3 Hal yang Bisa Dilakukan Telesales Saat Jaringan Contact Center Jelek

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 16 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

"Agen telesales harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan pengetahuan tentang produk/layanan perusahaan untuk memberikan informasi yang akurat"

Jika kamu memiliki perusahaan yang membutuhkan komunikasi intens dengan pelanggan, sewajarnya kamu pasti menyiapkan agen telesales untuk contact center yang akan mengatasi permasalahan komunikasi ini dengan pelanggan. Contact center sendiri adalah bagian penting yang selalu dimiliki perusahaan. Contact center menjadi penting karena fungsinya yang memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dan membantu perusahaan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan mereka.

Di dalam komponen contact center tentunya dibutuhkan seorang agen telesales juga. Seorang agen telesales atau operator contact center adalah seorang yang bertugas untuk menangani pertanyaan, keluhan, atau permintaan bantuan dari pelanggan melalui telepon, email, atau live chat. Agen telesales atau operator contact center harus mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan tepat, serta memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan. Selain itu agen telesales bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola antrean panggilan, serta mencatat setiap interaksi dengan pelanggan untuk dijadikan referensi di kemudian hari.

Sebagai agen telesales, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk atau layanan perusahaan untuk memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan. Akan tetapi, terkadang ketika itu semua sudah kamu miliki sebagai seorang agen telesales, hambatan masih tetap datang dari luar, yakni dari jaringan yang buruk.

Pastinya seorang agen telesales berkualitas tidak akan mampu meneruskan komunikasinya jika sambungan teleponnya saja macet. Ini adalah pertanda yang tidak bagus. Lalu, bagaimanakah jika hal ini terjadi? Apa yang harus dilakukan seorang agen telesales di saat-saat yang krusial ini? Eits, jangan khawatir, kamu akan segera mengetahui jawabannya!

Untuk kamu para agen telesales yang ingin mengembangkan diri, simak terus artikel ini sampai selesai, ya! Jangan lewatkan sedikit pun!

3 Hal yang Harus Dilakukan Agen Telesales Saat Jaringan Jelek

Mungkin jaringan jelek bisa menjadi malapetaka bagi seorang agen telesales contact center. Selain tidak memuaskan pelanggan, kamu juga bisa dianggap tidak bekerja maksimal. Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal seperti ini, kamu perlu mempelajari siasat lain.

Jika jaringan contact center tidak bagus, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh agen telesales untuk tetap bisa memberikan layanan pelanggan yang berkualitas. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Panggilan Seluler

Cara pertama yang bisa dilakukan agen telesales adalah dengan menggunakan panggilan telepon seluler sebagai alternatif untuk terhubung dengan pelanggan. Meksipun hal ini sulit dan cukup berani, hal ini bisa menjadi alternatif yang patut dicoba jika memang memungkinkan.

  • Gunakan Chat Bot

Cara kedua yang bisa dilakukan agen telesales saat jaringan jelek adalah dengan menginformasikan kepada pelanggan bahwa mereka sedang mengalami gangguan jaringan, dan menawarkan solusi alternatif seperti mengirimkan email atau mengisi formulir di website perusahaan untuk mendapatkan bantuan. Penyampaian informasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan chat bot perusahaan yang memudahkan kerja agen telesales.

  • Re-call Pelanggan

Selanjutnya, jika dua hal di atas sudah dicoba maka cara ketiga adalah agen telesales dapat mencatat keluhan atau pertanyaan pelanggan yang tidak dapat terselesaikan saat itu, dan melakukan follow up ke pelanggan. Kamu bisa menghubungi ulang dan memastikan diri kamu memberikan layanan terbaik dengan pelanggan setelah jaringan kembali normal.

Bagaimana Jika Pelanggan Kesulitan Karena Jaringan Jelek?

Jika pelanggan mengalami kesulitan untuk terhubung dengan contact center karena jaringan yang buruk, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bantuan. Pertama, pelanggan dapat mencoba menghubungi contact center lagi setelah beberapa saat untuk melihat apakah jaringan sudah kembali normal. Kedua, pelanggan dapat mencari informasi di website perusahaan atau di media sosial untuk mencari solusi atas masalah yang mereka hadapi. Ketiga, pelanggan dapat mengirimkan email atau mengisi formulir di website perusahaan untuk mendapatkan bantuan dari tim support perusahaan. Jika masih tidak dapat mendapatkan bantuan, pelanggan dapat menghubungi contact center melalui telepon seluler atau menggunakan jaringan internet lain sebagai alternatif.

Dapatkan Teknologi Contact Center Terbaik di Ivosights

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebagai agen telesales. Kesulitan-kesulitan itu bisa membantumu memahami pekerjaan lebih dalam. Selain meningkatkan product knowledge, dibutuhkan sistem ticketing dan juga teknologi canggih yang bisa memperkuat kinerja contact center perusahaan.

Ivosights menginovasikan Sociomile sebagai salah satu solusi terbaik contact center perusahaanmu. Dengan menggunakan Sociomile, kamu dapat mengakses fitur canggih seperti pemantauan suara pelanggan secara real-time, sistem penugasan otomatis, dan integrasi dengan aplikasi CRM untuk mengelola interaksi pelanggan secara efektif. Dengan teknologi-teknologi terbaru yang memungkinkan kamu mendapat fasilitas dan sistem terbaik, ayo segera gunakan Sociomile dan rasakan manfaatnya untuk bisnis kamu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami