights!

Ticketing system yang efektif dapat meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Selain itu, pengelolaan permintaan dukungan juga semakin mudah dilakukan. Meskipun ada tantangan yang perlu dihadapi, ticketing system dapat menjadi alat pembantu terbaik tim layanan pelanggan apabila menerapkan strategi yang tepat.

Untuk mendukung pengembangan layanan pelanggan perusahaan Anda, Ivosights menyediakan platform Sociomile sebagai solusinya. Platform ini mensupport integrasi omni-channel dan juga help desk management sebagai layanan dukungan penggunanya. Tak lupa, Sociomile juga menyertakan ticketing system yang memudahkan pelanggan menyampaikan kendala yang dialaminya. Yuk, dapatkan Sociomile dengan menghubungi Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami