Ciri-Ciri Agen Telesales yang Berkualitas

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Berkualitasnya agen telesales dapat diukur dalam beberapa ciri-ciri, simak penjelasannya dalam artikel ini"

Berkualitasnya seorang pekerja dalam perusahaan diukur dalam berbagai aspek. Pengukuran ini harus diukur untuk menambah bagusnya kinerja seseorang agar semakin baik ke depannya. Selain itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukannya. Telesales adalah salah satu jenis pekerja yang dapat dengan mudah diukur kinerjanya dalam beberapa waktu. Akan tetapi, ada banyak ciri-ciri yang bisa dinilai untuk seorang agen telesales. Artikel ini akan menunjukkan beberapa ciri yang bisa ditemukan pada agen telesales yang berkualitas. Sebelum melanjutkan, kami akan memberikan beberapa penjelasan singkat seberapa dibutuhkannya telesales dalam perusahaan.

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Penjulan Telesales

Pentingnya Telesales bagi Perusahaan

  • Meningkatkan Penjualan

Ada banyak cara bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Beberapa di antaranaya memiliki nominal yang cukup banyak seperti mengiklankan produk di televisi yang menghabiskan uang yang tidak sedikit. Adanya teknik telemarketing tentu tidak menghabiskan uang sebanyak membayar iklan untuk televisi. Selain itu, strategi ini juga lebih menarik dan detail bagi pelanggan.

Meningkatnya penjualan oleh teknik telesales adalah salah satu alasan utama mengapa strategi ini masih ada di tengah-tengah gempuran iklan pada media sosial. Perusahaan butuh peningkatan penjualan lewat interaksi langsung dengan pelanggan. Selain itu, mengingkatnya penjualan oleh kegiatan ini juga sangat ampuh karena dapat diimprovisasi oleh masing-masing agen perusahaan.

  • Menjelaskan Produk Secara Detail

Kurangnya minat membaca di kalangan masyarakat terutama untuk produk yang memiliki deskripsi yang panjang membuat perusahaan sering kali mengalami penurunan penjualan lantaran masalah ini. Selain itu, pelanggan biasanya lebih tertarik pada iklan yang memiliki cover menarik dibandingkan dengan kegunannya. Meskipun tidak selalu terjadi, hal tersebut membuat perusahaan ingin pelanggan mengetahui lebih detail tentang produk atau layanan jasa yang mereka tawarkan.

Menggunakan agen telesales menjadi strategi yang sangat membantu dalam hal ini karena agen yang membantu perusahaan ini akan menjelaskan produk secara detail kepada pelanggan. Salah satu jobdesk utama dari pekerjaan telesales ini adalah dengan menjelaskan produk secara lengkap dan menyeluruh. Pelanggan juga diharapkan dapat diberikan pengetahuan yang jelas tentang produk yang ditawarkan.

  • Berinteraksi dengan Pelanggan

Berinteraksi dengan pelanggan merupakan hal yang akan menguntungkan perusahaan karena dapat mengetahui lebih dalam tentang apa yang diinginkan oleh pelanggan. Interaksi yang dilakukan juga bermacam-macam seperti melakukan pendekata secara langsung saat mengedarkan produk di swalayan serta melakukan strategi telesales.

Berinteraksi dengan pelanggan merupakan salah satu jobdesk utama petugas telesales untuk meningkatkan penjualan. Berinteraksi dengan pelanggan juga membuat akan menguntungkan keduabelah pihak tentang suatu produk yaitu pelanggan menerima informasi baru serta petugas telesales yang mendapatkan pelanggan baru untuk perusahaan.

Baca Juga: 8 Kemampuan dan Keterampilan yang Wajib Dimiliki Telesales

Ciri-Ciri Agen Telesales yang Berkualitas

  • Tidak Melakukan Paksaan

Ada banyak orang yang merasa risih dengan panggilan telepon dari telesales yang memaksa mereka untuk membeli produk atau layanan jasa dari suatu perusahaan. Selain menyebalkan bagi pelanggan, hal ini juga akan merugikan perusahaan lain dalam memasarkan produk mereka. Untuk itu, dapat dilihat ciri-ciri agen telesales yang berkualitas adalah dengan tidak melakukan paksaan kepada pelanggan untuk membeli.

Lebih lanjut, dengan tidak melakukan paksaan kepada pelanggan juga akan membuat proses penawaran menjadi lebih natural. Telesales tidak perlu terlalu memaksa konsumen untuk melakukan pembelian karena perusahaan masih memiliki banyak daftar calon pembeli yang mereka simpan. Tidak perlu memaksa dalam menjual sebuah produk atau layanan jasa dan biarkan pelanggan memberikan pernyataan penolakan maupun menyetujui pembelian produk.

  • Penjualan yang Terus Meningkat

Ciri agen telesales yang berkualitas lainnya adalah dengan mengukur penjualan yang telah mereka lakukan sebelumnya. Kemampuan dalam penjualan setiap orang berbeda-beda sehingga ukuran yang satu ini tidak harus selalu menjadi patokan. Namun, jadikan motivasi agar penjualan produk kedepannya dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan kualitas diri sebagai telesales.

Jika Anda merasa penjualan yang dilakukan seringkali menurun dan tidak sesuai target perusahaan, Anda perlu mengevaluasi cara Anda dalam menawarkan produk. Mungkin ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar penjualan dapat meningkat secara signifikan. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari bagaimana senior Anda dalam telesales meningkatkan proses penjualan yang mereka lakukan. Jangan malu untuk bertanya dan mempelajari hal baru.

  • Selalu Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana senior Anda dalam telesales melakukan penjualan yang banyak dan selalu sesuai target, mungkin salah satu alasannya adalah karena mereka selalu melakukan riset terlebih dahulu terhadap pelanggan yang akan mereka telepon. Ini sangat berguna untuk menyesuaikan produk yang Anda pasarkan dengan calon pelanggan.

Lakukanlah riset tentang latar belakang sederhana yang dimiliki oleh calon pelanggan. Ini sangat berguna agar produk yang Anda tawarkan lebih tepat sasaran dan tertuju pada orang yang tepat. Riset juga dapat dilakukan untuk melakukan panggilan di jam yang tepat sehingga kemungkinan untuk diangkatnya telepon dari agen telesales semakin besar. Jangan merasa enggan dalam melakukan riset yang terkesan ribet ini, Anda harus melakukannya agar penjualan yang Anda lakukan sebagai telesales dapat dengan mudah menjangkau pelanggan yang tepat. 

  • Percaya Diri

Salah satu cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan jasa adalah dengan menunjukkan sikap percaya diri. Perlu membangun sikap yang kukuh agar mampu melakukan ajakan persuasif dan membangun kepercayaan pelanggan. Selain itu, sikap percaya diri sebagai agen telesales juga membuat Anda menjadi lebih tidak pesimis dengan hasil apa yang akan didapatkan nantinya. Bangun sikap percaya diri dengan meyakinkan diri sendiri bahwa apa yang Anda telah melakukan yang terbaik, jangan terpaku dengan kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat sebelumnya dan jadikan itu motivasi untuk kedepannya.

Itulah beberapa penjelasan tentang ciri-ciri agen telesales yang berkualitas. Yuk, gunakan Sociomile dari Ivosights untuk membantu perusahaan Anda dalam bidang telesales agar pengalaman pelanggan lebih terjamin!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami