Pengertian dan Karakteristik Big Data Analytics

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 10 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Big data analytics. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Big data analytics. Shutterstock.

"Big Data Analytics adalah proses mengekstraksi informasi berharga dari kumpulan data besar yang membantu bisnis membuat keputusan dan meningkatkan penjualan."

Saat ini, penggunaan internet sangat banyak dipakai hampir semua orang di seluruh dunia. Dengan banyaknya pengguna internet, tentunya akan menghasilkan data yang besar atau Big Data. Big Data tidak hanya untuk mengumpulkan beberapa data saja, namun Big Data juga memiliki teknologi analitik yaitu Big Data Analytics. Apa sih Big Data Analytics itu? Artikel kali ini akan membahas hal tersebut.

Apa itu Big Data Analytics

Big Data Analytics adalah proses mengekstraksi informasi berharga dari kumpulan data besar yang dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan penjualan. Hal ini juga berguna untuk memahami pola dan tren dengan menggunakan kumpulan data dan metadata. Big Data Analytics Ini adalah proses berkelanjutan di mana data dihasilkan melalui berbagai sumber termasuk situs web e-commerce, media sosial, aplikasi seluler, dan sumber lainnya.

Data terus disempurnakan dan diperbarui untuk mencerminkan pola baru yang muncul. Dengan Big Data Analytics, analisis dilakukan dengan cara yang jauh lebih efisien daripada metode tradisional.

Karakteristik Big Data Analytics

Karakteristik Big Data mencakup volume tinggi, kecepatan tinggi, dan variasi tinggi. Sumber data menjadi lebih kompleks daripada data tradisional karena didorong oleh kecerdasan buatan (AI), perangkat seluler, media sosial, dan Internet of Things (IoT). Misalnya, berbagai jenis data yang berbeda berasal dari sensor, perangkat, video/audio, jaringan, file log, aplikasi transaksional, web dan media sosial - sebagian besar dihasilkan secara real time dan dalam skala yang sangat besar.

Pentingnya Big Data Analytics

Menggunakan Big Data Analytics merupakan hal yang penting bagi bisnis Anda. Apa saja ya?

#1 Mengurangi biaya penyimpanan

Big Data Analytics memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya penyimpanan dan menghemat banyak waktu dan uang. Ini karena bisnis akan dapat menemukan cara paling efisien untuk menyimpan data mereka. Ketika Anda berurusan dengan data dalam jumlah besar, penting untuk menemukan cara untuk menyimpan dan memprosesnya secara efisien, yang akan mengurangi biaya penyimpanan data.

#2 Meningkatkan pengalaman pelanggan

Big Data Analytics membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan wawasan tentang perilaku pelanggan dan preferensi pelanggan. Ketika Anda memiliki lebih banyak informasi di ujung jari Anda, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan bahwa mereka mendapatkan pengalaman terbaik saat berinteraksi dengan perusahaan Anda.

Perusahaan dapat memahami dengan lebih baik apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana meningkatkan layanan pelanggan. Ini juga membantu bisnis untuk memahami perjalanan pelanggan, yang merupakan jalur yang diambil pelanggan dari kontak awal hingga pembelian. Pengetahuan ini membantu perusahaan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

#3 Pengambilan keputusan yang cepat

Big Data Analytics telah berguna di sektor bisnis untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat dan cepat. Dengan lebih banyak data yang tersedia untuk dianalisis, perusahaan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk membuat keputusan yang lebih cepat tentang cara terbaik untuk bergerak maju dengan rencana atau produk dan layanan mereka.

#4 Aktivitas bisnis yang efisien

Big Data Analytics penting bagi bisnis, sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan mereka untuk memberikan layanan. Selain itu, perusahaan juga dapat memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang operasi mereka untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari.

#5 Meningkatkan wawasan target audiens

Big Data Analytics juga menguntungkan bisnis dengan memberikan wawasan yang lebih baik ke dalam target audiens untuk membuat keputusan terbaik. Jika Anda melihat pembelian pelanggan Anda, Anda mungkin ingin tahu apa yang mendorong audiens untuk membeli produk Anda sebelum memutuskan di mana harus menghabiskan anggaran pemasaran Anda. Ini akan memungkinkan bisnis untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang audiens target mereka dan membantu mereka membuat keputusan bisnis yang efisien.

Nah, Big Data Analytics merupakan teknologi yang memungkinkan untuk mengekstrak data berupa informasi dan data besar untuk membuat keputusan dalam meningkatkan penjualan. Big Data Analytics juga merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena bisa mengurangi biaya, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan lain-lain.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami