Penggunaan Youtube Advertiser Survey sebagai Alternatif Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Sebagai alternatif telesurvey, perusahaan juga bisa menggunakan fitur youtube berupa youtube advertiser survey"

Dalam era digital dan perkembangan teknologi informasi terkini, telesurvey menjadi salah satu metode yang populer untuk mengumpulkan data dari responden. Metode ini juga sering digunakan dalam beberapa perusahaan besar dengan tujuan umumnya untuk mengetahui bagaimana pandangan, minat, hingga kepuasan para pelanggan terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan. Sebagai alternatif dari telesurvey yang umumnya digunakan menggunakan panggilan telepon, survei perusahaan bisa dilakukan dengan beberapa macam platform dan salah satunya adalah YouTube. Selain digunakan sebagai tempat untuk menonton konten berbentuk tayangan video, youtube juga seringkali menayangkan iklan berbentuk survey yang dapat diisi oleh para penontonnya. Penayangan survey ini disebut dengan fitur youtube advertiser survey. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai youtube advertiser survey, alangkah baiknya Anda simak dahulu artikel di bawah ini.

Pengertian Telesurvey

Telesurvey merupakan sebuah metode pengumpulan data menggunakan survei dengan bantuan teknologi telekomunikasi, seperti telepon. Perusahaan biasanya menggunakan teknik ini untuk mengumpulkan data-data dari para pelanggannya. Dalam telesurvey, seorang agen akan bertugas menghubungi responden melalui panggilan telepon untuk memberikan pertanyaan sekaligus mencatat jawaban yang diberikan.

Beberapa Platform Pendukung Telesurvey

Ada beberapa platform yang dapat digunakan untuk melakukan telesurvey, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Call Center Software

Software ini menyediakan fitur-fitur seperti Automatic Call Distribution (ACD), Interactive Voice Response (IVR), dan Call Recording. ACD memudahkan pengalokasian panggilan secara otomatis ke agen yang tersedia, IVR memudahkan responden untuk memberikan tanggapan melalui keypad telepon, sementara call recording berfungsi untuk merekam interaksi antara agen dan responden untuk keperluan analisis lebih lanjut.

  • Survey Management Software

Survey management software membantu merencanakan, menyusun, dan mengelola telesurvey secara efisien. Software ini digunakan untuk mendesain kuesioner, mengirimkan survei melalui telepon, dan menganalisis hasil survei dengan mudah.

  • Cloud Telephony Services

Platform cloud telephony services ini memungkinkan untuk melakukan telesurvey tanpa perlu menggunakan telepon kabel. Seluruh interaksi dilakukan secara virtual melalui komputer atau perangkat mobile. Platform ini banyak digunakan perusahaan karena unggul dari segi fleksibilitas, skalabilitasnya, dan biayanya lebih efisien.

  • Data Analytics Tools

Setelah telesurvey selesai dilakukan, data yang terkumpul harus dianalisis terlebih dahulu. Oleh karena itu, platform data analytics tools berguna untuk memaparkan data hasil telesurvey. Selain fitur analisis statistik, terdapat juga visualisasi data untuk memahami hasil telesurvey dengan lebih baik.

Baca juga: Pengertian dan Karakteristik Big Data Analytics

Apa itu Youtube Advertiser Survey?

YouTube advertiser survey merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh YouTube yang bisa digunakan bagi para penggunanya untuk melakukan survei terhadap target audiens mereka. Fitur ini memungkinkan para pembuat konten untuk menanyakan pertanyaan khusus yang berkaitan dengan kampanye iklan yang ingin ditampilkan dalam platform YouTube.

Keuntungan Penggunaan YouTube Advertiser Survey sebagai Alternatif Telesurvey

Inilah beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan YouTube advertiser survey sebagai alternatif telesurvey:

  • Target Audience yang Tepat

Dengan menggunakan YouTube advertiser survey, Anda dapat menargetkan audience sesuai dengan niche dan konten mereka sehingga data yang dikumpulkan lebih relevan.

  • Real-time Analytics

Anda juga dapat melihat data berupa hasil dan analisis dari survei yang dilakukan secara real-time.

  • Interaksi Lebih Mendalam

YouTube advertiser survey juga mendukung interaksi lebih mendalam antara pendesain iklan dengan klien yang mengajukan iklan sehingga insight yang diperoleh lebih kaya dan beragam.

Baca juga: Telesurvey dengan Fitur Questions Instagram, Dapatkan Feedback Pelanggan!

Bagaimana Cara Menerapkan YouTube Advertiser Survey dalam Telesurvey?

Inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan YouTube advertiser survey:

  • Rencanakan Tujuan dan Pertanyaan

Pertama, tentukan tujuan dari survei dan buatlah pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Akses YouTube Advertiser Survey

Pastikan juga Anda telah memiliki channel youtube dan akses ke fitur YouTube advertiser survey.

  • Kustomisasi Survey

Sesuaikan isi survei Anda dengan branding channel YouTube yang Anda miliki. Sesuaikan juga semua pertanyaan yang diajukan sesuai dengan kampanye iklan yang ingin Anda jalankan.

  • Promosikan Survey

Promosikan survei Anda melalui YouTube advertiser survey agar lebih banyak responden yang ikut berpartisipasi.

  • Analisis Hasil

Setelah survei berakhir, analisis hasilnya dan gunakan insight yang diperoleh untuk meningkatkan strategi pemasaran bisnis Anda.

Sociomile, Salah Satu Platform Pendukung Telesurvey dari Berbagai Kanal Digital

Walaupun survei perusahaan bisa digunakan menggunakan YouTube, hal ini tidak akan mengurangi efektivitas telesurvey melalui panggilan telepon. Dengan melakukan telesurvey, perusahaan Anda dapat memperoleh seberapa tingginya tingkat kepuasan pelanggan secara objektif. Perusahaan Anda juga dapat langsung menindaklanjuti apabila masih adanya keluhan maupun ketidakpuasan pelanggan dengan produk ataupun layanan yang diberikan.

Untuk memudahkan aktivitas telesurvey, Anda bisa menggunakan platform pendukung seperti sistem CRM yang mendukung integrasi antar platform, salah satunya adalah Sociomile. Sociomile merupakan sistem contact center handal yang mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital, termasuk YouTube. Dengan ini, para agen telesurvey dapat mengirimkan tautan maupun melakukan panggilan survey secara lebih mudah dengan beragamnya opsi. 

Tanggapan atau respon yang diberikan oleh para pelanggan akan ditampilkan secara langsung di dashboard Sociomile. Hasil survei ini akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah selanjutnya dalam upaya memajukan perusahaan. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan sistem Sociomile ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami