Mengenal Lebih Dekat Customer Relationship Management pada Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 02 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Customer relationship management merupakan kegiatan pengelolaan hubungan antara pelanggan dan perusahaan."

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam melakukan penjualan berupa produk atau jasa diperlukan sebuah pendekatan, baik itu pertemuan langsung atau door to door atau pertemuan tidak langsung seperti penjualan melalui telepon. Penjualan melalui telepon ini dikenal dengan telesales. Telesales adalah aktivitas penjualan suatu produk atau jasa melalui telepon yang dibantu dengan aplikasi customer relationship management atau CRM. Aplikasi ini bertujuan mempermudah pekerjaan agen telesales.

Apa Itu Customer Relationship Management?

Customer relationship management merupakan kegiatan pengelolaan hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Tujuannya, memelihara dan membangun hubungan baik dengan pelanggan agar bisnis dapat terus berjalan. Kegiatan ini biasanya menggunakan teknologi yang dapat mendukung dan mempermudah kegiatan manajemen hubungan pelanggan. Teknologi ini disebut dengan Sistem CRM.

Sistem ini digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan kegiatan pra penjualan dan pasca penjualan yang terjadi pada bisnis. Dengan adanya sistem ini, mempermudah manajemen memantau aktivitas penjualan mulai dari leads hingga terjadi deals.

Pentingnya Customer Relationship Management Bagi Telesales

Perusahaan biasanya memiliki banyak kontak pelanggan yang bisa dihubungi oleh agen telesales. Dengan banyaknya data ini, tak hanya membuat pusing para agen, namun juga bisa membuat data tidak tersimpan dengan rapi. Dengan adanya sistem CRM dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Data akan tersimpan secara akurat, sehingga tidak ada data pelanggan yang terlewatkan.

Manfaat Customer Relationship Management Bagi Telesales

#1 Mempermudah operasional telesales

Seperti yang Anda ketahui, CRM sendiri dapat mempermudah pekerjaan agen telesales untuk mendata seluruh data pelanggan ataupun klien. Data yang isinya adalah seputar informasi atau transaksi yang terekam oleh CRM akan membantu agen telesales melakukan penawaran secara personal dengan pelanggan.

Dengan menggunakan CRM, Anda juga bisa melihat riwayat yang ada ketika bertransaksi dengan pelanggan. Anda juga bisa melihat seberapa banyak pelanggan yang membeli produk atau jasa dari perusahaan. Dengan begitu, beban pada agen Telesales menjadi lebih mudah untuk meningkatkan untuk performa.

#2 Memantau performa secara real time

Dengan menggunakan CRM, perusahaan dapat memantau agen Telemarketing yang dilakukan setiap hari saat bekerja. Anda bisa memantau aktivitas paara agen dalam melakukan penawaran dengan calon pelanggan. Jika adanya keluhan atau masalah dari pelanggan, semua itu bisa terdata dan solusinya pun dapat dicantumkan. Agen telesales akan mengetahui sudah sejauh mana progres penyelesaian masalah, sehingga tidak perlu repot dalam menginput data kontak pelanggan mana saja yang sudah dihubungi karena CRM sudah melakukannya secara otomatis.

Agen pun hanya perlu menginput data pelanggan ke dalam aplikasi CRM dan Sales Leader langsung dapat melihatnya. Hal ini akan mempermudah sales leader dalam memantau kinerja agennya dan waktu yang digunakan pun akan lebih efektif.

#3 Terintegrasi dengan call center

Tiap panggilan yang masuk atau yang terekam akan otomatis masuk ke dalam sistem. Dengan begitu, apapun pembicaraannya akan tersimpan dengan rapi ke dalam sistem. Team lead ataupun agen telesales dapat mengetahui percakapan seperti apa yang disukai oleh pelanggan. Pembicaraan yang dibangun pun akan lebih optimal dengan menggunakan CRM ini. Ketika agen akan menghubungi pelanggan, tentunya data pelanggan tersebut sudah tersimpan dalam CRM sehingga akan mempermudah agen Telesales untuk memahami dan menjawab kebutuhan oleh setiap pelanggan.

#4 Terintegrasi dengan saluran komunikasi lain

Penggunaan CRM yaitu terintegrasi dengan channel komunikasi lainnya yang tentu juga akan mengoptimalkan performa agen Telesales. Dengan menggunakan CRM, agen Telesales tidak perlu repot untuk mencari data seorang pelanggan dan riwayat percakapannya di channel lain. Semua data yang terkumpul sudah menjadi satu di CRM yang tentu akan mempermudah kerja agen Telesales. Agen Telesales dapat menggunakan waktu untuk pekerjaan lainnya sehingga akan meningkatkan performa mereka dan sekaligus akan berbanding lurus dengan peningkatan penjualan.

Itu dia manfaat penggunaan customer relationship management atau CRM bagi telesales. Dengan meningkatkan performa agen telesales, tentu akan memiliki dampak yang besar pada peningkatan penjualan produk atau jasa Anda. Penjualan makin meningkat apabila agen Telesales memiliki waktu kerja yang efisien. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami