7 Manfaat Penggunaan Chatbot untuk Layanan Transportasi Umum

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Layanan transportasi umum akan mendapatkan tujuh manfaat berikut ini apabila memutuskan untuk menggunakan layanan chatbot"

Dalam era digital saat ini, teknologi semakin mendominasi hampir semua sektor kehidupan, termasuk di dalamnya layanan transportasi umum. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah penggunaan chatbot. Dengan adanya chatbot, pengguna transportasi umum bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Dengan ini, mereka bisa dengan mudah melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh dengan bantuan virtual assistant yang satu ini. Kira-kira, apa saja manfaat yang didapatkan dari layanan chatbot satu ini? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Chatbot?

Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia melalui chat atau pesan teks. Mekanisme chatbot didasarkan pada artificial intelligence dan machine learning untuk dapat memberikan respons otomatis yang relevan dan cepat kepada pengguna.

Baca juga: Chatbot: Bagaimana Cara Membuatnya?

Peran Chatbot dalam Layanan Transportasi Umum

Chatbot memiliki peran penting dalam layanan transportasi umum, di antaranya sebagai berikut:

  • Pemesanan Tiket

Pengguna dapat memesan tiket transportasi umum dengan mudah melalui chatbot tanpa harus menggunakan aplikasi khusus atau platform lainnya.

  • Informasi Rute dan Jadwal

Layanan penyedia transportasi umum dapat mengatur chatbot untuk dapat menyediakan informasi tentang rute perjalanan dan jadwal keberangkatan transportasi umum sehingga membantu pengguna merencanakan perjalanan dengan lebih efisien.

  • Pemberitahuan dan Notifikasi

Chatbot dapat memberikan pemberitahuan dan notifikasi kepada pengguna apabila adanya perubahan jadwal, penundaan, atau informasi terkini lainnya.

  • Pertanyaan Umum

Dengan chatbot, layanan penyedia transportasi tidak perlu menjawab beberapa frequently asked questions mengenai layanan transportasi umum, seperti fasilitas yang disediakan, tarif, dan aturan perjalanan.

  • Resolusi Masalah Sederhana

Chatbot dapat membantu pengguna menyelesaikan masalah sederhana, seperti pemulihan kata sandi atau masalah pembayaran dalam menggunakan layanan transportasi umum.

Keuntungan Pengguna dalam Menggunakan Chatbot Transportasi Umum

Ada berbagai keuntungan yang diberikan kepada pengguna yang menggunakan chatbot dalam layanan transportasi umum:

  • Penyediaan Layanan 24/7

Salah satu keuntungan utama menggunakan chatbot dalam layanan transportasi umum adalah kemampuannya untuk memberikan layanan 24/7. Dengan fitur ini, para pengguna layanan transportasi umum dibebaskan untuk mengakses chatbot bahkan di luar jam operasional. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi penting, seperti jadwal, rute, dan harga tiket tanpa harus menunggu lama.

  • Respon Cepat dan Akurat

Chatbot dapat memberikan respon cepat dan akurat terhadap pertanyaan pengguna. Dengan menggunakan kecerdasan artifisial, chatbot dapat memahami pertanyaan dan memberikan jawaban yang sesuai dengan konteks.

  • Kemudahan Pembelian Tiket

Pengguna juga dapat membeli tiket secara online dengan mudah. Adanya chatbot dapat membantu pengguna memilih opsi tiket yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memandu proses pembelian dengan cepat.

  • Informasi Real-time

Dalam layanan transportasi umum, terkadang terjadi perubahan jadwal atau kondisi lalu lintas yang tidak terduga. Chatbot dapat memberikan informasi real-time tentang perubahan tersebut kepada pengguna secara cepat.

  • Personalisasi Pengalaman Pengguna

Chatbot dapat menyimpan riwayat percakapan dengan pengguna sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih personal. Dengan mengetahui preferensi dan kebiasaan pengguna, chatbot dapat memberikan rekomendasi yang lebih relevan.

  • Penghematan Biaya Operasional

Dengan menggunakan chatbot, penyedia layanan transportasi umum dapat menghemat biaya operasional. Hal ini disebabkan karena chatbot dapat menggantikan sebagian tugas customer service yang sebelumnya dilakukan oleh agen manusia.

  • Integrasi dengan Platform Lain

Terakhir, chatbot dapat diintegrasikan dengan platform lain, seperti media sosial atau aplikasi instant messaging. Pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan chatbot melalui platform yang sudah mereka gunakan sehari-hari.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kinerja Chatbot Perusahaan Anda

Penggunaan chatbot dalam layanan transportasi umum memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Dengan fitur-fitur unggulannya, chatbot dapat memberikan respons cepat, informasi terkini, dan kemudahan akses yang membuat pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Sebagai layanan penyedia transportasi umum, Anda bisa menggunakan chatbot milik Ivosights yang bernama Sociobot. Sociobot merupakan sebuah chatbot berbasis artificial intelligence yang berfungsi sebagai virtual assistant yang dapat memahami dan memproses permintaan pengguna, serta memberikan jawaban relevan dengan cepat. Chatbot ini terintegrasi dengan sistem contact center Sociomile dan dapat diintegrasikan di beberapa platform, beberapa di antaranya yaitu di media sosial Whatsapp, Telegram, dan website perusahaan Anda.

Chatbot ini dibekali dengan teknologi Natural Language Processing dan Pattern Matching sehingga dapat memahami dan memberikan jawaban yang relevan dengan bahasa manusia yang senatural mungkin. Sociobot dapat diprogram dengan fitur Decision Tree-Based sehingga bisa memberikan beberapa opsi widget yang berisikan beberapa teks jawaban. Apalagi, Anda juga dapat mengatur alur chatbot dengan fitur chatbot flow builder. Tunggu apalagi? Segera dapatkan chatbot ini dengan menghubungi tim kami untuk mendukung layanan transportasi umum Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami