Cara Tentukan KPI yang Relevan dalam Pengukuran Kampanye melalui Middle Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 14 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Report. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Report. Shutterstock

"Dengan pemilihan KPI yang relevan, Anda bisa mengukur seberapa efektifnya kampanye dalam middle report yang disusun"

Kinerja kampanye bisnis adalah hal yang sangat penting dalam dunia pemasaran. Dengan mengetahui kinerja kampanye bisnis, Anda dapat mengukur seberapa efektif kampanye yang telah dijalankan oleh bisnis.  Untuk mengukur kampanye, Anda bisa menggunakan pilihan berupa middle report. Lalu, bagaimana cara Anda bisa mengetahui apakah kampanye yang bisnis Anda jalankan berhasil atau tidak? Anda dapat menggunakan metrik KPI untuk mengukur kampanye yang dipaparkan dalam middle report

Mengenal Pengertian dari Istilah KPI

KPI merupakan sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi sejauh mana suatu perusahaan mencapai tujuannya. KPI akan membantu Anda memahami apakah bisnis Anda sedang bergerak ke arah yang benar atau perlu melakukan penyesuaian.

Fungsi Adanya KPI untuk Pengukuran Kampanye Bisnis

Berikut inilah fungsi adanya KPI untuk pengukuran kampanye bisnis:

  • Pemantauan Kinerja

KPI membantu bisnis Anda memantau kinerja kampanye Anda secara konsisten. Anda dapat melihat apakah kampanye sedang berjalan sesuai rencana atau ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

  • Penilaian Kesuksesan

Kemudian, KPI memberikan ukuran secara objektif tentang seberapa sukses kampanye Anda. Tanpa adanya KPI, Anda akan sulit untuk mengetahui apakah kampanye telah mencapai tujuan yang diinginkan atau belum.

  • Optimasi Kampanye

Dengan melihat metrik KPI, Anda dapat mengidentifikasi area-area yang perlu dioptimasi dalam bisnis. Hal ini akan membantu bisnis Anda untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan performa kampanye.

Baca juga: Simak Cara Menentukan Key Performance Indicator dan Cara kerjanya

Apa Itu Middle Report?

Middle report adalah sebuah laporan yang disusun pada tahap tengah kampanye bisnis. Umumnya, middle report inikan berisi data-data analisis relevan yang membantu Anda untuk memahami kinerja kampanye bisnis.

Kegunaan Middle Report untuk Mengukur Kampanye Bisnis

Berikut inilah kegunaan middle report untuk mengukur kampanye bisnis:

  • Evaluasi Pertengahan Kampanye

Middle report membantu bisnis Anda untuk mengevaluasi bagaimana kampanye berjalan pada tahap pertengahan. Dengan ini, Anda dapat melihat apakah kampanye mencapai target atau masih memerlukan penyesuaian terlebih dahulu.

  • Perbaikan Strategi

Dari middle report, Anda dapat mengidentifikasi tren dan pola yang dapat membantu bisnis untuk memperbaiki strategi kampanye ke depan.

  • Pemantauan KPI

Kemudian, middle report juga berfungsi sebagai pemantauan KPI pada tahap pertengahan. Ini membantu Anda mengetahui apakah kampanye sesuai dengan tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Beberapa KPI yang Relevan untuk Mengukur Kampanye Bisnis melalui Middle Report

Berikut inilah beberapa KPI yang relevan digunakan untuk mengukur kampanye bisnis melalui middle report:

  • Tingkat Konversi Pelanggan 
  • Tingkat Interaksi Pelanggan
  • Pertumbuhan Follower Bisnis 
  • Bounce Rate

Baca juga: Inilah Data dan Metrik yang Perlu Dicantumkan dalam Middle Report Anda

Cara Tentukan KPI yang Cocok untuk Mengukur Kampanye Bisnis Anda melalui Middle Report

Berikut inilah cara tentukan KPI yang cocok untuk mengukur kampanye bisnis Anda melalui middle report:

  • Tetapkan Tujuan Utama

Pertama, tentukan tujuan utama dari kampanye Anda. Apakah tujuan pelaksanaan kampanye ini untuk bidang penjualan, pertumbuhan pengikut, atau kesadaran merek?

  • Identifikasi Metrik

Tentukan metrik yang paling relevan untuk mengukur tujuan kampanye Anda. Apakah penjualan tersebut dihitung per bulan, tingkat konversi, atau tingkat interaksi?

  • Buat Standar Keberhasilan

Kemudian, tetapkan standar yang jelas untuk menilai apakah kampanye berhasil atau tidak. Misalnya, jika tujuan Anda adalah penjualan, berapa banyak penjualan bisnis yang dianggap berhasil?

  • Pilih Alat Pengukuran

Pilihlah alat atau platform yang akan Anda gunakan untuk mengukur KPI Anda. Anda dapat menggunakan alat analitik situs web, alat media sosial, atau alat khusus pengukuran.

  • Lakukan Pemantauan Berkelanjutan

Terakhir, pantaulah KPI secara berkala. Lakukan perbandingkan dengan standar yang telah Anda tetapkan. Dengan ini, bisnis Anda dapat mengukur perkembangan kampanye dengan tepat.

Gunakan Bantuan Ivosights supaya Middle Report Anda Semakin Terstruktur!

Dalam pengukuran kampanye bisnis, KPI memiliki peran yang krusial untuk mengukur middle report yang dihasilkan. Adanya KPI berperan untuk memberikan pandangan yang obyektif tentang kinerja kampanye Anda dan membantu Anda mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam menentukan KPI yang cocok, Anda akan lebih efektif dalam mengukur dan meningkatkan hasil kampanye bisnis Anda.

Untuk membantu menyusun middle report, Anda bisa menggunakan jasa kami, Ivosights. Kami menyediakan layanan comprehensive analytics yang membantu Anda menganalisis data dalam skala besar. Dengan bantuan data scientist profesional, kami dapat melakukan analisis data secara mendalam dengan berbagai macam metode. Dengan ini, Anda mampu mendapatkan insights tersembunyi, melihat apakah ada korelasi antar data, serta informasi-informasi lainnya.

Tak hanya itu, Anda akan mendapatkan hasil laporan berbentuk visual sehingga mudah dibaca. Laporan ini juga memuat analisis tren dan rekomendasi strategi untuk perusahaan Anda. Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait layanan comprehensive analytics, hubungi tim kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami