Skill yang Harus Dimiliki Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Menjadi telesales bukan hanya sekedar menawarkan produk atau layanan jasa saja. Dibutuhkan skill yang mumpuni agar barang yang dipasarkan dapat terjual"

Masing-masing pekerjaan yang ada di duni ini dibutuhkan keahliannya tersendiri. Meskipun beberapa pekerjaan terlihat mudah, kita tidak dapat menganggap enteng tentang pekerjaan tersebut. Sama seperti pekerjaan seorang telesales, banyak yang menganggap pekerjaan tersebut mudah dan tidak memiliki keahlian khusus. Akan tetapi, pada kenyataannya seorang telesales harus menguasai beberapa keahlian. Keahlian yang dimiliki oleh seorang telesales berguna untuk memberikan kenaikan pada penjualan di perusahaan. Jika telesales tidak memiliki modal yang cukup untuk menawarkan produk kepada calon pelanggan, penjualan pun akan turun dan perusahaan akan menerima dampak kerugian yang tidak sedikit. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh seorang telesales.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Customer Relationship Management pada Telesales

Apa itu Telesales?

Telesales adalah tenaga kerja dari perusahaan yang bertugas untuk menjual produk seperti barang atau jasa melalui telepon. Guna memperkerjakan telesales dalam perusahaan adalah untuk menaikkan target penjualan. Masing-masing perusahaan memiliki beberapa telesales agar dapat lebih mudah untuk memasarkan produk-produk kepada calon pembeli. Kemampuan telesales biasanya dipergunakan untuk berbagai macam perusahaan, seperti makanan, bank, dan perusahaan-perusahaan dalam bidang lain.

Ada beberapa tingkatan dan posisi seorang telesales di dalam perusahaan, ini dapat dibagi dari berapa lama tahun pengalaman yang ada pada seorang karyawan. Beberapa posisi karyawan telesales adalah staf, manajer, hingga supervisor. Masing-masing posisi tersebut tentu memiliki kepentingannya tersendiri, tetapi masih dalam satu lingkup menawarkan produk dengan baik kepada calon pelanggan. Singkatnya, telesales tidak hanya terbagi dalam satu tingkatan saja, tentu ada atasan yang memiliki fungsi untuk mengontrol kinerja para karyawan telesales.

Skill yang Harus Dimiliki Telesales

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang skill yang harus dimiliki telesales, simak penjelasannya:

  • Menguasai Public Speaking

Dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan pembeli, seorang telesales diwajibkan untuk menguasai public speaking. Apa itu public speaking? ini adalah kemampuan untuk menyampaikan sebuah ide, gagasa, dan informasi secara lisan kepada masyarakat. Mengapa sangat diperlukan untuk menguasai skill ini sebagai telesales? Hal ini dikarenakan seorang karyawan telesales akan banyak melakukan pembicaraan dengan banyak orang.

Akan menjadi sebuah masalah yang besar jika telesales tidak mampu berkomuikasi dengan baik bersama pelanggan. Kemampuan public speaking juga akan sangat mempengaruhi kualitas dalam memasarkan suatu barang atau jasa. Struktur kata yang baik juga diperlukan agar komunikasi dua arah yang terjalan saat proses promosi dapat berjalan dengan baik serta perusahaan bisa mendapat kenaikan penjualan.

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Dilakukan Telesales Saat Jaringan Contact Center Jelek

  • Mampu Menganalisis Data

Beberapa orang mungkin hanya menilai telesales sebagai orang yang menawarkan produk perusahaan saja. Namun, dibalik semua itu, telesales juga memiliki kemampuan dalam menganalisis data. Kemampuan yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu komponen utama mengapa pekerjaan ini masih ada di era digital saat ini. Adanya kemampuan menganalisis data dapat menunjukkan hasil positif untuk kenaikan penjualan.

Menganalisis data yang dimaksud dalam pekerjaan telesales adalah dengan memeriksa dan menyortir data-data calon pelanggan agar promosi yang dilakukan dapat dijalani dengan baik serta tepat sasaran. Menganalisis data juga berguna agar telesales bisa menyesuaikan diri saat berbicara dengan pelanggan karena telah mengetahui sedikit tentang mereka.

  • Persuasif

Saat menawarkan produk atau layanan jasa, seorang marketer tentu membutuhkan keahlian yang unggul dalam mengajak orang lain untuk membeli barang yang mereka pasarkan. Kemampuan yang satu ini bisa terbilang sedikit sulit karena tidak semua orang bisa melakukan strategi persuasif untuk mendapat pelanggan. Selain itu, strategi persuasif harus dilakukan dengan lihai agar tidak membuat calon pembeli risih.

Strategi persuasif ini dapat dilakukan dengan cara berbeda-beda tergantung dengan kepribadian seseorang. Telesales dapat menggunakan kemampuan ini dengan cara yang unik dan yang terpenting membuat kedua belah pihak merasa nyaman. Selain itu, kemampuan persuasif juga harus dilakukan pada waktu yang tepat dan tidak terkesan memaksa. Jadi, lakukanlah tindakan persuasif yang baik dan benar. ya!

  • Keahlian Networking

Menjual atau menawarkan produk tentunya akan lebih mudah saat dilakukan dengan orang-orang yang memiliki potensi untuk membeli yang tinggi. Ini tentu akan membuat penjualan lebih cepat naik dan kinerja seorang telesales dianggap meningkat. Untuk mendapatkannya, selain dengan menjual strategi persuasif yang mumpuni, keahlian networking juga sangat diuji untuk mendapatkannya.

Keahlian networking yang diperlukan di sini adalah dimaksudkan dengan memperluas jaringan kepada pelanggan agar dapat dengan mudah mendapat rekomendasi untuk orang-orang yang sekiranya membutuhkan atau memiliki potensi untuk melakukan transaksi dengan telesales. Dengan memiliki keahlian yang satu ini, telesales tentu dapat melakukan banyak penutupan penjualan dengan cepat.

Ivosights Memiliki Apa yang Anda Inginkan!

Jika Anda berpikir bahwa memperkerjakan telesales adalah hal yang rumit, Ivosights punya apa yang Anda butuhkan! Kami sebagai salah satu penyedia solusi layanan costumer engagement terbaik di Indonesia memiliki produk Sociomile untuk kebutuhan telesales Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi pusat call center kami sekarang juga!

Seperti yang telah kami jabarkan di atas, telesales membutuhkan banyak kemampuan yang harus dikuasai jika ingin bergelut di dalam bidang ini. Kemampuan tersebut tidak datang dengan sendirinya, butuh pembelajaran dan pengalaman yang banyak untuk menaikan progress saat berkomunikasi dengan pelanggan. Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki telesales, semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami